Jurnal Enterpreneur

Strategi Praktis Melakukan Pemasaran Jasa

Pemasaran jasa merupakan suatu tindakan yang ditawarkan oleh pihak produsen kepada konsumen berupa jasa yang tidak dapat dilihat, dirasakan, didengarkan atau diraba, namun dapat dirasakan manfaatnya oleh konsumen. Sementara jasa merupakan tindakan atau kegiatan yang mencakup semua aktivitas yang output-nya berupa kinerja atau hasil yang diterima oleh para konsumen.

Antara pelanggan atau konsumen dan produsen atau pihak pemberi jasa mempunyai keterkaitan satu sama lain. Hal tersebut dapat terlihat di dalam nilai tambah diberikan oleh produsen atau pihak pemberi jasa kepada konsumen dalam bentuk kenyamanan, hiburan, kecepatan dan kesehatan.

Terdapat dua tujuan utama dilakukan pemasaran jasa, yaitu commercial services dan non profit services. Commercial services (profit services), yaitu jasa yang bertujuan untuk mendapatkan laba seperti pencucian mobil sedangkan non profit services, yaitu jasa yang bertujuan untuk kepentingan sosial misalnya museum.

Baca juga: Menciptakan Strategi Community Marketing dalam Berbisnis

Kunci Sukses

Agar suatu bisnis menjadi sukses dalam mengelola kegiatan usahanya, maka diperlukan beberapa faktor sebagai penunjang atau kunci untuk meraih sukses. Adapun langkah–langkah yang harus ditempuh adalah sebagai berikut:

  1. Adaptasi dan memperbarui jasa yang ditawarkan.
  2. Melokalisasi system point of service, meliputi (1) Availability is crucial, yaitu penggunaan jasa menjadi suatu hal yang penting karena jasa itu tidak bisa disimpan sehingga sebaiknya pengguna sesegera mungkin pada saat sedang dibutuhkan. (2) The news paper illustration, sebagai contoh mengenai dampak penting penyampaian produk jasa bagi konsumen dari segi sistem lokalisasi point of service adalah soal distribusi.
  3. Menyelenggarakan kontrak layanan sebagai hambatan agar karyawan tidak mudah lari. Maksudnya adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa berusaha untuk menarik dan mempertahankan konsumen dengan sistem kontrak atau memberi keanggotaan yaitu dengan memberikan member untuk berbagai fasilitas dan kemudahan-kemudahan tertentu sehingga perusahaan juga dapat menikmati keuntungan-keuntungan lainnya.
  4. Menggunakan kekuatan informasi.
  5. Menentukan nilai strategi jasa kepada para konsumen. Nilai strategi merupakan sebuah fungsi dari desain strategi bisnis dan penilaian terhadap metodologi sehingga dapat menerangkan berbagai isu yang akan timbul. Jawaban-jawaban dari isu tersebut mungkin menjadi suatu strategi yang potensial dan signifikan untuk meningkatkan bisnis dan pelayanan jasa yang diberikan oleh pihak perusahaan.

Konsep Strategi

Apa saja konsep strategi pemarasan yang perlu Anda ketahui? Berikut ulasannya:

  1. Melakukan segmentasi market agar kegiatan pemasaran fokus pada calon konsumen potensial. Pelayanan yang dilakukan karyawan dengan baik pada konsumen termasuk daya tarik tersendiri untuk konsumen karena citra perusahaan ditentukan oleh kinerja karyawan. Penentuan harga yang ditawarkan sebaiknya disesuaikan dengan manfaat yang diperoleh konsumen dari produk jasa yang diberikan.
  2. Melakukan positioning market agar Anda dapat semakin tepat dalam mendapatkan konsumen, maka sebaiknya Anda menentukan positioning yang spesifik. Hal ini dilakukan agar mendapatkan posisi yang kuat dalam pasar.
  3. Market entry strategy adalah strategi agar  bisnis bisa masuk pada segmen pasar tertentu. Cara yang dapat dilakukan seperti membeli perusahaan lain, internal development atau kerjasama dengan perusahaan lain.
  4. Marketing mix strategy merupakan kumpulan dari banyak variabel pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk dapat memengaruhi tanggapan konsumen. Berikut ini variabel pada marketing mix: Product, Price, Place, Promotion, Participant, Process, dan People Physical Evidence.
  5. Timing strategy yaitu strategi pemasaran dengan pemilihan waktu yang tepat.

Trik Pemasaran Jasa

Berikut ini adalah 5 trik pemasaran jasa untuk meningkatkan penjualan pada bisnis Anda:

  1. Mengenali konsumen atau target market. Dengan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat sesuai sesuai keinginan konsumen, hal tersebut dapat mempengaruhi konsumen untuk kembali lagi menggunakan jasa yang ditawarkan karena pada umumnya konsumen tidak suka jika menunggu terlalu lama akan pelayanan yang mereka butuhkan.
  2. Memilih lokasi yang strategis. Pemilihan lokasi yang tepat juga penting dalam strategi pemasaran jasa. Cobalah untuk mempertimbangkan lokasi yang tepat untuk mendapatkan konsumen atau pelanggan yang sesuai dengan target penjualannya.
  3. Menggunakan internet marketing yaitu melalui situs jejaring sosial seperti Facebook, Instagram dan lainnya untuk dapat menghasilkan produk jasa yang mampu memberikan suatu kepuasan yang lebih bagi konsumen. Jika teknologi yang digunakan semakin canggih, maka semakin cepat pula pelayanan yang akan diberikan untuk konsumen.
  4. Melakukan promosi offline seperti berpartisipasi di acara pameran yang sesuai dengan jenis usaha bisnis Anda. Promosi ini terbukti akan dapat meningkatkan kepercayaan pada konsumen atas eksistensi bisnis atau perusahaan Anda. Lakukan strategi promosi secara rutin dengan cara-cara yang kreatif sehingga konsumen lebih tertarik dan tidak merasa bosan.
  5. Menjalin hubungan yang baik dengan para konsumen.

Baca juga: Retargeting Ads Strategy untuk Meningkatkan Penjualan

Pada dasarnya kepuasan dan ketidakpuasan pelanggan atas pelayanan jasa berpengaruh pada pola perilaku selanjutnya. Apabila pelanggan merasa puas, maka dia akan menunjukkan besarnya kemungkinan untuk kembali menggunakan layanan jasa yang sama. Tetapi apabila pelanggan tersebut tidak merasa puas, maka mereka akan mengajukan keluhan. Itulah mengapa menyusun strategi pemasaran jasa harus dilakukan dengan tepat. Selain strategi pemasaran, pengelolaan keuangan juga harus dilakukan dengan tepat. Jurnal hadir sebagai software akuntansi online yang dapat membantu pebisnis mengelola keuangan untuk menunjang kesuksesan bisnis Anda.

[adrotate banner=”20″]

Kategori : Marketing

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo