Karyawan freelance atau freelancer sedang marak dalam kalangan Usaha kecil Menengah (UKM) di Indonesia. Bagi mereka, menyewa freelancer meningkatkan produktivitas perusahaan tanpa memerlukan biaya yang besar, seperti biaya pelatihan, biaya makan, dan biaya transportasi. Namun pada kenyataannya menyewa freelancer memiliki kelebihan maupun kekurangannya sendiri.

Mengapa Menggunakan Freelancer?

Ada beberapa alasan bagi pelaku UKM untuk mempekerjakan freelancer. Menurut penelitian yang dilakukan, 40% dari pelaku UKM di Indonesia merasa mempekerjakan freelancer adalah penting karena freelancer memiliki keahlian untuk melakukan pekerjaan tertentu. 35% lainnya merasa kekurangan sumber daya manusia untuk mengerjakan secara internal. Sedangkan 20% sisanya merasa bahwa mereka memiliki keterbatasan biaya untuk mencari pekerja tetap. Jasa yang dibutuhkan pun beragam, seperti pengembangan website, desain dan multimedia, marketing, penulisan, dan bidang lainnya.

Kelebihan Freelancer

Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka keuntungan menggunakan freelancer adalah sebagai berikut:

  1. Hemat. Anggaran merupakan hal yang harus diatur dengan bijak oleh pelaku UKM. Dengan adanya freelancer, anggaran perusahaan mampu dialokasikan kepada penelitian dan pengembangan produk ataupun bisnis secara umum. Intensitas penggunaan freelancer pun beragam. 82% melakukannya 3x per bulan, 9% melakukannya selama 4x – 10x per bulan. Lalu 9% sisanya selama lebih dari 10x per bulan. Pengeluarannya pun bervariasi, dari 500 ribu hingga lebih dari 3,5 juta rupiah.

  2. Memiliki beberapa keahlian. Freelancer yang dapat melakukan beberapa pekerjaan sekaligus akan sangat menguntungkan perusahaan. Dengan biaya yang rendah, sejumlah proyek perusahaan dapat terselesaikan, dibandingkan dengan membayar karyawan tetap dalam divisi yang berbeda-beda.

  3. Mendapat Ide-ide inovatif. Seorang freelancer memiliki ide yang cemerlang dan produktif bagi perusahaan. Pengalamannya bekerja pada klien yang berbeda mampu membuat seorang freelancer memiliki pemikiran yang lebih kreatif dan objektif. Freelancer sangat menjaga reputasinya sehingga akan memberikan pelayanan maksimal dan ide yang berkualitas bagi klien dimana dia bekerja.

Kesulitan yang dihadapi pelaku UKM

Penggunaan freelancer tidak semudah apa yang dipikirkan. Meskipun mengurangi biaya perusahaan, ada beberapa kesulitan yang harus dihadapi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan sribulancer.com, ada beberapa kesulitan yang seringkali dihadapi pelaku UKM dalam mempekerjakan freelancer. Hal ini tentunya akan mempengaruhi produktivitas usaha Anda. Berikut ini diantaranya:

  • Komunikasi. Perbedaan tempat bekerja menjadi penyebab utama sulitnya berkomunikasi dengan freelancer. Anda akan semakin sulit mengontrol kinerja freelancer Anda jika mereka berada di kota atau bahkan negera yang berbeda.

  • Waktu penyelesaian. Freelancer belum tentu dapat menyelesaikan tugasnya tepat waktu. Seorang freelancer tidak hanya mengerjakan tugas dari Anda saja karena pekerjaannya yang beragam dengan klien yang berbeda. Banyaknya klien yang harus ditangani membuat seorang freelancer harus membagi fokusnya agar semua pekerjaannya dapat selesai. Hal ini mengakibatkan hasil yang kurang memuaskan.

  • Sistem Pembayaran. Sistem pembayaran freelancer bervariasi tergantung pada wilayah atau sistem yang diinginkan freelancer sendiri. Hal inilah yang terkadang menjadi kesulitan bagi pelaku UKM. Jika freelancer bekerja di wilayah berdekatan (satu kota misalnya), maka pembayaran dapat dilakukan dengan metode transfer atau secara langsung, sesuai dengan kontrak. Lain halnya jika freelancer tinggal di kota maupun negara yang berbeda. Pebisnis harus melakukan transfer ke bank lain atau menggunakan alat pembayaran virtual seperti paypal.

Mempekerjakan freelancer tidak selalu menguntungkan perusahaan. Sebelum mempekerjakan freelancer, sebaiknya pelaku UKM mempertimbangkan dengan seksama apakah perusahaannya benar-benar membutuhkannya. Ingatlah bahwa performa seorang freelancer akan mempengaruhi produktivitas sebuah perusahaan.

Sumber:

Sribu.com
kompasiana
medium