Pernah mendengar istilah ‘service marketing’? service marketing merupakan suatu proses menciptakan dan menyampaikan jasa yang dibutuhkan konsumen atau pelanggan. Dimana menarik perhatian dan mempertahankan pelanggan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan merupakan kegiatan dalam service marketing. Dengan kata lain service marketing adalah bagaimana perusahaan melakukan marketing atau pemasarannya dengan tepat untuk menarik perhatian konsumen.

 

Service marketing sangat cocok untuk diterapkan pada era bisnis sekarang. Hal ini karena service marketing sejalan dengan sistem consumen oriented (orientasi konsumen).  Yang mana produsen bukan lagi menjadi kunci penting dalam sebuah bisnis melainkan konsumen yang memegang peran dan menentukan jalannya bisnis. Service marketing dan konsumen oriented menekankan pelayanan pelanggan, karena tanpa pelanggan / konsumen maka tidak akan terjadi jual beli, jika tidak ada transaksi jual beli maka perusahaan tentu saja tidak mendapatkan laba. Untuk itulah perusahaan harus memberikan pelayanan yang berorientasi terhadap kepuasan pelanggan.

 

Sekarang pelanggan sangat mudah untuk memilih dan menentukan sebuah produk dan jasa yang mereka butuhkan sehingga perusahaan sudah tidak bisa lagi egois terhadap kepentingan perusahaan. Persaingan menjadi semakin ketat, pelanggan atau konsumen akan dengan mudah meninggalkan perusahaan / usaha bisnis yang tidak memberikan kepuasan terhadap mereka.

 

Namun, pelayanan yang sempurna tidak hanya masalah kualitas produk tetapi juga mengenai service yang diberikan. Pelanggan akan merasa dihargai dengan memberikan service / pelayanan dari perusahaan. Sehingga service merupakan salah satu pertimbangan seorang konsumen untuk membeli barang atau menggunakan jasa. Akan tetapi masalah-masalah dalam pelayanan juga banyak. Karenanya menjadi sangat penting bagi pelaku usaha untuk mengerti dan memahami mengenai service marketing. Informasi manajemen dalam hal ini memiliki peran penting dalam service marketing, yakni untuk menentukan strategi. Lalu apa saja strategi service marketing? Mari simak dalam artikel ini.

 

Karakteristik Service Marketing

Sebelum membahas mengenai strategi dalam service marketing, ada baiknya kita mengetahui karakteristik dari service marketing terlebih dahulu sehingga Anda akan memahaminya dengan baik. Adapun karakteristik service marketing adalah sebagai berikut:

 

1. Intangibility (tidak berwujud)

Seperti yang diketahui service dan barang / produk merupakan hal yang berbeda. produk dapat dilihat sementara service atau layanan  tidak dapat dilihat tetapi dirasakan.

 

2. Inseparability (tidak terpisahkan)

Pada umumnya jasa dijual dulu, kemudian diproduksi dan dikonsumsi pada waktu dan tempat yang sama.

 

3. Variability atau inconsistency (keanekaragaman)

Keanekaragaman yang dimaksud adalah service banyak hal yang membentuknya, bergantung kuantitas, kualitas, siapa, kapan diproduksi, dll.

 

4. Perishability (tidak tahan lama)

Service atau jasa ini tidak dapat disimpan atau tidak tahan lama. Dimana pada saat digunakan ya pada saat itu juga manfaatnya dirasakan.

 

5. Lack of ownership

Maksud dari karakteristik ini yaitu konsumen / pembeli mungkin hanya memiliki akses atas jasa tersebut dalam jangka waktu tertentu saja.

 

Strategi Service Marketing

Setelah mengetahui karakteristik dari service marketing, kini Anda perlu mengetahui tentang strategi service marketing. Berikut penjelasan strategi service marketing:

 

1. Memberikan pelayanan terbaik

Memberikan pelayanan terbaik merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam service marketing. Dengan memberikan pelayanan terbaik maka pada saat itu juga proses marketing atau proses jasa ini berjalan. Konsumen yang puas akan terus menggunakan service dari bisnis yang Anda jalankan dan dampaknya pendapatan perusahaan pun meningkat.

 

2. Kualitas yang sebanding dengan harga

Menentukan harga yang tinggi atau rendah sebaiknya Anda sesuaikan dengan jasa yang akan diberikan. Jika jasa yang diberikan memberikan manfaat yang besar maka tidak salah jika menerapkan harga tinggi. Sebaliknya jika manfaat yang diberikan maka sebaiknya tetapkan harga yang rendah, mengapa? Karena jika menerapkan harga tinggi maka konsumen akan pergi dan Anda kehilangan pendapatan.

 

3. Mengikuti perkembangan teknologi

Sebagai pelaku usaha / bisnis, Anda harus dapat mengikuti perkembangan teknologi. Hal ini karena adanya teknologi akan membuat pelayanan yang diberikan semakin cepat.

 

4. Kinerja sumber daya manusia yang maksimal

Untuk melakukan sebuah pemasaran atau marketing tentu membutuhkan sumber daya manusia. Sumber daya manusia harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik karena akan menawarkan jasa kepada konsumen. Jika kinerja mereka maksimal dan menarik perhatian konsumen maka pendapatan perusahaan akan meningkat.

 

Itulah informasi mengenai service marketing yang perlu Anda ketahui. Selain service marketing, Anda juga harus mengelola keuangan dengan baik untuk mengembangkan bisnis Anda. Nah, untuk memudahkan Anda menghitung dan mengelola semua keuangan yang terjadi, Anda dapat menggunakan bantuan software akuntansi seperti Jurnal. Jurnal adalah dapat membantu Anda menjalankan sistem akuntansi perusahaan Anda dengan cepat. Anda hanya perlu menginput semua transaksi, Jurnal secara otomatis akan mengolahnya menjadi laporan keuangan. Dan masih banyak fitur-fitur lain yang akan memudahkan pekerjaan dan kesuksesan bisnis Anda. Temukan info dan fitur lain dari Jurnal dengan klik disini.