Jurnal Enterpreneur

7 Dimensi Ini yang Penting Dianalisis dalam Analisis Pasar

Anda pasti familiar dengan istilah pasar. Tempat di mana penjual dan pembeli bertemu dan melaksanakan kegiatan pertukaran atau jual beli. Untuk memaksimalkan penjualan, Anda perlu melakukan analisis pasar untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat. Hasil yang diperoleh dari analisis pasar berupa informasi tentang industri, pelanggan, pesaing, dan variabel pasar lainnya. Informasi dikumpulkan dan dievaluasi untuk membuat keputusan serta strategi bisnis.

Dalam melakukan analisis pasar terdapat beberapa dimensi yang dapat dianalisis. Dimensi-dimensi ini akan membantu Anda memahami pasar dan industri bisnis:

Ukuran Pasar

Ukuran pasar merupakan faktor kunci dalam melakukan analisis pasar. Dimensi analisis pasar ini dapat diukur berdasarkan penjualan saat ini dan penjualan yang potensial. Untuk mengukur pasar terdapat beberapa sumber informasi yang bisa digunakan yakni data pemerintah, data asosiasi perdagangan, data keuangan pemain utama dan survei pelanggan.

Dalam analisis ukuran pasar, biasanya semakin besar pasar maka semakin banyak pula pesaing yang Anda miliki. Untuk mengatasainya, usahakan untuk membuat produk Anda lebih menonjol dibandingkan yang lainnya. Pertimbangkan pula harga yang Anda berikan, jangan sampai terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Jika terlalu tinggi, bukan tidak mungkin konsumen Anda berpindah kepada pesaing. Namun apabila terlalu rendah, konsumen akan beranggapan bahwa produk Anda kurang berkualitas.

Tingkat Pertumbuhan Pasar

Dengan meneliti ini dalam analisis pasar, Anda akan mengetahui bagaimana pertumbuhan dan berapa lama pasar Anda akan bertahan. Dimensi ini juga akan memberikan pertimbangan kepada Anda sebelum melakukan investasi. Jika pasar bertumbuh maka Anda dapat berinvestasi lebih banyak di dalamnya.

Untuk mendapatkan informasi ini, cara sederhana yang bisa Anda lakukan adalah meramalkan kemungkinan di masa depan dengan menggunakan data yang telah lalu. Akan tetapi, cara ini tidak memprediksi poin-poin yang penting secara lebih detail. Cara yang lebih baik adalah dengan mempelajari faktor-faktor pendorong pertumbuhan bisnis seperti informasi demografis, pertumbuhan penjualan dan lain sebagainya.

Tren Pasar

Di zaman ketika kebutuhan dan keinginan konsumen berubah sangat cepat, tren pasar menjadi bagian penting yang harus dimasukkan dalam analisis pasar. Konsumen cenderung mudah bosan dan ingin berganti dengan produk lainnya. Jika ingin mendapatkan hati konsumen maka Anda harus mengetahui tren saat ini untuk mengikuti perubahan keinginan mereka.

Mengetahui tren apa yang sedang berkembang di pasaran akan membantu Anda menentukan produk apa yang sebaiknya dijual. Untuk mendapatkan informasi ini Anda perlu mencari tahu mengenai apa yang disukai pelanggan. Selain itu juga melihat berapa banyak yang ingin mereka belanjakan, serta tren lain yang bisa menarik perhatian mereka, dan lain sebagainya. Anda juga harus mengetahui mengenai produk pasar, seperti :

  1. Jenis dan sifat barang.
  2. Kuantitas dan kualitas barang.
  3. Warna dan ukuran barang.
  4. Merek dan harga barang.
  5. Desain dan model barang.
  6. Barang-barang industri dan konsumsi.

Profitabilitas Pasar

Bisnis dibangun tentu saja dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, sebelum menjual suatu produk ada baiknya Anda menganalisis profitabilitas pasar. Jika pasar memiliki profitabilitas yang baik maka Anda dapat berinvestasi lebih banyak di sana. Namun apabila yang terjadi adalah kebalikannya, maka lebih baik urungkan untuk berinvestasi karena hanya akan membuang modal dan waktu Anda. Ada lima hal yang mempengaruhi profitabilitas pasar, antara lain kekuatan pembeli, kekuatan pemasok, hambatan masuk, ancaman produk substitusi serta persaingan antara perusahaan di industri.

Faktor Kunci Sukses

Faktor kunci sukses merupakan elemen yang diperlukan agar penjual mencapai tujuan pemasarannya. Faktor-faktor tersebut antara lain akses ke saluran distribusi, akses ke sumber daya yang unik dan penting, pemanfaatan sumber daya secara efisien, kemampuan mencapai skala ekonomi serta kemajuan menggunakan teknologi yang diadopsi.

Saluran Distribusi

Saluran distribusi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan ketika melakukan analisis pasar. Anda perlu menilai seberapa baik dan lancar saluran tersebut sehingga tidak akan menghambat distribusi dan tidak membuat Anda rugi atau mengeluarkan biaya lebih. Ada beberapa saluran yang perlu Anda perhatikan, antara lain :

  • Saluran distribusi yang ada dan dapat digambarkan oleh bagaimana langsung mereka kepada pelanggan.
  • Tren dan saluran yang baru muncul – saluran baru dapat menawarkan kesempatan untuk mengembangkan keunggulan kompetitif.
  • Channel struktur kekuasaan misalnya, dalam kasus produk yang memiliki ekuitas merek kecil, pengecer memiliki kuasa atas negosiasi produsen dan dapat menangkap margin lebih.

Struktur biaya industri akan melihat berapa banyak biaya yang diperlukan untuk kegiatan produksi, pemasaran, hingga distribusi. Dengan analisis pasar Anda dapat memperkirakan biaya-biaya tersebut sehingga Anda pun bisa mencari solusi untuk menekan biaya tersebut dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Atau dengan kata lain meneliti struktur biaya industri akan menciptakan strategi pengembangan bisnis Anda.

Itulah beberapa dimensi yang perlu dianalisis ketika Anda melakukan analisis pasar untuk mengetahui seputar industri bisnis Anda. Setelah melakukan analisis pada dimensi-dimensi ini diharapkan Anda sudah mampu memetakan bagaimana kondisi pasar yang akan dituju. Apabila telah menyelesaikan permasalahan awal ini, maka Anda dapat melangkah ke tingkat berikutnya. Yakni pengelolaan yang bertujuan untuk mempertahankan kesuksesan.

Salah satu pengelolaan yang perlu diperhatikan ialah di bidang keuangan. Kelola keuangan bisnis Anda dengan bantuan software akuntansi Jurnal. Dengan Jurnal Anda akan dengan praktis menyusun laporan keuangan yang lengkap seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Pencatatan dan laporan keuangan yang rapi dan sistematis akan memudahkan Anda dalam menentukan keputusan bisnis. Ketahui fitur serta keuntungan menggunakan Jurnal lainnya di sini.

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo