Jurnal Enterpreneur

Manfaat & Rumus Breakeven Poin yang Harus Anda Ketahui

Apa itu Break Even Point (BEP)? Apa saja manfaat serta rumus perhitungan BEP bagi usaha? Simak lengkapnya di Blog Jurnal by Mekari.

Untung dan rugi dalam usaha merupakan sebuah pilihan. Tentu saja, setiap pengusaha pasti menginginkan laba. Laba dapat diperoleh ketika jumlah pendapatan perusahaan lebih besar dari jumlah biaya yang dikeluarkan.

Namun, tidak menutup kemungkinan jika nanti hasilnya rugi, di mana jumlah beban yang dikeluarkan lebih besar dari pendapatan yang diterima dalam periode tersebut.

Untuk menghindari kerugian maka Anda perlu mengenal tentang Break Even Point (BEP).

Secara definisi, breakeven point merupakan suatu kondisi di mana jumlah pengeluaran yang diperlukan untuk biaya produksi sama dengan jumlah pendapatan yang diterima dari hasil penjualannya.

Maka dari itu, breakeven point juga dikenal dengan istilah titik impas karena perhitungan breakeven point akan membuat perusahaan tidak mendapatkan laba tetapi juga tidak mengalami kerugian.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Manfaat Break Even Point (BEP)

Selain menghindari kerugian, menghitung BEP juga memberikan banyak manfaat untuk perusahaan Anda.

Beberapa manfaat dari menghitung atau analisis breakeven point (BEP) yakni:

a. Menentukan harga jual

Salah satu sebab seorang pengusaha mengalami kerugian adalah karena pengusaha tersebut salah dalam menentukan harga jual yang terlalu rendah.

Hal tersebut akan sangat mudah dilakukan jika Anda sebagai pelaku usaha tidak memperhitungkan titik impas dari produksi Anda.

Dengan menghitung BEP, maka Anda dapat menentukan harga jual dengan mudah. Sehingga harga yang ditetapkan nantinya tidak terlalu rendah.

b. Menentukan tingkat penjualan minimal

Selain menentukan harga jual, melalui breakeven point  Anda juga dapat mengetahui berapa banyak unit yang harus diproduksi agar keuntungan yang didapatkan dapat menutup biaya yang dikeluarkan.

Berdasarkan unit yang sudah diketahui maka secara otomatis, Anda juga dapat mengetahui tingkat penjualan produk minimal yang harus dijual pada periode tersebut.

c. Pengendalian aktivitas produksi

Break even point juga dapat digunakan untuk membantu para manajer mengendalikan aktivitas produksi yang sedang berjalan.

Anda dapat menjadikan hasil perhitungan atau analisis BEP sebagai informasi dasar sebagai manfaat untuk mengatur aktivitas yang berjalan. Sehingga, kegiatan produksi dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Kelola Bisnis Makanan dan Minuman Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menghitung BEP

manfaat rumus perhitungan bep adalah

Untuk menghitung BEP ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sehingga hasil yang diperoleh akan akurat dan berguna.

Beberapa hal tersebut merupakan asumsi dasar, di mana asumsi ini harus dipenuhi jika Anda akan menghitung BEP. Adapun asumsi-asumsi tersebut yaitu:

  1. Biaya pada berbagai kegiatan dapat diperkirakan jumlahnya dengan tepat, sehingga jika terjadi perubahan produksi dapat dijabarkan menjadi perubahan tingkat biaya.
  2. Biaya-biaya yang muncul dapat dipisahkan secara jelas mana yang termasuk dalam biaya tetap dan biaya variabel. Hal ini karena analisa BEP dapat dihitung jika sebagian besar biaya merupakan biaya tetap.
  3. Tingkat penjualan sama dengan tingkat produksi sehingga tidak akan ada perubahan persediaan karena barang dianggap habis terjual.
  4. Harga jual produk diketahui sehingga tidak merubah harga di pasar.
  5. Biaya variabel setiap unit sama dengan volume produksi sehingga efisiensi perusahaan pada berbagai tingkat tidak berubah.
  6. Tidak ada perubahan kebijakan tentang biaya tetap secara mendadak.
  7. Perusahaan dianggap hanya menjual satu produk, jika kenyataannya tidak maka perlu mempertahankan penjualan campur (sales mix).

Dalam praktiknya tidak semua asumsi diatas harus dipenuhi. Hanya saja perlu suatu modifikasi tertentu sehingga perubahan asumsi tidak mengurangi validitas dan kegunaan ataupun manfaat dari analisa BEP.

Baca juga: Cara Menghitung Break-Even Point (BEP) Coffee Shop

Rumus Menghitung Break Even Point

manfaat rumus perhitungan bep adalah

Setelah mengetahui manfaat yang dapat Anda peroleh dari menghitung BEP dan beberapa asumsi untuk menghitungnya. Apakah Anda sudah mengetahui cara menghitung BEP?

Untuk menghitung BEP terdapat dua hal yang perlu diperhatikan yaitu BEP unit dan BEP penjualan. BEP unit merupakan jumlah unit produk atau barang yang harus diproduksi agar mendapatkan BEP.

Sementara BEP penjualan adalah jumlah penjualan yang harus didapatkan agar mendapatkan BEP. Adapun rumusnya sebagai berikut:

BEP (unit) = FC : (P – VC)

BEP (penjualan) = FC : [1- (VC/P)]

FC= fixed cost atau biaya tetap

VC= biaya variabel per unit

P= harga jual per unit

Untuk membantu Anda menghitung BEP secara tepat dan akurat, Anda dapat menggunakan software akuntansi Jurnal. Jurnal sebagai aplikasi akunting memberikan kemudahan untuk melakukan pencatatan dimanapun dan kapanpun.

Tidak hanya pencatatan, Jurnal juga memiliki fitur-fitur yang lengkap yang membantu Anda mengembangkan bisnis, seperti fitur pembuatan faktur otomatis, cash link, laporan keuangan, manajemen persediaan, dan lain-lain.

Informasi lebih lengkap bisa Anda dapatkan di sini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Itulah pengertian, manfaat, serta rumus perhitungan atau cara menghitung break even point (BEP). Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo