10 Langkah Awal Memulai Usaha + 5 Contoh Usaha Terlaris

Pada dasarnya, membangun sebuah usaha hingga bisa menjadi sukses bukanlah perkara yang mudah. Untuk melakukannya, Anda akan membutuhkan informasi mengenai langkah awal memulai usaha yang sukses. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah untuk melakukannya.

Di dalam langkah-langkah yang akan kami sebutkan di artikel ini, akan ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan dengan baik. Sebab, beberapa poin penting yang disebutkan di sini sama-sama memiliki peran yang besar untuk membuat sebuah usaha tertentu menjadi lebih sukses dan kuat.

langkah awal memulai usaha

10 Langkah Awal Memulai Usaha Sukses Termudah

Ketika Anda telah memutuskan untuk menjadi seorang pelaku usaha yang profesional, maka Anda sudah harus tahu bagaimana cara yang tepat untuk memulai bisnis yang akan Anda jalankan. Dengan begitu, pondasi bisnis yang Anda jalankan bisa semakin kuat dan dapat selalu berkembang.

Untuk membantu Anda dalam mengembangkan bisnis yang masih baru ini, kami akan memberikan beberapa informasi mengenai apa saja poin penting yang harus diperhatikan ketika membangun sebuah usaha, dan langkah awal memulai usaha adalah:

  1. Lakukan Riset secara Mendalam

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk memulai usaha yang sukses adalah dengan mereset segala jenis informasi yang berkaitan dengan dunia bisnis tersebut. Dalam hal ini, seorang pelaku usaha harus sudah mengidentifikasi jenis bisnis yang akan mereka jalankan di kemudian hari.

Jadi, sebelum Anda mengaplikasikan sebuah ide baru untuk bisnis Anda, Anda perlu melakukan riset secara mendalam terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui mengenai seberapa besar tingkat peluang kesuksesan yang dimiliki jenis bisnis tersebut.

Ketika Anda melakukan langkah ini, ada beberapa poin penting tertentu yang harus Anda perhatikan dengan baik. Sebagai contoh, seberapa besar masyarakat mengenai produk maupun jasa yang ditawarkan, seberapa besar peluang bisnis tersebut untuk selalu berkembang, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga perlu mengenali tingkat kompetisi yang akan Anda lalui nantinya, agar Anda bisa memilih strategi terbaik yang bisa digunakan untuk melalui kompetisi bisnis tersebut.

  1. Buatlah Perencanaan Bisnis dengan Sebaik Mungkin

Selanjutnya, langkah awal dalam memulai usaha dilakukan dengan cara membuat perencanaan bisnis sebaik mungkin. Dalam hal ini, Anda juga perlu melakukannya sebelum membuat ide bisnis yang akan dijalankan dalam jangka waktu yang panjang tersebut.

Pastikan Anda membuat perencanaan bisnis ini secara matang-matang, agar perencanaan yang telah dibuat tersebut dapat memandu Anda dalam menjalankan bisnis yang lebih baik lagi. Nantinya, perencanaan bisnis ini dapat membantu Anda sejak awal hingga bisnis mulai berkembang.

Kemudian, jika ada salah satu pelaku usaha yang sedang mencari dukungan pendanaan dari pihak investor. Maka rencana bisnis ini akan memiliki peran yang lebih penting. Sebab, dari perencanaan inilah seorang investor dapat menilai tingkat kredibilitas dari perusahaan Anda.

Anda dapat menggunakan bantuan software manajemen keuangan usaha untuk mengatur keuangan Anda. Pihak investor akan memvalidasi ide Anda melalui perencanaan bisnis tersebut, dan pihak investor juga akan melihat prospek usaha Anda di masa kini maupun di masa depan dengan menggunakan rencana yang telah dibuat.

  1. Rencanakan Keuangan Bisnis dengan Baik dan Benar

Jika Anda berencana membangun sebuah bisnis yang besar, maka Anda perlu melakukan langkah awal memulai usaha yang satu ini dengan sebaik mungkin. Sebab, berbeda dengan bisnis kecil yang tidak membutuhkan modal terlalu besar, untuk bisnis besar akan membutuhkan modal yang besar.

Ada beberapa poin penting tertentu yang harus Anda perhatikan dengan baik, untuk merencanakan sistem keuangan yang berjalan di bisnis tersebut manfaatkan aplikasi pencatatan keuangan usaha. Hal ini terjadi karena nantinya akan ada investasi awal yang digunakan untuk menutupi pengeluaran sebelum menghasilkan keuntungan yang memadai.

Maka dari itu, penting dilakukan oleh semua pelaku usaha untuk membuat perencanaan keuangan yang baik dan benar. Pastikan Anda telah memasukkan segala jenis kebutuhan dan pengeluaran bisnis selama setahun ke dalam perencanaan tersebut.

Beberapa jenis kebutuhan dan pengeluaran bisnis yang perlu Anda catat adalah biaya sewa, pemasaran, produksi, upah, stok barang, dan lain sebagainya. Nantinya, setelah memiliki perhitungan kasar yang sesuai, Anda baru bisa memikirkan langkah berikutnya.

  1. Tentukan Struktur Bisnis yang Sesuai

Langkah awal memulai usaha yang keempat adalah dengan menentukan struktur bisnis secara tepat dan sesuai rencana. Struktur bisnis yang Anda tetapkan ini akan menjadi pondasi terbesar di dalam perkembangan bisnis Anda.

Maka dari itu, bisa dipastikan bahwa struktur bisnis akan memiliki peran yang tidak kalah penting dengan poin-poin penting lainnya. Membahas tentang struktur bisnis itu sendiri, nantinya bisnis yang Anda jalankan bisa berupa kepemilikan perseorangan, kemitraan, atau korporasi.

Perlu Anda ketahui bahwa jenis badan usaha yang Anda pilih nantinya akan sangat mempengaruhi berbagai macam faktor yang terjadi di dalam bisnis Anda. Sebut saja seperti nama bisnis, kewajiban bisnis, dan pengajuan pajak bisnis Anda.

  1. Daftarkan Brand Bisnis Anda secara Resmi

Memilih dan mendaftarkan brand bisnis Anda secara resmi juga termasuk langkah awal memulai usaha untuk menjadi sukses, sehingga Anda tidak boleh mengabaikan langkah ini begitu saja. Dengan melakukan tahapan ini, bisnis Anda dapat berkembang secara lebih mudah dan baik lagi.

Sehingga, hal ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha yang melakukannya. Nantinya, nama usaha yang Anda gunakan akan memiliki peran yang sangat penting dalam setiap aspek bisnis yang Anda jalankan.

Dalam hal ini, Anda perlu memikirkan semua implikasi potensial yang sesuai rencana bisnis Anda. Jadi, nama usaha yang Anda gunakan tidak dipilih secara sembarangan, tapi dipilih setelah melalui proses yang cukup ketat.

Setelah melakukan tahapan tersebut, Anda bisa mengecek di situs merek dagang milik pemerintah, apakah nama tersebut sudah ada yang menggunakannya. Jika sudah ada, Anda perlu mencari nama lainnya lagi, tapi jika belum ada maka Anda bisa langsung mendaftarkannya secara resmi di situs itu.

  1. Dapatkan Izin Usaha Resmi dari Pemerintah

Tidak hanya mendaftarkan brand bisnis secara resmi saja, tapi mendapatkan izin usaha resmi dari pemerintah juga termasuk dalam langkah awal memulai usaha yang perlu Anda lakukan dengan benar. Pada dasarnya, proses ini bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Lihat bisnis perseorangan disini.

Hanya saja, Anda perlu mengetahui cara-caranya dengan baik terlebih dahulu. Untuk mendapatkan izin resmi atau lisensi dari pemerintah, Anda perlu mengumpulkan beberapa dokumen tertentu yang menjadi persyaratan dalam proses itu sendiri.

Beberapa dokumen yang harus Anda siapkan ini akan menjadi bagian dari proses pendaftaran bisnis, sehingga Anda perlu menyiapkannya dengan sebaik mungkin. Nantinya, akan ada beberapa jenis lisensi yang bisa Anda pilih dengan menyesuaikan jenis bisnis yang sedang Anda jalankan.

Pastikan Anda telah menyesuaikan jenis lisensi yang akan Anda gunakan dengan kondisi usaha yang akan dijalankan dalam jangka waktu yang panjang tersebut.

  1. Pilih Sistem Akuntansi Keuangan yang Terbaik

Langkah awal memulai usaha yang ke tujuh adalah dengan memilih sistem akuntansi keuangan terbaik untuk bisnis Anda. Dengan begitu, perkembangan bisnis yang akan Anda jalankan bisa berlangsung secara lebih tepat dan mudah.

Mengapa demikian? Karena dengan adanya sistem di dalam perkembangan bisnis tersebut, bisnis dapat berjalan secara lebih efektif dan efisien. Dari sekian banyak sistem yang ada di dalam dunia bisnis, sistem akuntansi keuangan adalah yang paling penting.

Sistem untuk akuntansi ini nantinya akan berguna untuk membuat dan mengelola anggaran bisnis, menetapkan tarif dan harga yang dibutuhkan, melakukan perjanjian bisnis dengan orang atau organisasi lain, hingga untuk mengajukan pajak resmi di setiap waktunya.

Semua pelaku usaha dapat mengatur sendiri sistem akuntansi keuangan di dalam bisnisnya. Namun, jika pelaku usaha tersebut tidak memiliki ilmu yang memadai dalam hal ini, maka mereka bisa memanfaatkan keberadaan jasa akuntan profesional dengan sebaik mungkin, atau gunakan akuntansi online.

  1. Siapkan Lokasi Bisnis yang Strategis

Sudah ada banyak orang yang tahu bahwa mencari lokasi bisnis yang strategis juga termasuk langkah awal memulai usaha yang perlu dilakukan oleh semua pelaku usaha. Sebab, ketika Anda membangun bisnis di lokasi yang strategis, hal ini dapat memberikan dampak yang positif terhadap bisnis Anda.

Nantinya, Anda juga perlu menyesuaikan lokasi bisnis Anda dengan jenis usaha yang akan Anda jalankan. Sebagai contoh, jika Anda membangun bisnis di bidang pendidikan seperti toko buku, toko alat tulis, maupun toko fotokopi, maka Anda perlu membangun bisnis di dekat area sekolah.

Dengan melakukan strategi seperti itu, peluang kesuksesan bisnis Anda bisa semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Tentu ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha yang melakukannya.

Selain itu, penting juga untuk Anda perhatikan untuk membeli atau menyewa lokasi bisnis tersebut. Sesuaikan biaya pembelian atau penyewaan tempat yang akan Anda gunakan tersebut dengan modal awal yang Anda miliki. Jangan sampai biaya ini melebihi modal awal yang Anda miliki.

  1. Siapkan Tim dengan Kredibilitas yang Baik

Sebuah perusahaan tidak akan bisa berjalan tanpa adanya tim yang memadai. Maka dari itu, langkah awal memulai usaha yang selanjutnya adalah menyiapkan tim dengan tingkat kredibilitas yang baik. Dengan begitu, proses perkembangan bisnis Anda bisa berjalan secara lebih mudah dan tepat.

Pastikan Anda merekrut karyawan dengan kemampuan yang sesuai bidang bisnis Anda, agar karyawan mampu mengerjakan tugasnya dengan lebih baik lagi. Perlu Anda ketahui bahwa karyawan pertama yang akan Anda butuhkan dalam hal ini adalah yang berkaitan dengan dunia administrasi.

Sebab, karyawan di bidang administrasi ini nantinya akan mencatat segala jenis hal yang berlangsung di dalam bisnis tersebut. Mulai dari stok barang, pemasukan, pengeluaran, pemasaran, dan lain sebagainya akan dicatat dengan baik oleh karyawan di bidang ini.

Jadi, bisa dipastikan bahwa Anda tidak boleh merekrut karyawan tanpa menilai kemampuan yang mereka miliki. Sebab, jika Anda mengalami kesalahan ketika sedang merekrut karyawan di dalam perusahaan Anda, maka hal ini dapat mempengaruhi keseimbangan bisnis Anda di masa depan.

  1. Promosikan Bisnis Anda dengan Cara yang Menarik

Langkah awal memulai usaha yang terakhir namun tidak kalah penting ini adalah dengan mempromosikan bisnis Anda menggunakan cara yang menarik. Semakin menarik cara yang Anda gunakan, maka semakin besar peluang untuk Anda mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Sementara itu, di era digital dan teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini, Anda bisa memanfaatkan keberadaan internet dengan sebaik mungkin. Sebagai contoh, Anda bisa mengiklankan usaha Anda di media sosial maupun situs-situs tertentu.

Buatlah konsep strategi pemasaran yang menarik, agar iklan tersebut mampu memikat hati banyak konsumen sekaligus. Selalu kembangkan kreativitas Anda untuk mencari ide pemasaran yang tepat dan sesuai dengan jenis bisnis Anda.

Jika Anda sudah mendapatkan ide pemasaran yang sesuai dengan bisnis Anda, pastikan kembali bahwa ide tersebut memiliki peluang yang tinggi untuk memberikan dampak yang baik ke bisnis Anda. Dengan begitu, perkembangan bisnis Anda bisa berjalan secara lebih mudah dan cepat.

langkah awal memulai usaha

5 Macam Bisnis yang Cocok untuk para Pemula

Menentukan jenis bisnis yang akan dijalankan juga termasuk salah satu langkah awal memulai usaha yang sukses, sehingga Anda perlu melakukannya dengan strategi yang tepat. Jika Anda baru kali ini berkecimpung di dunia bisnis, maka Anda perlu memilih jenis bisnis yang cocok untuk para pemula.

Sangat tidak disarankan untuk para pelaku usaha yang masih pemula memulai bisnis yang terlalu berat untuk mereka. Sebab, ilmu yang mereka miliki masih belum sepadan dengan tingkat kesulitan pada bisnis tersebut. Sementara itu, beberapa jenis bisnis yang cocok untuk para pemula adalah:

  1. Fotokopi

Bisnis fotokopi seperti ini sering disebut sebagai salah satu jenis bisnis yang tidak membutuhkan modal terlalu besar, meski keuntungan yang bisa didapatkan berjumlah cukup banyak. Maka dari itu, salah satu ide bisnis untuk pemula yang bisa Anda coba adalah bisnis fotokopi.

Untuk menambah keuntungan yang bisa Anda dapatkan, Anda bisa mengiringinya dengan berjualan alat-alat tulis yang lengkap. Dengan begitu, akan semakin ada banyak pelanggan yang berkunjung ke usaha Anda.

Selain itu, langkah awal memulai usaha fotokopi yang perlu Anda lakukan adalah dengan mencari lokasi strategis, yaitu di dekat area sekolah maupun perkantoran. Sebab, target pasar bisnis fotokopi umumnya berasal dari lingkungan ini.

  1. Petshop

Saat ini, sudah ada banyak orang yang memilih untuk memiliki hewan peliharaan di rumahnya masing-masing, sehingga bisnis petshop seperti ini akan memiliki peluang kesuksesan yang lebih tinggi dibanding jenis bisnis lainnya.

Sementara itu, salah satu alasan mengapa bisnis ini dikatakan cocok untuk para pemula adalah karena modal yang dibutuhkan untuk memulainya tergolong cukup rendah. Sehingga, untuk memulainya Anda tidak perlu menyiapkan modal yang terlalu besar.

Kendati demikian, segala jenis produk maupun jasa yang Anda sediakan di dalam usaha ini harus terjamin kualitasnya. Sebab, para konsumen pasti akan lebih memilih petshop yang memiliki kualitas terbaik di antaranya.

  1. Katering

Bagi ibu-ibu rumah tangga yang ingin memulai bisnis sukses dan mudah, mereka bisa memulai jenis bisnis yang satu ini. Langkah awal memulai usaha katering adalah dengan memilih apa saja menu yang akan disajikan setiap harinya.

Tidak seperti jenis bisnis yang lainnya, untuk bisnis katering sendiri sebenarnya bisa dimulai dari rumah langsung, sehingga Anda tidak perlu menyewa maupun membeli tempat usaha lain untuk memulainya.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika semakin ada banyak orang yang tertarik untuk memulai jenis bisnis ini. Sementara itu, salah satu strategi yang paling tepat untuk memulai usaha ini adalah dengan menyediakan menu yang variatif, agar konsumen tidak mudah merasa bosan ketika membelinya.

  1. Toko Kelontong

Toko kelontong juga sering disebut-sebut sebagai salah satu jenis usaha yang memiliki peluang kesuksesan cukup tinggi. Sehingga tidak mengherankan jika jenis usaha yang satu ini sering dipilih oleh sebagian besar orang.

Untuk memulai jenis usaha yang satu ini, Anda tidak akan membutuhkan modal yang terlalu besar. Meski begitu, Anda tetap tidak boleh meremehkan peran penting perencanaan dan strategi bisnis yang ada di usaha Anda.

Sebab, apapun jenis bisnis yang Anda jalankan, Anda harus menjalankannya dengan sistem yang baik dan benar. Dengan begitu, bisnis Anda akan lebih mudah untuk berkembang dan meraih keuntungan yang lebih banyak.

  1. Laundry

Seperti yang sudah Anda ketahui, saat ini sudah ada banyak bisnis laundry yang ada di lingkungan sekitar kita. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat jenis usaha yang satu ini memiliki peluang kesuksesan yang cukup menjanjikan.

Ketika seseorang mengetahui mengenai fakta tersebut, umumnya mereka akan langsung mencari cara untuk memulai jenis usaha ini. Pada dasarnya, memulai usaha laundry juga bisa diawali dengan menggunakan langkah-langkah yang ada di atas.

Jadi, tidak ada strategi khusus yang perlu Anda lakukan untuk memulainya. Jika memang ada strategi khusus yang perlu Anda lakukan, mungkin itu bisa dilakukan ketika sedang memilih lokasi bisnisnya. Pastikan tempat bisnis yang Anda pilih terletak di lokasi yang strategis.

Demikianlah cara memulai usaha yang harus Anda ketahui. Ingin mengetahui lebih jelas lagi mengenai langkah awal memulai usaha yang sukses? Simak artikel lainnya hanya di Mekari Jurnal.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo