6 Ide Usaha Digital Printing yang Selalu Dicari

Digital printing merupakan inovasi di dunia percetakan. Ini merupakan teknik percetakan dari teks ataupun gambar berbasis digital yang dituangkan di berbagai media dengan proses yang instan dan waktu yang sangat cepat. Dengan semakin modernnya teknologi, usaha digital printing menjadi salah satu usaha dengan peluang yang sangat besar.

Ada banyak kelebihan yang diperoleh jika Anda memutuskan untuk memulai usaha digital printing dibanding harus dengan metode konvensional. Kelebihan usaha digital printing mempunyai kelebihan seperti proses yang lebih ringkas, waktu produksi yang lebih cepat, menghemat tenaga kerja, proses kerja yang simpel dan hasil cetak bisa dikeluarkan sesuai dengan jumlah yang diinginkan berapapun itu.

Digital printing tidak sekadar mencetak teks atau gambar di atas kertas saja. Ada berbagai media yang bisa digunakan sebagai wadah dan setiap media tersebut mempunyai prospek usahanya masing-masing. Jika Anda tertarik untuk memulai usaha digital printing, berikut beberapa ide yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis percetakan Anda.

Baca Juga: 7 Peluang Bisnis yang Menguntungkan di Cashless Society

 

Kaos

Satu dari tiga kebutuhan primer manusia adalah pakaian. Setiap hari bahkan hampir setiap waktu pakaian melekat di tubuh manusia. Sehingga permintaan terhadap pakaian tidak akan habis sampai kapan pun. Maka dari itu digital printing untuk sablon kaos bisa menjadi salah satu ide usaha yang cukup menjanjikan. Memulai usaha ini pun tidak membutuhkan modal yang sangat besar seperti yang mungkin Anda bayangkan.

Ini karena mesin yang digunakan tersedia sangat beragam, mulai dari yang terjangkau sampai yang paling mahal, mulai dari mesin untuk produksi kecil hingga produksi besar. Selain itu, usaha ini juga mempunyai permintaan pasar yang besar karena dengan digital printing, desain baju dan warna yang diaplikasikan bisa lebih bervariasi.

 

Case Telepon Genggang

Hampir seluruh orang saat ini mempunyai telepon genggam. Kebanyakan orang tidak membiarkan telepon genggamnya tanpa case untuk menghindari dari kotoran atau gesekan yang mungkin terjadi. Untuk menambah nilai aestetik dan keunikan, pemilik telepon genggam kerap memilih case dengan berbagai gambar atau tulisan. Gambar ini bisa dibuat dengan menggunakan digital printing. Banyaknya peminat membuat Anda dapat memanfaatkan digital printing case telepon genggam sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

 

Stiker

Stiker merupakah produk printing lain yang sangat laku di pasaran karena dapat difungsikan di berbagai media dan wajib ada di setiap produk percetakan. Produk stiker ada banyak seperti stiker untuk mobil, motor, sepeda, helm, kaca, dinding, telepon genggam dan lain sebagainya yang kerap dibutuhkan sebagai penghias.

Karena konsumennya berasal dari berbagai latar belakang dan kebutuhan, peluang usaha stiker ini sangat besar dan mempunyai prospek yang cukup menjanjikan. Ditambah lagi dengan peralatan sederhana dan modal yang tidak terlalu besar membuat bisnis ini lebih mudah untuk dicoba.

 

Souvenir

Ada berbagai macam jenis souvenir baik untuk koleksi sendiri atau untuk keperluan acara seperti pernikahan, acara kantor dan lain sebagainya. Souvenir bisa didapatkan dari barang-barang seperti mug, piring, tumblr, tas, payung dan lain-lain yang disulap dengan sangat menarik menggunakan digital printing.

Dengan semakin banyaknya acara yang digelar, semakin banyak juga kebutuhan terhadap souvenir, begitu pulalah peluang usaha digital printing akan terus berjalan. Anda bisa memanfaatkan ini untuk dijadikan peluang usaha yang menjanjikan.

 

Undangan

Walaupun kini sudah banyak ditemukan undangan berbentuk digital, namun undangan cetak masih mempunyai peminatnya sendiri dan masih banyak digunakan untuk mengundang kerabat dan rekan. Bahkan permintaan undangan cetak untuk berbagai jenis acara pun kini semakin meningkat. Bagi Anda yang mencari peluang usaha di bidang digital printing, jasa cetak undangan bisa menjadi peluang yang cukup besar.

Di awal-awal Anda bisa menyediakan blanko dengan berbagai desain dan tinggal mencetak isi undangan dengan printer biasa. Semakin lama bisa ditingkatkan dengan membeli pencetak undangan sendiri. Mesin ini pun bisa Anda manfaatkan untuk membuat kartu nama yang saat ini banyak dipergunakan oleh pihak-pihak profesional.

 

Media Promosi

Salah satu jenis usaha digital printing lain yang direkomendasikan untuk Anda adalah jasa cetak media promosi seperti  banner, spanduk, baliho, flyer, pamflet dan lain sebagainya. Bidang ini sangat menjanjikan karena tidak sekadar untuk promosi, media seperti ini juga dibutuhkan pelaku non-bisnis untuk berbagai kebutuhan. Apalagi jika memasuki masa kampanye, maka usaha ini akan mendapatkan untung yang cukup tinggi.

 

Itulah 6 ide usaha digital printing yang masing-masingnya menguntungkan untuk Anda. Anda bisa memulai dari satu ide dengan mesin yang tidak terlalu mahal dan rumit. Jika telah berkembang, Anda bisa meng-upgrade mesin untuk produksi yang lebih banyak dan modern. Karena mesin yang lebih besar biasanya dibanderol dengan harga yang mahal, maka usahakan untuk merawat mesin tersebut agar tetap awet.

Baca juga: Tingkatkan Profit Bisnis dengan Memanfaatkan Aplikasi Penjualan

 

Bila Anda telah menentukan akan berbisnis digital printing apa, jangan lupa untuk mencatat setiap transaksi keuangan bisnis. Untuk mengelola keuangan bisnis, Anda dapat mempercayakannya pada software akuntansi Jurnal. Dapatkan informasi lengkapnya di sini dan daftarkan bisnis Anda sekarang juga!

 

[adrotate banner=”19″]


PUBLISHED28 Oct 2019
Desra
Desra

SHARE THIS ARTICLE: