Jurnal Enterpreneur

Bisakah Pemilik Bisnis Ikut Program Tapera? Apa Syaratnya?

Rumah adalah salah satu kebutuhan primer masyarakat. Namun, sayangnya harga rumah setiap tahun mengalami kenaikan yang tidak sebanding dengan kenaikan pendapatan.

Untuk membantu mengatasinya, pemerintah kini telah mengesahkan peraturan tentang penyelenggaraan tabungan perumahan rakyat atau yang biasa disebut Tapera.

Apa itu Tapera?

Pengertian Tapera

Tapera adalah singkatan dari Tabungan Perumahan Rakyat yang merupakan tabungan perumahan rakyat yang untuk pegawai negeri maupun swasta. Teknisnya adalah dengan cara memotong gaji sebesar 2,5% sementara 0,5% iuran pada karyawan .

Tujuan program ini adalah untuk membantu pembiayaan perumahan bagi para pekerja di Indonesia.

Jadi, Tapera akan menerapkan untuk menghimpun dana dalam jangka panjang guna menyediakan pembiayaan perumahan murah yang layak dan terjangkau bagi peserta. Program ini bentukan oleh badan hukum publik yang terkenal dengan nama BP Tapera.

Yang menjadi landasan hukum operasional BP Tapera adalah Peraturan Pemerintah No. 25 Tahun 2020 tentang Tabungan Perumahan Rakyat. PP ini telah sah dan ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 20 Mei 2020.

Pesertanya adalah semua warga negara Indonesia maupun warga negara asing yang memiliki visa kerja 6 bulan.

Setelah membayar simpanan, semua pekerja di Indonesia telah otomatis menjadi peserta.

Program ini memiliki tujuan atas asas gotong royong bagi seluruh segmen pekerja. Program mirip Tabungan Perumahan telah lazim ada di Singapura, Malaysia, India, dan Korea Selatan.

Di tahap awal, program Tapera akan memiliki fokus pada PNS lama yang merupakan eks-Taperum PNS dan juga PNS baru. Secara bertahap, kepesertaan Tapera memiliki fokus untuk pekerja penerima upah di BUMN/BUMD/BUMDes, TNI/Polri, pekerja swasta, dan pekerja mandiri.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola transaksi keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Read More : Tips Cerdas untuk Sukses Berbisnis Properti

Syarat Ikut Program Tapera

Dengan adanya program ini, setiap pemberi kerja, yaitu perseorangan, pengusaha, atau badan hukum lainnya wajib mendaftarkan pekerjanya menjadi peserta. Sementara untuk pekerja mandiri dapat langsung mendaftarkan diri ke BP Tapera.

Pemerintah memberikan kesempatan bagi para pemilik usaha untuk mendaftarkan pekerjanya paling lambat tujuh tahun setelah PP Tapera disahkan.

Besaran simpanan yang akan menetapkannya adalah 3% dari upah/gaji yang ditanggung bersama oleh pemberi kerja sebesar 0,5% dan pekerja 2,5%. Sedangkan bagi pekerja mandiri, biaya ini akan menjadi tanggungan sendiri.

Simpanan peserta akan dikelola oleh BP Tapera secara transparan bekerjasama dengan Bank Kustodian, KSEI, dan Manajer Investasi.

Bagi pekerja dengan gaji di bawah 8 juta per bulan dan belum memiliki rumah, dapat mengambil manfaat pembiayaan rumah dengan bunga rendah. Syarat yang harus dipenuhi yaitu minimal waktu kepesertaan 12 bulan.

Sementara, bagi pekerja berpenghasilan di atas 8 juta dapat menjadikan Tabungan Perumahan sebagai dana jaminan hari tua. Semua simpanan beserta dengan bunga dapat kita ambil ketika peserta sudah pensiun.

Baca Juga : 5 Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnis

Apakah Pemilik Bisnis Bisa Ikut Program Tabungan Perumahan Rakyat?

Pemilik bisnis atau pengusaha termasuk dalam kategori pemberi kerja sehingga tidak termasuk pada peserta Tapera.

Pada dasarnya, pemilik bisnis tidak bisa mengikuti program ini, namun tetap berkewajiban untuk mendaftarkan semua pekerjanya sebagai peserta.

Kewajiban lainnya terkait program ini adalah menanggung iuran bulanan pekerja sebesar 0,5% dari gaji atau upah peserta.

Menyikapi adanya tambahan iuran program tabungan perumahan pada gaji karyawan, sebagai pemberi kerja Anda harus memperhatikan kembali laporan keuangan bisnis.

Artinya, akan ada penyesuaian beban gaji karyawan hingga proyeksi omset agar bisnis Anda tidak terganggu. Pengelolaan keuangan bisnis perlu melakukannya secara hati-hati agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat fatal.

Baca Juga : Kiat-Kiat dalam Membuka Bisnis Rumahan

Untuk mengelola keuangan bisnis, Anda dapat menggunakan bantuan software akuntansi online. Jurnal adalah salah satu software akuntansi online dengan fitur lengkap sehingga Anda dapat melihat kondisi keuangan usaha lebih mudah.

Fitur Jurnal seperti laporan keuangan, faktur, pengelolaan stok barang, cash link hingga akses mobile sehingga dapat menggunakan Jurnal kapan saja dan di mana saja.

Cari tahu produk Jurnal selengkapnya dengan mengakses website Jurnal. Jangan lewatkan kesempatan coba gratis produk Jurnal selama 14 hari.

Gunakan juga program akuntansi yang akan membantu Anda untuk meningkatkan skill leadership, khususnya di bidang bisnis. Dengan Jurnal, proses pembukuan bisnis Anda akan terotomatisasi dan terintegrasi, yang akan memudahkan proses bisnis Anda

 

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo