Jenis Industri Kreatif beserta Pengertian dan Contohnya

Industri kreatif ini memiliki kaitan erat dengan bisnis atau usaha yang melibatkan pemikiran yang out of the box. Dewasa ini industri kreatif semakin gencar dijalankan oleh berbagai kalangan termasuk pemerintah Indonesia.

Industri kreatif mampu dianggap mendorong roda perekonomian terutama UKM untuk negara sekaligus menjadi wadah berekspresi untuk banyak orang.

Nah, untuk memahami apa itu jenis industri kreatif secara lebih jelas, mari bahas terlebih dahulu mengenai pengertian industri kreatif.

jenis industri kreatif

Pengertian Industri Kreatif

Pengertian industri kreatif secara umum adalah segala proses penciptaan, kreativitas, ide, dan gagasan dari seseorang atau kelompok yang kemudian dapat menghasilkan karya atau produk setelahnya. Industri kreatif itu sendiri merupakan penggabungan dari dua kata, yakni industri dan kreatif.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, industri merupakan kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, sedangkan kreatif adalah kata sifat yang mencerminkan bahwa seseorang atau kelompok terkait memiliki daya cipta dan kemampuan untuk menciptakan.

Kreativitas yang dihasilkan oleh seseorang atau kelompok tersebut nantinya diharapkan dapat membantu pertumbuhan ekonomi serta dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat yang membutuhkan.

Maka dari itu, industri kreatif merupakan bidang penting yang harus terus dikembangkan seiring berjalannya waktu dan perlu dibangun bersama-sama dalam perkembangannya karena merupakan salah satu penopang perekonomian negara.

Industri kreatif adalah berbagai kegiatan ekonomi yang dihasilkan dari buah pemikiran atau ide berdasarkan talenta, skill dan juga ke kreativitas di tiap individu.

Jadi, bisa dikatakan bahwa jenis industri kreatif tidak hanya produk yang hadir secara fisik saja. Namun, produk seperti jasa bisa dibilang sebagai jenis industri kreatif asalkan memiliki andil dalam pergerakan roda ekonomi.

Jenis industri kreatif ini amat sangat bergantung pada mutu sebuah SDM, karena hasil pemikiran kreatif hanya bisa muncul dari individu yang memiliki akal dan kemampuan bernalar.

Itulah mengapa ketika terjun ke dalam industri kreatif, Anda akan bertemu dengan berbagai individu cerdas yang memiliki skill mumpuni dan ide cemerlang.

Karena berkaitan dengan kekreativitasan ini lah sebuah industri kreatif harus selalu dituntut inovatif tanpa mengesampingkan fungsionalitas produknya.

Pengertian Menurut Ahli

Menurut Simatupang, industri kreatif adalah industri yang mengandalkan keterampilan, talenta dan kreativitas yang berpotensi dalam meningkatkan kesejahteraan.

Menurut Departemen Perdagangan RI tahun 2009, industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan keterampilan, kreativitas, dan bakat yang dimiliki individu dalam menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan.

Industri ini akan berfokus untuk memberdayakan daya cipta dan daya kreasi suatu individu.

Menurut UK DCM Task Force: 1998, industri kreatif adalah industri yang berasal dari kreativitas individu yang secara potensial mampu untuk menciptakan kekayaan dan lapangan pekerjaan melalui eksploitasi dan pembangkitan daya cipta dan kekayaan intelektual individu tersebut.

Menurut Howkins, industri kreatif adalah industri yang mempunyai ciri-ciri keunggulan pada sisi kreativitas dalam menghasilkan atau menciptakan berbagai desain kreatif yang melekat pada produk barang atau jasa yang dihasilkan.

Jenis Industri Kreatif dan Contohnya

Industri kreatif tergolong ke dalam beberapa jenis dan bisa dibilang cukup bervariasi. Dari jenis industri kreatif tersebut, Anda dapat mengembangkannya menjadi sebuah usaha yang bermacam-macam.

Mari bahas satu persatu, apa saja jenis industri kreatif ini.

1. Industri Periklanan

Industri periklanan tentu saja masuk ke dalam sub-kategori dari industri kreatif karena untuk membuat iklan engaging, produser memerlukan ide yang brilian.

Ambil contoh iklan dari Ramayana, toko pakaian yang cukup tenar di Indonesia, yang dibuat untuk promosi saat lebaran tahun 2018 lalu.

Diproduseri oleh Dimas Djayadiningrat, iklan tersebut dikemas secara brilian tanpa melupakan unsur terjangkaunya harga pakaian di Ramayana.

Proses melahirkan iklan yang membekas di benak masyarakat tersebut tidaklah mudah. Sang produser harus melalui proses brainstorming.

2.  Usaha Kerajinan Tangan

Membentuk prakarya bukan hanya sekadar membentuk. Proses dari awal sehingga terciptanya sebuah kerajinan tangan itu cukup panjang.

Di mulai dari isu lingkungan sekitar, lalu dibawa ke dalam pemikiran sehingga melahirkan suatu karya yang bermanfaat dan juga memiliki nilai jual.

Tak jarang juga, barang yang diproduksi melalui tangan-tangan terampil ini memiliki nilai filosofisnya tersendiri yang juga tidak kalah menjual.

3.  Arsitektur

Ilmu eksakta digabungkan dengan ide kreatif akan menghasilkan sebuah desain rumah atau bangunanan apapun.

Ini mengapa hasil rancangan arsitektur pun dapat disebut juga sebagai mahakarya, karena sang arsitek mencurahkan ide kreatifnya sembari mengira-ira apakah idenya tetap fungsional.

Keterlibatan unsur ide kreatif ini lah yang akhirnya membuat arsitektur masuk ke dalam sub kategori industri kreatif.

4.  Pertunjukan Seni

Pertunjukan seni itu sendiri sudah sangat mencerminkan bagaimana cipta, rasa dan karsa dapat dibentuk menjadi sesuatu yang dapat dinikmati oleh manusia.

Bersifat menghibur bukan berarti pertunjukan seni adalah hal yang remeh untuk menggerakkan roda perekonomian.

Malah untuk daerah yang bertumpu pada bidang pariwisata biasanya cukup bergantung pada pertunjukan seni ini.

5.  Industi IT dalam Software Interaktif

Software interaktif ini tidak hanya sebagai sarana hiburan. Fungsi dari software interaktif bisa melebar juga untuk sarana edukasi.

Untuk menciptakan sebuah software edukasi, tentunya developer atau pengembang harus mencurahkan ide kreatifnya agar software tersebut tidak hanya berfungsi dengan baik, namun juga menarik.

Untuk memahami mengapa developer software bisa dibilang termasuk memiliki andil dalam industri ini, Anda bisa membaca artikel mengenai UI/UX designer.

6.  Dunia Film dan Video

Industri film dan pembuatan video menjadi wadah ide kreatif bagi kreator konten maupun produser film. Film dan video bisa digunakan sebagai media edukasi dan juga bisa menghidupi sektor lain, loh.

Ambil contoh bagaimana produksi film di suatu tempat dapat mengubahnya menjadi tempat tersebut menjadi wisata, menghidupi UMKM sekitarnya dan lain-lain.

7.  Seni Musik

Menciptakan musik bisa menjadikannya sebagai wadah berekspresi sekaligus juga media promosi suatu negara.

Seperti Korea Selatan, Amerika dan Jepang di mana industri musiknya maju dan bisa menembus pasar internasional.

Tak jarang juga artis Indonesia mulai go international seperti Afgan dan Agnez Mo, membantu Indonesia dalam memutar roda perekonomian dengan bermusik.

8.  Desainer Fashion

Baju-baju yang cantik dan menarik adalah buah pemikiran desainer yang brilian. Dari sebuah baju, terdapat pesan dan cerita.

Tanpa adanya talenta dan ide kreatif serta inovasi dari desainer fashion, gaya berpakaian akan begitu-begitu saja.

Pagelaran fashion pun juga akan terasa hambar bisa karya yang dihasilkan tidak memiliki unsur kreativitas di dalamnya.

9.  Industri Publishing/Percetakan

Usaha percetakan mengambil andil juga di dalam berjalannya sebuah industri kreatif. Buku-buku yang memuat hasil pemikiran individu maupun kelompok bisa Anda temukan di sebuah usaha percetakan.

Tanpa usaha percetakan menyebarkan ide brilian dari individu atau kelompok tertentu pastinya menjadi sedikit terhambat.

10.  Industri Gaming

Gaming tidak hanya sekadar bermain, namun juga menikmati walk-through maupun jalan cerita yang menarik untuk dimainkan.

Ada kalanya game juga bisa menstimulasi pemikiran orang-orang yang memainkannya dan juga membuat lingkaran pertemanan meluas.

Bisa dikatakan industri kreatif dari gaming ini bisa didapatkan dari sisi pembuat game maupun dari sisi pemain.

11. Media Pertelevisian

Pertelevisian juga menjadi salah satu andil dalam membentuk pemikiran pemirsanya. Selain itu, acara-acara televisi menjadi wadah orang-orang dengan ide-ide cemerlang yang ingin menghibur sekaligus mengedukasi masyarakat luas.

12. Kesenian dan Produk Antik

Produk antik dan kesenian tentunya tidak bisa luput dari jenis usaha dari industri kreatif. Banyak seniman yang mencurahkan isi hati dan pikirannya ke dalam seni termasuk mengapresiasi brang-barang antik. Barang bernilai seni tinggi, tentu saja akan menghasilkan nilai yang tinggi juga.

13.  Media Radio

Seperti halnya televisi radio bisa dijadikan salah satu sarana industri kreatif. Dari memainkan musik hingga membuat segmen bincang ringan dan berat bisa dilakukan melalui siaran radio.

14. Seni Desain

Desain grafis dan visual tentu saja termasuk di dalamnya, tidak ada orang yang tidak kreatif di sini.

Sebagai desainer, mereka dituntut untuk selalu berinovasi menciptakan suatu desain yang fungsional dan dapat dinikmati hasilnya.

15. Usaha Kuliner

Makanan bisa dijadikan sebagai media menuangkan kreativitas. Contoh dari pengaplikasian industri ini ke dalam dunia kuliner adalah fine dining 71st Omakase. Baca juga bagaimana software akuntansi pembukuan membantu restoran dan cafe.

jenis industri kreatif

Contoh Industri Kreatif

Industri kreatif atau bidang usaha tempat segala kegiatan yang menghasilkan sebuah karya juga memiliki beberapa contoh karya yang dihasilkan. Beberapa karya dari industri kreatif tersebut mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah contoh industri kreatif.

1. Produksi kain batik

Batik merupakan salah satu kain tradisional asal Indonesia yang sudah diketahui oleh banyak negara dan keberadaannya mendunia. Dalam produksi kain batik, tentunya terdapat banyak proses yang harus dilalui.

Proses produksi kain batik hingga menjadi produk yang siap dipasarkan pun tentunya membutuhkan banyak kesabaran dan kreativitas.

2. Proses pembuatan film

Proses pembuatan film merupakan tahapan yang cukup panjang, dari mulai menciptakan ide, membuat cerita, penulisan naskah, perekaman, penyuntingan, hingga akhirnya suatu film dapat diputarkan kepada penonton.

Produk yang dihasilkan berupa film merupakan buah dari kreativitas pihak-pihak terkait dalam setiap prosesnya.

3. Pagelaran wayang atau sendratari

Pagelaran wayang merupakan pertunjukan drama tradisional yang menampilkan lakon wayang berdasarkan latar belakang kisah tokohnya masing-masing, sedangkan pagelaran sendratari pementasan beragam kesenian berupa drama, tarian, hingga musik dengan berbagai kisah sebagai latarnya. Keduanya merupakan contoh industri kreatif yang kental dengan budaya Indonesia.

4. Percetakan buku

Percetakan buku merupakan salah satu contoh dari sebuah industri kreatif di mana proses produksinya melibatkan produksi tulisan dan gambar secara massal. Produk yang dihasilkan dalam bidang percetakan buku bukan hanya buku, namun juga seperti brosur, flyer, majalah, undangan, dan lain-lain.

5. Peragaan busana

Peragaan busana merupakan kegiatan atau acara yang biasanya diadakan oleh para perancang busana untuk menunjukan dan memperkenalkan karya-karyanya kepada masyarakat luas.

Proses dalam peragaan busana merupakan salah satu kegiatan yang membutuhkan kreativitas karena menyangkut banyak pihak, mulai dari perancang busana, model, penyedia produk-produk fashion hingga penunjang busana.

6. Kreator konten

Kreator konten merupakan salah satu pekerjaan yang saat ini banyak digeluti dan hampir selalu dibutuhkan dalam setiap sektor industri kreatif.

Seorang kreator konten bertugas untuk menciptakan berbagai materi konten dalam bentuk tulisan, gambar, video, hingga suara mau pun gabungannya. Dalam menjalani setiap proses menjadi seorang kreator konten, dibutuhkan banyak kreativitas dan ide-ide yang cemerlang.

Manfaat Industri Kreatif

Industri kreatif merupakan salah satu bidang yang menjadi penopang perekonomian negara. Industri kreatif di Indonesia juga tidak hanya memiliki jenis yang beragam, namun juga memiliki segudang manfaat untuk masyarakat dan negara.

Manfaat utama industri kreatif ialah menumbuhkan kreativitas dan inovasi dari setiap pelaku bisnis. Hal tersebut juga didukung dengan keadaan Negara Indonesia dengan banyaknya sumber daya manusia khususnya dalam usia kerja produktif.

Sebagai sarana penopang perekonomian negara, industri kreatif juga semakin diperhatikan dengan baik oleh negara. Industri kreatif juga diharapkan dapat menjadi salah satu bidang terbesar untuk mengembangkan industri saat ini.

Karena pentingnya keberadaan industri kreatif ini, maka tidak mungkin untuk menggantungkan banyaknya sektor terhadap alam.

Mengingat sumber daya alam yang sifatnya terbatas, negara Indonesia juga harus mengambil langkah dan tindakan yang tepat dalam mengembangkan industri kreatif tanpa mengurangi sumber daya alam yang semakin hari semakin menipis.

jenis industri kreatif

Kebijakan Pemerintah Mengenai Industri Kreatif

Pentingnya keberadaan industri kreatif membuat pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan wajib untuk menjadikan industri kreatif tetap berkembang dengan baik. Berikut adalah beberapa kebijakan pemerintah guna meningkatkan industri kreatif di Indonesia.

1. Mengintegrasikan Aset dan Potensi

Kebijakan pemerintah yang pertama dalam bidang industri kreatif ini ialah mengintegrasikan asset dan potensi pengembangan kreativitas. Pengelolaan aset yang dimaksimalkan dapat menjadi sumber modal dalam industri kreatif ini.

Dengan mengintegrasikan aset dan potensi kreativitas seseorang, masyarakat akan senantiasa untuk turut terjun secara langsung dan berlomba-lomba untuk menghasilkan kreativitas-kreativitasnya.

2. Mendorong Inovasi dan Kreativitas

Ide-ide dan inovasi yang cemerlang sudah sepatutnya didukung oleh pemerintah dengan bentuk penyediaan modal hingga fasilitas untuk merealisasikan kreativitas tersebut.

Karena hal tersebut, para pegiat bisnis akan terus terdorong untuk menciptakan inovasi dengan berbagai kreativitasnya untuk menghasilkan sesuatu.

Ide-ide tersebut tidak jarang mengundang persaingan antar rekan usaha. Namun, hal tersebut juga yang membuat masyarakat semakin terdorong untuk menciptakan inovasi yang out of the box.

3. Membentuk Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif)

Membentuk Badan Ekonomi Kreatif atau yang biasa disebut dengan bekraf merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah dalam memperkuat bidang industri kreatif.

Bekraf merupakan salah satu institusi yang dibentuk presiden dengan tujuan untuk memberikan wadah atau fasilitas bagi orang-orang yang memiliki ide dan kreativitas untuk direalisasikan.

Keberadaan institusi Bekraf juga dapat mendorong masyarakat untuk terus menghasilkan inovasi-inovasi baru hingga menjadi sebuah karya.

Institusi ini juga merupakan salah satu bentuk kebijakan pemerintah yang dapat meningkatkan perekonomian negara karena menghadirkan ide-ide yang segar.

4. Regulasi dan Mendukung Kreativitas

Regulasi dan mendukung kreativitas anak bangsa merupakan salah satu kewajiban pemerintah. Kreativitas memang sejatinya harus diregulasi dan didukung, salah satu caranya ialah dengan memberikan perlindungan terhadap hak cipta kepada para pencipta, inovator, hingga pelaku bisnis.

Hal tersebut karena kreativitas seseorang merupakan komoditi ekonomi yang dapat diperjual belikan.

Tanpa adanya regulasi dan dukungan dari pemerintah, kreativitas tersebut dapat hilang dan pindah tangan karena bentuknya yang tidak terwujud.

Di Indonesia itu sendiri, sudah terdapat regulasi dengan dibentuknya undang-undang perlindungan hak cipta dan hak intelektual.

Saat ini terdapat rekomendasi software akuntansi terbaik untuk beragam industri kreatif. Terlebih lagi adanya fitur aplikasi stok gudang hadir membantu industri kreatif masa kini. Coba Jurnal.id sekarang, gratis coba!

Kategori : Industri

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo