7 Peluang Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Meraih kesuksesan dengan menjalankan bisnis rumahan, bukan sebuah impian lagi bagi seorang ibu rumah tangga. Anda sering atau pernah melihat berita di televisi maupun artikel di internet yang menampilkan profil serta kisah sukses dari ibu rumah tangga dengan penghasilan puluhan hingga ratusan juta Rupiah dari usaha sampingannya. Hal tersebut dapat terjadi karena kesungguhan hati dan ketahanan mental dalam menghadapi setiap permasalahan saat merintis usahanya. Selain itu, mereka juga dapat menangkap peluang yang ada dan mengembangkannya menjadi sebuah penghasilan. Jika Anda tertarik untuk ikut dalam sebuah bisnis rumahan atau usaha sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga, berikut ini beberapa peluang usaha yang bisa dicoba.

1. Bisnis Online

Bisnis Online

Dunia digital yang saat ini terus berkembang mampu mendukung lahirnya berbagai usaha kreatif termasuk yang dapat dijalankan oleh ibu rumah tangga. Beberapa jenis produk dalam bisnis online yang paling digemari dan tidak pernah surut peminatnya adalah bisnis di bidang fashion dan makanan. Selain karena diminati, kedua bisnis tersebut juga dekat sekali dengan dunia perempuan dan biasanya menjadi bagian dari hobi mereka. Menjalankan bisnis yang sesuai dengan hobi biasanya dapat memperlancar kesuksesan.

Bagi yang ingin mencoba bisnis online dalam kedua bidang tersebut, kini juga dipermudah dengan adanya sistem reseller dan dropshipper. Dengan memilih sistem tersebut, Ibu rumah tangga tidak perlu memiliki produk jualannya sendiri melainkan menjual produk orang lain tapi menggunakan nama toko sendiri dan menentukan harga sendiri.

Sistem jualan online tersebut modalnya terbilang kecil bahkan bisa dilakukan tanpa modal. Ibu rumah tangga hanya perlu kuota Internet dan promosi dengan rajin di setiap waktu luangnya dengan strategi online marketing yang tepat.

2. Penulis

Penulis

Memiliki minat dan bakat dalam menulis dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi ibu rumah tangga untuk menghasilkan uang. Ibu rumah tangga dapat memulainya dengan bekerja freelance sebagai penulis. Ada banyak situs marketplace yang menawarkan pekerjaan di bidang menulis dan Anda hanya perlu meluangkan waktu senggang untuk mendapatkan pekerjaan di sana.  

Kebutuhan akan konten website atau artikel yang dapat meningkatkan kunjungan ke website sangat dibutuhkan saat ini. Tidak heran jika jasa penulis makin banyak dicari. Satu artikel pun akan dihargai dengan sangat tinggi, apalagi jika Anda fasih dalam menulis artikel berbahasa Inggris. Tidak hanya menulis konten untuk website dalam negeri saja tapi bisa juga untuk website luar negeri.

3. Saham Online

Saham Online

Usaha sampingan lain yang dapat Anda coba adalah bermain saham atau reksadana online. Anda dapat bekerja tanpa harus meninggalkan rumah bisa mendapatkan profit dalam waktu singkat. Meskipun jual beli saham bukanlah usaha yang sederhana karena tetap butuh perhitungan terutama dari segi risiko-risiko dan keuntungannya. Anda dapat memulai usaha ini dengan modal awal Rp 100 ribu saja. Tergantung broker mana yang Anda pilih saat akan berinvestasi online.

4. Katering

Katering

Berbicara tentang salah satu potensi yang banyak dimiliki oleh ibu rumah tangga, memasak pasti adalah salah satunya. Jika ini termasuk skill yang Anda kuasai, tentu tak ada salahnya memanfaatkan keahlian memasak ini menjadi sebuah bisnis yang bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Bisnis katering biasanya banyak diperlukan untuk kebutuhan acara-acara besar seperti pernikahan, pengajian atau acara-acara lainnya. Dengan berbisnis katering ini, maka dalam satu kali pesanan, Anda dapat langsung mendapatkan keuntungan yang besar karena porsi yang dipesan juga biasanya langsung banyak.

Tips dalam berbisnis katering ini, tidak hanya cita rasa masakan yang penting untuk diperhatikan, namun juga kemasan, kebersihan dan pelayanan. Untuk itu, pastikan bahwa pesanan diantar tepat waktu, diproses secara bersih, dan jangan lupa untuk memberikan pelayanan yang maksimal.

5. Bisnis Kue

Bisnis Kue

Selain usaha katering, jika Anda memiliki hobi membuat kue, Anda juga dapat memulai usaha sampingan yang satu ini. Pemasukannya lumayan terutama menjelang hari raya seperti Lebaran dan Natal. Tentukan kue jenis apa yang ingin Anda jual, kering atau basah. Kemudian cari pasar melalui orang terdekat terlebih dahulu dan promosikan juga lewat media sosial. Anda dapat membuka pre order untuk perayaan ulang tahun. Selain itu, tak ada salahnya juga jika Anda ingin menitip jualkannya di beberapa toko ritel yang bersedia diajak kerjasama.

6. Kerajinan Tangan

Kerajinan Tangan

Jika Anda yang memiliki kemampuan untuk mengolah barang-barang menjadi kerajinan tangan berkualitas dan bernilai tinggi, Anda memiliki peluang besar untuk menjadikan kemampuan ini menjadi sebuah bisnis yang menghasilkan keuntungan besar. Kerajinan tangan yang banyak mendapat permintaan dari pasar dapat berupa souvenir wisuda, penghantar seserahan pernikahan, bahkan hingga pembuatan hampers untuk parsel di hari-hari spesial.

7. Day Care

Day Care

Usaha sampingan satu ini cocok untuk Ibu rumah tangga yang tinggal di kawasan perkotaan. Seperti yang diketahui, perempuan zaman sekarang banyak yang menjadi ibu rumah tangga sekaligus menjalankan karirnya. Biasanya mereka membutuhkan seseorang yang tepercaya untuk menjaga anak di saat mereka bekerja.

Usaha day care atau penitipan anak dapat Anda coba untuk memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Dengan membuka day care, cukup promosikan ke tetangga-tetangga, melalui broadcast chat dan promosi via media online, maka dengan sendirinya pelanggan akan berdatangan.

Tips dalam membuka usaha day care, jangan lupa untuk sediakan ruangan kosong di rumah agar menjadi tempat bermain anak. Sertakan pula mainan edukasi, buku cerita dan segala hal yang disukai anak agar mereka merasa betah. Jangan lupa juga untuk berinteraksi dengan anak agar mereka merasa nyaman.

Baca juga : 8 Tips Terbaik Memilih Bisnis Online Tanpa Modal

Itulah beberapa peluang usaha sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga. Menjalankan sebuah usaha tentu bukanlah hal yang mudah, apalagi dalam mengatur keuangannya. Namun, saat ini Anda tidak perlu khawatir karena kini banyak tersedia software akuntansi untuk membantu mengelola keuangan bisnis.

Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda melihat kondisi keuangan perusahaan dengan mudah, cepat, aman dan nyaman. Bukan hanya itu, Jurnal juga memiliki fitur lain yang dapat membantu Anda mengelola bisnis seperti fitur stok barang, arus kas, pembuatan invoice dan lain sebagainya. Temukan info lengkapnya di sini.


PUBLISHED15 Jan 2020
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: