Kursus Akuntansi Gratis Terpopuler di Indonesia

Ikuti pelatihan dan belajar akuntansi sekarang melalui kursus gratis online terbaik di Mekari University!

Setiap pengusaha pemula, termasuk yang bergerak dalam usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) perlu memahami ilmu akuntansi karena merupakan bagian vital dari stabilitas bisnis yang sedang dijalankan.

Pembelajaran pengelolaan keuangan pun kini dapat diakses dengan mudah, terutama melalui kursus akuntansi secara online.

Pengetahuan akuntansi bisa diperoleh secara mudah dan praktis melalui penyedia kursus akuntansi, baik gratis maupun berbayar.

Sebagai platform penyedia layanan edukasi berbasis teknologi, Mekari University hadir untuk memfasilitasi kebutuhan Anda melalui kursus akuntansi secara online.

Mekari University menyediakan beragam materi pembelajaran akuntansi bagi pengusaha, terutama startup atau UMKM, mulai dari, manajemen arus kas, manajemen inventori, dan administrasi perpajakan secara gratis.

Belajar Bisnis dari Meneladani Sikap Kartini Dalam Meraih Sukses

Pentingnya Memahami Akuntansi bagi Pebisnis

Ada tiga alasan mengapa akuntansi merupakan hal krusial sehingga pengusaha perlu memahami dan mempelajari akuntansi.

Monitor Perubahan Transaksi

Dengan memahami akuntansi pengusaha bisa mengetahui segala peristiwa yang terjadi dalam transaksi. Ilmu akuntansi membantu pengusaha memantau setiap transaksi yang terjadi dalam bisnis.

Dalam transaksi, banyak perubahan yang terjadi, seperti modal, utang-piutang, atau kas yang didapat.

Pengusaha yang tidak memahami akuntansi akan kesulitan untuk menghitung dan mencatat perubahan yang terjadi selama proses transaksi. Hal ini tentu bisa menyebabkan kerugian bagi perusahaan itu sendiri.

Informasi untuk Pengambilan Keputusan

Penguasaan ilmu akuntansi menjadi penting bagi pengusaha sebagai bahan pengambilan keputusan bagi bisnis. Dalam praktiknya, proses akuntansi menyajikan data-data terkait transaksi yang nantinya menjadi bahan informasi dalam pengambilan keputusan.

Kualitas informasi keuangan yang buruk karena kurangnya pemahaman dalam melakukan perhitungan atau pencatatan keuangan menyebabkan mis-informasi dalam pengambilan keputusan yang menyebabkan ketidaktahuan pengusaha terhadap posisi perusahaan saat ini apakah sedang merugi atau untung.

Ketidaktahuan posisi ini yang akhirnya membuat perusahaan itu sendiri tidak berkembang dan cenderung merugi.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

 

Kontrol Berbagai Aspek Usaha

Pengetahuan akuntansi penting adalah sebagai kontrol. Layaknya jantung, akuntansi mengontrol keseluruhan aspek bisnis mulai dari tools, SDM, dan juga aspek penunjang bisnis lainnya.

Dengan pemahaman akuntansi yang minim akan mempengaruhi kesehatan aspek bisnis lainnya. Seperti alokasi dana yang tidak seimbang untuk berbagai aspek usaha yang bisa menyebabkan perusahaan tidak berkembang.

Bahkan alokasi dana yang salah dalam aspek tertentu bisa menyebabkan kerugian bagi pengusaha.

Selanjutnya, bagaimana Anda memilih kursus akuntansi? Banyak penyedia layanan kursus akuntansi yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Namun kini, lebih banyak penyedia layanan kursus akuntansi tanpa biaya atau gratis. Lantas, seperti apa bentuk-bentuk layanan kursus akuntansi tersebut?

Ikuti Sekarang Kursus Online Pengelolaan Arus Kas 

Kursus Akuntansi Gratis yang Populer

Ada banyak bentuk kursus akuntansi yang bisa didapatkan mulai dari kelas konvensional hingga kelas daring atau online. Penting bagi pengusaha yang ingin belajar akuntansi mengetahui bentuk kursus akuntansi. Misalnya saja dari segi fleksibilitas dan efisiensi.

Pengusaha membutuhkan kelas kursus yang lebih fleksibel dan efisien karena waktu akan lebih banyak dihabiskan untuk mengelola bisnis.

Apa saja bentuk kursus akuntansi yang populer saat ini?

Baca juga: Cermati Fitur-fitur Ini saat Pilih Accounting Software Terbaik

Kursus Tatap Muka

Bentuk kursus yang paling umum adalah tatap muka atau konvensional. Bentuk kursus ini mewajibkan peserta mendatangi kelas dan melakukan pembelajaran tatap muka bersama mentor.

Kelebihan dari kursus tatap muka adalah peserta lebih bisa berinteraksi dan berkonsultasi secara langsung dengan mentor sehingga lebih efektif.

Kekurangannya, kursus tatap muka kurang efisien karena peserta wajib mendatangi kelas sesuai jadwal yang ditentukan.

Selain itu peserta harus belajar sesuai dengan ritme yang ditentukan oleh penyedia kelas sehingga hasil pembelajaran yang didapat tergantung kemampuan dan kecepatan belajar peserta.

Join Sekarang: Pelatihan Online Gratis Manajemen Inventory

Kursus Akuntansi Online

Kursus daring atau online menjadi populer dalam sedekade terakhir. Hal ini diikuti dengan tuntutan kebutuhan pengembangan SDM yang semakin banyak di era yang semakin cepat.

Kursus daring atau online memungkinkan peserta mampu mengakses materi pembelajaran secara mandiri sesuai dengan kemampuan dan kecepatan belajar yang dimiliki.

Selain itu  pelatihan akuntansi melalui kursus daring atau online dapat dilakukan kapan dan di mana pun gratis sehingga diyakini lebih efisien dan efektif.

Proses Akuntansi Otomatis Minim Risiko Human Error dengan Jurnal. Pelajari selengkapnya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

 

Ada berbagai macam fitur yang biasanya dimiliki oleh kursus daring atau online, yaitu:

  • Video online – video satu arah di mana penyedia kursus memberikan materi berupa infografis atau ceramah yang direkam oleh mentor.
  • Audio – peserta bisa mendengarkan audio ceramah mentor yang direkam dan dapat didengar kapan dan di mana pun.
  • Video interaktif – peserta bisa berinteraksi dengan mentor melalui siaran konferensi video.
  • Modul ebook – berupa materi pembelajaran yang disajikan dalam ebook sebagai pedoman belajar peserta.
  • Blog – Biasanya diakses melalui situs penyedia secara gratis dan berisi materi khusus sebagai penunjang pembelajaran.
  • Simulasi atau studi kasus – Berisi studi kasus dimana peserta diharapkan mampu memecahkan permasalahan secara langsung. Selain itu peserta bisa menerapkan akuntansi pada platform tertentu, misalnya dengan software akuntansi seperti Jurnal by Mekari.

Baca juga: Bisakah Pemilik Bisnis Ikut Program Tapera? Apa Syaratnya?

Kuasai Akuntansi Bisnis dengan Kursus Akuntansi Online di Mekari University

Mekari University menyediakan materi pembelajaran yang interaktif dengan berbagai format. Fitur yang pertama adalah pre-test di mana peserta bisa mengukur tingkat pemahaman materi yang diajarkan.

Selain itu ada online video dan juga quiz sebagai bahan ulasan pembelajaran pada tiap sesinya. Peserta juga akan diberikan modul yang ditulis secara komprehensif.

Mekari University juga menyediakan layanan simulasi dan studi kasus di mana peserta dapat memecahkan secara langsung permasalahan akuntansi baik secara manual atau menggunakan software.

Di akhir kursus, peserta juga diberikan tes teoritis dan juga tes studi kasus untuk mengukur pemahaman peserta terhadap materi yang diajarkan.

Kembangkan bisnis Anda dan tingkatkan pemahaman akuntansi bisnis bersama Mekari University sekarang juga!

Nah, bagi Anda yang ingin mengikuti pelatihan atau kursus akuntansi gratis secara online silahkan daftar langsung di Mekari University. Mudah-mudahan informasi di atas termasuk tentang aplikasi pengelola keuangan bermanfaat.

Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Accounting

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo