Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

Pentingkah Program Leadership?

Tayang 10 Apr 2021
Diperbarui 16 Oktober 2023

Menurut Anda, kemampuan leadership dapat membentuk sesuatu atau merupakan bawaan lahir?

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pemimpin dibentuk, bukan hanya untuk anda lahirkan. Hal ini membuktikan bahwa karakter dan skill (kemampuan) sangat berperan besar dalam kepemimpinan seseorang.

Jika tidak latihan sejak dini, maka Anda tidak dapat menjadi pemimpin yang handal di masa depan. Karena itu, pelatihan kepemimpinan di institusi pendidikan seperti sekolah atau universitas sangat penting untuk dilakukan.

Manfaat Program Leadership

Melatih kepemimpinan lebih efektif dimulai sejak masa kecil, khususnya pada masa-masa sekolah. Ada tiga manfaat utama program leadership bagi siswa, yaitu:

1. Membentuk Skill dan Karakter

Leadership atau kepemimpinan akan membangun karakter dan melatih skill seseorang. Semakin cepat dilatih maka semakin banyak dan kuat karakter yang terbentuk serta skill yang dikuasai. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa masa anak-anak adalah masa windows of opportunity.

Pada masa ini, daya tangkap mereka sangat tinggi dan otak mereka dapat menyerap banyak hal melalui pengalaman. Sangat berbahaya jika para siswa menyerap hal-hal yang negatif dan tidak membangun. Karena itu, sekolah sebagai institusi harus menyiapkan pengalaman yang akan bermanfaat bagi siswa.

2. Belajar Berorganisasi

Organisasi adalah salah satu sarana tepat untuk melatih kepemimpinan. Sekolah dan universitas sebagai institusi pendidikan harus mempersiapkan sarana bagi siswa untuk dapat berorganisasi. Dalam dunia bisnis nanti, kualitas para siswa sebagai pemimpin akan kita lihat.

Orang akan lebih tertarik dengan pengalaman mereka daripada diri mereka sendiri. Dengan berorganisasi, mereka dapat mempraktikan secara langsung semua skill yang telah dipelajari, khususnya kerjasama tim (teamwork), sehingga mereka siap untuk menjadi pemimpin di masa depan.

3. Membangun Kepercayaan Diri

Leadership semasa dini akan menumbuhkan rasa percaya diri. Para siswa tidak akan pernah berani memimpin jika tidak pernah memegang tanggung jawab. Karena itu, adanya pelatihan leadership di sekolah akan melatih keberanian dan kepercayaan diri dalam memimpin.

Semakin sering mereka memimpin, maka akan semakin terbiasa untuk memegang kendali. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk menjadi pemimpin handal di masa depan.

Anda akan melihat perbedaan signifikan antara seorang pemimpin yang terlatih dengan yang belum. Pemimpin yang sudah terbiasa memimpin akan lebih percaya diri, dapat menghadapi masalah lebih bijak, dan tampak lebih nyaman bekerja dalam tim.

Read More: 5 Interpersonal Skill yang Wajib Dimiliki Pengusaha

Bentuk-Bentuk Latihan Kepemimpinan

Latihan leadership (kepemimpinan) dapat melakukannya dalam berbagai bentuk. Berikut merupakan bentuk-bentuk pelatihan yang cukup efektif untuk diterapkan bagi siswa.

Seminar

Pemimpin yang sukses tidak hanya melihat dari banyak hal yang dia dilakukan, namun juga dari pemikiran dan karakternya. Seminar memperlengkapi pemikiran siswa dengan teori yang aplikatif dan pengalaman.

Meskipun praktik merupakan hal penting, namun teori juga berdampak bagi pertumbuhan karakter dan skill siswa di masa depan. Pastikan untuk memilih tema-tema kepemimpinan yang sesuai dengan siswa.

Proyek

Salah satu cara melatih kepemimpinan semasa dini adalah melalui proyek. Proyek anda akan mendapatkan sesuatu yang berkaitan dengan apa yang mempelajarinya.

Siswa akan terus melakukan proyek dan membentuk karakter mereka. Anda juga dapat memberikan target serta reward (penghargaan) kepada para murid untuk memotivasi mereka.

Workshop

Workshop merupakan perpaduan antara praktik dan teori. Jika seminar lebih membicarakan teori dan hal-hal yang lebih umum, maka workshop lebih membicarakan hal-hal teknis dalam ruang lingkup yang lebih spesifik.

Contohnya, jika seminar membicarakan tentang Pentingnya Manajemen Bagi Pemimpin. Maka tema workshop akan lebih spesifik, seperti Cara Mengelola Keuangan Bagi Pemimpin.

Dalam workshop, Anda tidak hanya mengajarkan teori, namun juga mengaplikasikan apa yang telah anda dapatkan. Workshop akan membentuk skill siswa untuk menjadi pemimpin yang praktis.

Camp

Camp adalah bentuk latihan kepemimpinan yang siswa paling banyak suka karena melakukannya pada di luar lingkungan pendidikan. Dalam camp, siswa tidak hanya sekedar latihan, tapi mereka akan mendapat kesempatan untuk mengaplikasikan langsung apa yang telah mereka pelajari.

Camp berperan besar dalam membentuk kemampuan memimpin dan teamwork seseorang. Selama camp, melalui berbagai misi serta permainan outbound, Anda dapat mengetahui tipe pemimpin seperti apa siswa Anda dan sejauh mana skill yang telah menguasai anda.

Anda tidak dapat mengandalkan satu bentuk latihan saja untuk melatih kepemimpinan siswa. Masing-masing bentuk latihan memiliki pengaruh yang berbeda yang akan membentuk kemampuan dan kepribadian siswa.

Karena itu, sebaiknya pihak sekolah atau universitas merancang bentuk-bentuk pelatihan kepemimpinan yang berbeda agar lebih bervariasi.

Anda telah mengetahui pentingnya latihan kepemimpinan bagi para siswa serta bentuk-bentuk latihan efektif yang sekolah dapat membuatnya. Sekarang, siapkah Anda untuk melahirkan pemimpin-pemimpin besar di masa depan?

Gunakan juga Jurnal Software yang akan membantu Anda untuk meningkatkan skill leadership, khususnya di bidang bisnis, dengan aplikasi pembukuan yang terotomatisasi dan terintegrasi.

Kategori : Other
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal