Inspirasi Peluang Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

Dalam ranah peluang usaha, ternyata ide yang hebat saja bukan jaminan untuk menjadi pengusaha yang berhasil. Namun kerja keras dan ketekunanlah yang dapat menentukan nasib pengusaha menjadi sukses. Hingga saat ini, sudah ada berbagai jenis usaha yang dapat dikembangkan. Namun bukan berarti semua jenis peluang usaha dapat bertahan lama, karena semua tergantung dari cara pengelolaannya. Tidak sedikit usaha atau bisnis yang gulung tikar di tengah jalan karena tergerus perkembangan zaman. Apalagi jika konsep bisnis yang dibangun lemah dan tidak mampu bertahan dalam tingginya persaingan. Apabila usaha dikelola dengan baik, dijalani dengan konsisten dan memiliki konsep yang menarik, maka akan menjadi usaha yang menjanjikan di masa depan.

Untuk bertahan hidup, sebuah bisnis harus mampu beradaptasi dan terus berinovasi. Riset pasar dan juga produk harus dikembangkan agar bisnis tetap berkembang dan selalu ada hal yang baru dalam sebuah usaha. Dengan mengikuti perkembangan jaman, sebuah bisnis akan berkesempatan untuk terus berkembang dan bertahan lama.

Oleh karena itu, agar bisnis dapat berkembang dan bertahan lama maka pilihlah bisnis yang menjanjikan dan memiliki potensi besar hingga ke masa depan. Pertanyaannya, jenis usaha apa saja yang memiliki peluang yang bagus dan mudah dalam pengelolaannya?

Inspirasi Peluang Usaha yang Menjanjikan

Inspirasi Peluang Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan 1. Bisnis Dropship

Di era digital, semua orang dengan mudah menjual dan membeli barang pada marketplace dan terintegrasi dalam satu platform. cara yang dilakukan untuk menjalankan bisnis dropship dengan hanya mengunduh barang yang akan dijual pada marketplace dan jika orang tertarik dengan barang tersebut yang dilakukan selanjutnya adalah mencari supplier yang mampu menyediakan barang tersebut.

2. Bisnis Fashion dan Aksesoris

Bisnis fashion memang sudah lama ada, namun bisnis ini selalu up-to-date dan mengikuti perkembangan zaman. Dengan selalu mengikuti perkembangan, maka produk fashion dan aksesoris Anda akan selalu dicari dan diminati pelanggan. Selain itu, bisnis ini tidak hanya melulu soal fashion yang mengikuti tren gaya lifestyle terkini. Namun bisa juga bisnis pakaian okasional seperti haji dan umrah, bisnis baju seragam sekolah, hingga bisnis baju pengantin, jilbab, dan lainnya.

3. Bisnis Kecantikan

Bagi kebanyakan orang terutama perempuan kecantikan adalah kebutuhan. Kecantikan saat ini tidak hanya dibutuhkan untuk keperluan seremonial saja, namun pada event-event tertentu kecantikan juga dibutuhkan seperti meeting, seminar, pameran dan juga pertemuan-pertemuan khusus. Hal ini menjadi peluang bisnis bagi para pelaku yang memiliki kemampuan mempercantik diri (make-up) di masa depan.

4. Bisnis Barang-barang Koleksi

Istilah pekerjaan terbaik adalah pekerjaan yang Anda suka sepertinya tepat untuk menggambarkan bisnis ini. Jika Anda gemar mengoleksi barang-barang seperti tas, sepatu, mainan, atau barang-barang vintage, hal tersebut bisa menjadi investasi Anda untuk membuka bisnis di masa depan. Biasanya, barang koleksi terutama jika barang tersebut langka dan sudah tidak diterbitkan lagi memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Untuk menjual barang-barang koleksi, yang perlu dilakukan adalah berinteraksi dengan komunitas serupa dan juga menetapkan segmentasi pasar yang sesuai dengan barang yang akan dijual.

5. Bisnis Penyewaan Perlengkapan Multimedia

Tren menjadi vlogger, youtuber, selebgram, dan lain sebagainya membuat orang awam lebih akrab dengan dunia fotografi dan video. Sehingga permintaan terhadap perlengkapan multimedia akan selalu ada di masa mendatang seiring besarnya pasar bisnis hiburan digital. Anda dapat menyewakan berbagai macam kamera beserta dengan perlengkapannya. Cara memasarkan bisnis ini adalah dengan meng-gaet komunitas dan para kreator, serta memberi edukasi tentang peralatan multimedia.

6. Bisnis Pembuatan Website

Saat ini banyak tumbuh usaha-usaha kecil menengah yang pastinya membutuhkan akses konsumen kepada produk-produk yang dijual salah satunya melalui websiteWebsite juga bukan hanya dibangun namun butuh perawatan (maintenance). Perusahaan-perusahaan besar juga saat ini membutuhkan pihak yang mampu merawat website-nya. Hal ini menjadi peluang bisnis bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam membuat maupun merawat website.

7. Bisnis Laundry

Saat ini orang sulit memiliki waktu untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan rumah tangga, salah satunya adalah mencuci pakaian. semakin berkembangnya industri, waktu yang diluangkan untuk hal lain semakin sedikit sehingga peluang untuk membuka bisnis jasa pengurusan rumah tangga salah satunya laundry menjadi pilihan yang tepat.

Baca juga: 5 Peluang Usaha yang Perlu Anda Coba di Tahun 2020

Langkah-langkah Menjalankan Usaha

Inspirasi Peluang Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

Dalam menjalankan sebuah peluang usaha, sebenarnya Anda dapat mengukur apakah usaha yang akan Anda jalankan akan sukses atau tidak. Anda hanya perlu menyusun sebuah strategi untuk melakukan suatu prediksi tertentu. Ada beberapa langkah menjalankan usaha yang dapat Anda terapkan. Apa saja?

1. Peka Terhadap Minat dan Keinginan Target Pasar

Hal penting pertama yang perlu Anda ketahui sejak awal adalah minat dan keinginan pasar. Anda dituntut untuk peka terhadap apa yang sedang happening atau viral saat ini dan apa yang selalu disukai masyarakat. Ada dua hal yang dapat Anda pilih saat memutuskan sektor bisnis yang ingin dijalankan. Yang pertama adalah apa yang sedang happening alias viral. Dan yang kedua, Anda memilih produk atau jasa yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Jika Anda memilih produk atau jasa yang selalu dibutuhkan, Anda harus pintar untuk selalu tampil stand-out dibandingkan kompetitor.

2. Memilih Bisnis yang Jarang tetapi Dibutuhkan Target Pasar

Selain memilih jenis usaha yang sedang viral, strategi untuk memilih lini bisnis yang menjanjikan juga dapat Anda tentukan berdasarkan jenis bisnis yang belum ada. Tetapi, jenis bisnis yang masih jarang atau belum ada tersebut harus jenis bisnis yang tetap dibutuhkan oleh masyarakat. Anda dapat memilih beberapa bisnis yang anti-mainstream dengan target pasar yang spesifik.

3. Mengamati Kompetitor yang sudah Ada

Ketika Anda memikirkan peluang usaha tertentu, maka Anda perlu melihat kompetitor yang sudah ada. Mengamati kompetitor tidak hanya berguna untuk menjadi benchmark Anda untuk menghadirkan sesuatu yang lebih baik. Namun lebih dari itu, dengan melihat bagaimana perjuangan kompetitor, maka Anda dapat melihat apakah bisnis tersebut menjanjikan atau tidak.

4. Mempelajari Kebiasaan Calon Target Pasar atau Konsumen

Tidak hanya memahami apa yang disukai oleh calon konsumen, namun Anda juga perlu mempelajari kebiasaan mereka. Kebiasaan yang dimaksud adalah bagaimana perilaku mereka saat dihadapkan dengan produk tertentu. Kemudian, bagaimana mereka biasanya mencari produk tersebut dan lain sebagainya. Dengan memahami kebiasaan calon target pasar atau konsumen, maka Anda dapat menawarkan produk atau jasa dengan menerapkan strategi dan teknik promosi yang tepat.

5. Mengasumsikan Modal dan Profil yang Akan Dihasilkan

Selanjutnya, Anda harus membuat perhitungan awal mengenai modal yang perlu Anda siapkan untuk menjalankan bisnis. Kemudian, Anda juga perlu memprediksi profit yang akan Anda hasilkan dari bisnis tersebut. Perhitungan modal yang diperlukan mencakup modal produksi, promosi, dan beberapa biaya operasional lainnya terkait pengembangan bisnis Anda. Sementara itu, profit dapat Anda hitung berdasarkan semua sumber pemasukan yang akan Anda terima. Anda dapat menghitung kedua perhitungan tersebut, lalu memperkirakan rentang waktu yang Anda butuhkan untuk bisa balik modal dan kemudian menghasilkan keuntungan.

6. Membuat Business Plan

Semua prediksi yang sudah dijelaskan di atas selanjutnya dapat Anda tuangkan di business plan. Dengan begitu, Anda akan memiliki prediksi secara lebih terstruktur. Jika Anda memiliki partner atau calon investor, business plan tersebut akan sangat membantu Anda untuk menambah modal usaha. Melalui business plan, baik partner maupun calon investor akan lebih percaya dalam memberikan suntikan dana karena paham dengan ide bisnis Anda.

Menjalankan sebuah usaha memang dapat mendatangkan banyak keuntungan jika sukses. Tetapi nyatanya menjalankan peluang bisnis tidak semudah yang dibayangkan. Sebab menjalankan sebuah usaha atau bisnis bukanlah hal yang dapat dicapai dengan cara yang instan. Namun dibutuhkan perjuangan dan tahapan-tahapan tertentu untuk dapat menuai kejayaan dalam bisnis.

Rata-rata, bisnis akan mulai mengalami waktu kritis pada tahun kedua hingga ketiga. Biasanya, yang menjadi alasan utamanya sederhana, yaitu karena tidak bisa mempertahankan pelanggan dan tidak bisa bersaing dengan bisnis-bisnis baru yang lebih sesuai dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, saat memilih sektor bisnis, Anda dituntut untuk ekstra cermat agar bisnis yang dipilih bisa terus bertahan lama. Pilihlah sektor bisnis yang menjanjikan di masa depan agar bisnis Anda tidak hanya meraup keuntungan untuk sesaat. Tetapi juga bisa meraup keuntungan dalam waktu yang lama.

Selanjutnya, selalu amati sektor bisnis Anda. Mengikuti perkembangan jaman dan tentunya mengamati pasar akan sangat membantu bisnis Anda. Dengan semakin banyaknya kompetitor dalam sektor bisnis Anda, ini akan memberikan peluang yang lebi besar kepada usaha Anda untuk semakin memahami pasar Anda.

Jurnal menyediakan layanan software akuntansi online yang sangat cocok untuk membantu Anda dalam mengelola bisnis. Jurnal telah digunakan oleh ribuan pengguna dan terbukti aman serta handal. Dengan menggunakan Jurnal, Anda tidak perlu mengunduh atau install aplikasi di komputer. Namun Anda hanya perlu melakukan login dan mulai mengerjakan pembukuan kapan dan di mana saja. Sangat praktis dan menghemat waktu, bukan? Coba sekarang juga dan dapatkan free trial selama 14 hari.

[adrotate banner=”19″]


PUBLISHED01 Jan 2020
Rishna Maulina
Rishna Maulina

SHARE THIS ARTICLE: