Jurnal Enterpreneur

Mengenal Perusahaan Sekuritas bagi Para Investor Pemula

Bagi praktisi di dunia investasi, mungkin sudah tidak asing dengan istilah perusahaan sekuritas. Namun bagi yang baru akan masuk di dunia investasi, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penjelasan tentang istilah tersebut. Dalam kaitannya dengan pasar modal, perusahaan sekuritas selalu muncul untuk menganalisis sentimen di dalamnya. Jadi sebenarnya apa yang dimaksud dengan pasar sekuritas?

Apa itu Perusahaan Sekuritas?

Perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang bergerak di bidang transaksi jual beli efek. Pada dasarnya, perusahaan ini tidak mengeluarkan efek, namun sebagai perantara investor dengan pasar modal dalam jual beli efek. Istilah efek merupakan sebuah dokumen fisik berupa saham atau obligasi yang menjadi bukti investasi seseorang. 

Baca Juga: 5 Jenis Investasi Online untuk Pemula

Di Indonesia, terdapat dua jenis perusahaan sekuritas yang beroperasi, yaitu konvensional dan syariah. Dalam aktivitasnya, suatu perusahaan sekuritas harus mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ada beberapa istilah dalam perusahaan sekuritas yang patut Anda ketahui.

Pialang, yaitu organisasi yang melakukan transaksi efek di pihak investor, seperti membeli dan menjual portofolio investasi. 

Dealer, yaitu organisasi yang membeli atau menjual efek dari portofolio mereka sendiri, kemudian ditawarkan kepada potensial investor. 

Broker Dealer, yaitu organisasi yang menggabungkan pialang dan dealer. Broker dealer akan menjadi perantara yang menyediakan layanan sekuritas seperti pemberian rekomendasi, analisis saham, dan lainnya baik bagi perusahaan maupun individu. 

Broker, yaitu pihak perantara dalam perusahaan sekuritas. Tugas broker adalah memberikan rekomendasi kepada investor terkait saham yang potensial.

11 Kesalahan Investasi Saham

Kegiatan Perusahaan Sekuritas

Pada dasarnya, kegiatan perusahaan sekuritas dibagi menjadi 2, yaitu:

1. Perantara Perdagangan Efek (Broker-Dealer)

Sebagai perantara perdagangan efek, perusahaan sekuritas bertanggung jawab pada dua hal. Yang pertama adalah pelaksanaan kegiatan jual beli efek untuk kepentingan sendiri atau orang lain. Dan yang kedua adalah pelaksanaan jual beli saham dan obligasi yang dilakukan melalui bursa efek atau di luar bursa efek. 

2. Penjamin Emisi Efek (Underwriter)

Tugas penjamin emisi efek adalah membantu calon emiten untuk melaksanakan penawaran umum saham (IPO), dengan atau tanpa kewajiban untuk membeli efek yang tidak terjual. 

Perusahaan Sekuritas Vs Perbankan Investasi

Apakah perusahaan sekuritas sama dengan perbankan investasi? Ini adalah pertanyaan yang mungkin sering membuat bingung investor pemula. Jawabannya adalah tidak, namun keduanya bisa jadi saling berkaitan. 

Tugas perbankan investasi adalah bertanggung jawab untuk membantu investor menerbitkan efek. Artinya, perbankan investasi dapat menerbitkan saham baru dalam melaksanakan perannya. Sedangkan perusahaan sekuritas hanya bertugas sebagai perantara investor dalam proses perdagangan di pasar modal.

Tips Memilih Perusahaan Sekuritas yang Tepat

Mengingat risiko investasi saham cenderung tinggi, maka Anda diharapkan untuk berhati-hati dalam memilih perusahaan sekuritas. Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih perusahaan sekuritas yang tepat.

  1. Pastikan perusahaan yang sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
  2. Lihat bagaimana track record-nya, apakah pernah tersandung kasus penipuan dan sejenisnya?
  3. Pelajari setoran awalnya, kemudian sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.
  4. Ketahui biaya yang dibebankan pada setiap transaksi.
  5. Seleksi sekuritas yang sudah memiliki fitur pelayanan lengkap agar Anda dapat memantau pergerakan saham di mana saja dan kapan saja. 
  6. Pilih sekuritas yang menawarkan berbagai kemudahan dalam setiap transaksi, karena hal tersebut akan cukup menghemat waktu Anda dalam berinvestasi.
  7. Cek kredibilitas para analis yang dimiliki oleh perusahaan sekuritas.

Sebagai investor pemula atau berencana untuk menjadi investor, Anda harus mengetahui penjelasan dasar tentang perusahaan sekuritas ini. Harapannya adalah agar Anda tidak terjebak dan melakukan kesalahan besar mengingat investasi saham memiliki tingkat risiko paling tinggi. 

Investasi di perusahaan sekuritas tak jadi satu-satunya cara meraih untung berlipat. Anda juga punya opsi meraih cuan dengan mengalirkan modal di Usaha Kecil dan Menengah (UKM), baik usaha mandiri maupun bermitra.

Sama halnya seperti investasi saham, kunci utama sukses berbisnis adalah mengelola keuangan dengan baik. Salah satu strategi pengelolaan keuangan yang tepat tentu berasal dari bantuan teknologi.

Software Jurnal by Mekari merupakan pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan bantuan pengelolaan laporan keuangan dengan lebih mudah dan praktis. Jurnal juga menyediakan berbagai fitur pendukung bisnis yang mampu mendorong perkembangan usaha Anda.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk software akuntansi online di website Jurnal. Cukup ketuk banner di bawah ini untuk mendapatkan promo kesempatan meraih diskon 20% dengan free trial 14 days dan 2x training (Minimal subscribe 6 bulan).

Banner Blog

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo