Jurnal Enterpreneur

9 Ide Bisnis yang Dapat Dilakukan Mahasiswa

Mahasiswa selalu identik dengan semangat yang besar dan kreativitas tanpa batas. Banyak mahasiswa yang menggunakan kreativitas dan semangatnya untuk mulai membuka bisnis sampingan sambil sibuk menyelesaikan kuliah. Dengan sebuah kreativitas, banyak mahasiswa yang menggali potensinya dengan memulai usaha yang akan berkembang di masa depan dan tidak terkesan terlalu konvensional. Di bawah ini akan dibahas beberapa inspirasi ide bisnis kreatif bagi mahasiswa. 

1. Bunga Kertas

Setiap keindahan dan momen bahagia remaja dan mahasiswa biasanya identik dengan bunga. Sayangnya, selain harganya yang mahal, bunga segar juga memiliki batas waktu untuk tetap bertahan. Sebagai alternatif yang mulai banyak dilirik oleh para pebisnis kreatif muda untuk menyiasati kondisi ini adalah menjual bunga kertas. Selain memiliki kelebihan yaitu lebih tahan lama dibanding bunga segar, bahan pembuatannya relatif mudah didapatkan dan tidak bergantung pada musim sehingga memiliki harga yang lebih terjangkau.

2. Fotografer atau Videografer

Jika Anda memiliki bakat alami dalam memproses seni fotografi, tentunya bisnis satu ini harus Anda lirik. Memulai bisnis fotografi atau videografi juga merupakan salah satu yang diincar karena pasarnya selalu ada dengan bayaran yang menarik. Investasikan uang Anda untuk alat-alat fotografi yang mumpuni, selalu pertajam skill fotografi/videografi Anda dan cari ide kreatif dari manapun.

3. Tutor Online

Menjadi guru les atau seorang tutor memang banyak dilakukan oleh mahasiswa yang masih aktif berkuliah. Namun menjadi tutor kelas atau guru les privat terkadang sangat menyita waktu jika dilakukan di beberapa tempat dan waktu yang berbeda. Tutor online adalah salah satu usaha kreatif yang sesuai dengan kondisi saat ini, di mana semua orang sangat familiar dengan keberadaan gadget dan internet. Dengan menjadi tutor online, seorang mahasiswa dapat meng-handle beberapa kelas atau murid berbeda sekaligus dari satu tempat tanpa harus keluar banyak biaya.

4. Pengajar Bahasa Lokal untuk Turis

Profesi penterjemah atau pengajar bahasa asing di tempat kursus sudah banyak dilakukan oleh mahasiswa yang menguasai beberapa bahasa. Namun, saat ini ada pekerjaan sampingan yang memiliki gaji lebih menarik dibanding hanya menjadi penerjemah, yaitu menjadi pengajar bahasa Indonesia atau bahasa lokal bagi turis asing. Menjadi pengajar bahasa lokal bagi turis asing syaratnya cukup mudah. Anda hanya perlu bergabung pada lembaga bimbingan bahasa yang menyediakan fasilitas tersebut, gajinya pun lebih besar karena disesuaikan dengan mata uang asing dari murid yang bersangkutan.

5. Menjadi Penulis Online

Seiring dengan berkembangnya teknologi internet sebagai media penyedia informasi,  dunia tulis menulis saat ini dan pengetahuan tidak lagi terbatas hanya di atas kertas. Menjadi seorang penulis online adalah salah satu ide bisnis yang dapat Anda coba. Hanya dengan bermodal laptop dan bakat menulis yang Anda miliki, sudah dapat menjadi modal utama yang dapat memastikan seorang mahasiswa kreatif tetap dapat bekerja dan sibuk berkuliah.

6. Make Up Artist

Jika Anda mempunyai bakat make-up, jangan sia-siakan bakat Anda itu, karena make-up artist merupakan salah satu profesi yang banyak dibutuhkan orang dalam acara-acara penting. Sebagai mahasiswa, Anda dapat mulai dari mendandani teman Anda untuk acara wisuda atau pernikahan. Meskipun Anda harus mengeluarkan modal untuk perlengkapannya, namun apabila Anda sudah dikenal dengan portofolio yang baik, bisnis ini dapat jadi sangat menguntungkan.

7. Membuka Jasa Printing

Banyak mahasiswa memiliki laptop, tetapi sangat sedikit yang memiliki alat cetak atau printer pribadi. Jika dicermati lebih jauh, ini dapat menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan di kalangan mahasiswa. Selain untuk memudahkan tugas kuliah, memiliki printer pribadi yang dikomersialkan juga akan mendatangkan hasil yang cukup menguntungkan. Bayangkan, berapa banyak mahasiswa yang harus print tugas kuliahnya dalam satu hari? Hal tersebut yang membuat bisnis ini menjadi peluang besar untuk Anda.

8. Menjual E-book

Jika Anda termasuk seorang mahasiswa rajin yang senang mencatat detail apapun dari perkuliahan, Anda juga memiliki potensi usaha kreatif untuk dikomersialkan. Catatan yang Anda buat saat jam kuliah, dapat dijadikan sebuah e-book yang dapat didistribusikan dengan mudah dan bersifat komersial.

9. Menjual Pakaian

Dengan adanya peluang bahwa mahasiswa membutuhkan pakaian rapi sehari-hari untuk berkuliah, Anda dapat mulai berkreasi dan membuat bisnis di bidang pakaian. Pakaian menjadi salah satu komponen penting, terutama bagi kaum perempuan untuk selalu berpenampilan rapi dan menarik di kampus. Anda memanfaatkan peluang ini untuk mulai berjualan pakaian dengan harga terjangkau di lingkungan kampus. Pakaian yang Anda jual dapat bervariasi seperti jaket, kemeja, kerudung, kaos atau dapat terfokus 1 benda saja dengan berbagai pilihan.

Baca juga : 4 Peluang Bisnis Tanpa Modal di Media Sosial

Banyaknya pilihan usaha kreatif yang dapat dilakukan mahasiswa tanpa harus mengeluarkan banyak modal, membuat peluang seorang mahasiswa menjadi seorang pebisnis handal di kemudian hari sangat terbuka lebar. Namun yang harus selalu diingat dari sebuah usaha yang dilakukan yaitu pengaturan keuangan yang cukup baik, sehingga memungkinkan usaha tersebut akan mendapat untung dan berkembang lebih besar di kemudian hari.

Meskipun Anda bukan mahasiswa jurusan akuntansi ataupun keuangan, Anda tetap dapat melakukan pembukuan usaha dengan mudah menggunakan software akuntansi. Jurnal merupakan software akuntansi online yang memudahkan Anda dalam mengelola keuangan usaha. Tidak perlu khawatir dengan harga yang ditawarkan, karena selain memiliki kualitas dan fitur yang lengkap, aplikasi keuangan perusahaan dari Jurnal juga menawarkan berbagai paket varian harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dapatkan semua informasi tentang Jurnal, di sini.

Kategori : BisnisInspirasi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo