Jurnal Enterpreneur

5 Peluang Bisnis Kreatif yang Belum Banyak diketahui Orang

Tidak semua orang memiliki sense of business atau kepekaan bisnis. Kebanyakan orang hanya meniru apa yang sudah ada di depan mata. Ide yang sederhana bukan berarti tidak bisa mencapai kesuksesan, namun ide yang unik sekaligus kreatif bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Dengan menjalankan usaha tersebut tentu saja Anda memiliki pesaing yang minim sehingga bisnis tersebut bisa berkembang dengan cepat. Nah, berikut ini adalah 5 contoh ide bisnis unik dan kreatif yang dapat menginspirasi Anda. Simak selengkapnya dibawah ini :

1. Bisnis Semangka berbentuk Kotak

Berawal dari keluhan para pembeli yang susah untuk menyimpan semangka, Petani dari wilayah selatan zentsuji, Jepang mulai berpikir untuk mengembangkan semangka berbentuk kotak. Dan hasilnya pada tahun 2001, semangka berbentuk kotak ini mulai booming. Budidaya semangka kotak pun kini sampai ke Indonesia, mulai banyak petani semangka yang ikut membuat jenis buah ini. Diantaranya di daerah kabupaten Barru Sulawesi Selatan, para Petani disana sukses membudidayakan semangka kotak dari tahun 2012 hingga kini.

2. Bisnis Kotoran Kelelawar

Kita seringkali tidak peduli pada nilai kotoran hewan. Padahal, kandungan senyawa organik yang ada pada kotoran itu bisa diolah menjadi pupuk. Seperti kotoran kelelawar bisa menjadi pupuk yang menggantikan peran pupuk kimia, seperti urea dan NPK. Kotoran mamalia yang bisa terbang ini, mengandung senyawa organik, seperti nitrogen, fosfor, dan potasium yang sangat bagus untuk mendukung pertumbuhan, merangsang akar, pembungaan, serta memperkuat batang tanaman. Bisnis ini cocok untuk Anda yang ingin menggeluti bisnis dalam bidang pertanian di Indonesia yang merupakan negara agraris.

3. Bisnis Teh dari Bahan Kotoran Panda

Ini merupakan salah satu ide bisnis yang paling terunik, bagaimana tidak kalau diatas kotoran menjadi pupuk dan bisnis yang ini kotoran dijadikan teh. Terlebih lagi ini merupakan teh termahal didunia. Di industri kopi, kopi luwak yang dianggap kopi termahal di dunia dan terpopuler. Namun, ada yang lebih mahal yaitu Teh Panda, dari kota Ya’an, provinsi Sichuan, China. Segelas teh panda harganya mencapai US$210 atau sekitar Rp1,9 juta. Dikarenakan proses pembuatannya yang lama, sehingga membuat teh ini menjadi teh termahal didunia.

4. Bisnis Udara Segar Kalengan

Siapa yang akan menyangka bahwa udara bisa dijadikan uang. Seorang mahasiswa bernama Antoine Deblay, mencoba membuat sebuah ide kreatif dalam dunia bisnis. Dalam hiruk pikuknya dunia perkotaan, terkadang udara bersih sulit didapatkan, terbersik sebuah ide nyeleneh dari mahasiswa yang masih berusia 22 tahun ini. Membuat sebuah produk udara yang dikemas dalam sebuah kaleng, yang mana udara tersebut diambil dari daerah pedesaan yang masih segar. Mungkin Anda bisa mengemas udara dari pedesaan yang masih bersih dan segar untuk dijual ke kota besar yang sudah penuh dengan polusi udara.

5. Bisnis Celana Dalam Anti Bau

Seorang pengusaha di Australia telah mengembangkan pakaian dalam untuk pria yang mampu memerangkap bau. Sepasang celana bebas bau ini dibanderol dengan harga $25-$35 dengan merek 4SKINS secara online. Dikembangkan pada tahun 2010 oleh Gilbert Huynh, pakaian dalam ini menggunakan teknologi nano untuk mencegah bau melewati kain.

Itulah beberapa ide bisnis yang belum banyak diketahui orang banyak yang bisa dijadikan peluang bisnis. Ide bisnis tersebut tercipta dengan konsep-konsep yang unik, yang bahkan kita sendiri akan menganggapnya sebagai sesuatu hal yang tidak masuk akal. Namun ide-ide unik tersebut mampu menghasilkan kesuksesan besar, maka dari sekarang pikirkan sebuah ide bisnis yang unik untuk usaha yang ingin anda jalankan.

Kreativitas dan kepekaan terhadap keresahan di masyarakat merupakan kunci untuk mendapatkan ide bisnis yang kreatif sekaligus out of the box. Kendati demikian, ide bisnis yang cemerlang saja tidak cukup untuk mewujudkan angan memiliki bisnis yang unik. Setelah memiliki kreativitas, maka modal selanjutnya adalah berani mengambil keputusan untuk merealisasikan ide tersebut secara nyata.

Mengambil keberanian untuk terjun ke dunia bisnis dan mewujudkan ide-ide Anda memang tidaklah semudah kedengarannya. Keberanian untuk merealisasikan ide bisnis Anda juga berarti kesiapan untuk mematangkan ide tersebut sehingga mampu menarik pelanggan dan membuat bisnis berjalan dengan lancar. Karena itu, persiapkanlah konsep bisnis Anda sematang mungkin seraya mempertahankan kegigihan untuk memulai bisnis. Selamat mencoba.

Baca juga: 6 Bisnis Kreatif yang Menguntungkan Bagi Ibu Rumah Tangga

Baca juga: 6 Bisnis Kreatif yang Bisa Dilakukan Mahasiswa

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo