Jurnal Enterpreneur

Otomatisasi Akuntansi untuk Perkembangan Bisnis

Saat ini,  otomatisasi di segala bidang telah menjadi kata kunci yang sangat menonjol sebagai dampak dari majunya teknologi dan proses digitalisasi, tidak terkecuali dalam bidang akuntansi. Saat ini, mengintegrasikan otomatisasi akuntansi dan teknologi untuk bisnis dianggap sebagai hal yang penting karena dapat membantu mengurangi tugas-tugas rutin yang tidak produktif sehingga Anda dapat fokus pada hal-hal yang baik seperti perencanaan strategi dan nilai tambah. Di bawah ini akan kita bahas apa saja alasan yang membuat otomatisasi di bidang akuntansi sangat dibutuhkan.

1. Menurunkan Tugas Tidak Produktif

Alasan Otomatisasi Akuntansi Sangat Diperlukan untuk Perkembangan Bisnis

Mengerjakan sebuah tugas pembukuan bukanlah hal yang mudah. Anda membutuhkan perincian yang tajam, fokus,  perhatian, dan tenaga yang cukup untuk menghadapi semuanya dalam waktu yang bersamaan. Tidak ada pernyataan yang mengatakan bahwa tugas pembukuan akan menjadi lebih mudah seiring membesarnya bisnis Anda. Yang ada justru semakin besar bisnis, maka akan semakin kompleks pencatatan yang harus dimasukkan kedalamnya.

Dengan adanya otomatisasi pembukuan melalui penggunaan software akuntansi online seperti Jurnal, maka masalah pencatatan keuangan bukan lagi hal rumit dan menghabiskan waktu. Bagian keuangan perusahaan hanya perlu mencatat transaksi ke dalam sistem atau software dan Jurnal akan menyediakan laporan keuangan sesuai yang dibutuhkan bisnis. Dengan begitu, Anda tidak terlalu menyita waktu dan meringankan tugas pencatatan keuangan sehingga Anda dapat lebih fokus pada tugas yang membuat dampak nyata pada bisnis Anda seperti membangun bisnis, menghubungkan dengan klien, menganalisis persaingan dan menemukan cara untuk membuat bisnis Anda lebih menguntungkan.

Baca juga : 5 Manfaat Software Akuntansi Bagi Bisnis Home Industry

2. Tidak Kehilangan Waktu

Alasan Otomatisasi Akuntansi Sangat Diperlukan untuk Perkembangan Bisnis

Meskipun era digital menjadi semakin berkembang dan kebutuhan teknologi semakin tinggi, namun ada beberapa bisnis yang berada dalam kondisi bahaya karena tidak meluangkan waktu mereka untuk beradaptasi dengan teknologi dan inovasi termasuk mengotomatisasi sistem pembukuan mereka.

Sebagai pemilik sebuah bisnis, Anda harus memikirkan kemajuan teknologi akuntansi berdasarkan kebutuhan klien dan perusahaan agar tidak terdorong ke titik kritis teknologi yang berimbas pada sulitnya pelaporan keuangan pada para investor maupun kesalahan pelaporan pajak. Hal tersebut juga akan membuat perusahaan menerima audit.

3. Mudah Dimengerti

Alasan Otomatisasi Akuntansi Sangat Diperlukan untuk Perkembangan Bisnis

Tidak semua orang dapat dengan mudah memahami data akuntansi. Terlebih lagi untuk orang awam yang tidak mengerti akuntansi sama sekali. Software akuntansi seperti Jurnal tentu saja akan mempermudah pengertian dari hasil data akuntansi. Dengan begitu, siapa saja dalam perusahaan dapat memahami data akuntansi terbaru yang memang dibagikan secara transparan.

4. Efisien

Alasan Otomatisasi Akuntansi Sangat Diperlukan untuk Perkembangan Bisnis

Pembuatan otomatisasi akuntansi membuat segala keperluan akuntansi dapat dengan mudah dikerjakan bahkan dapat dilakukan secara online dimana dan kapan saja. Bahkan, jika secara tiba-tiba dibutuhkan dalam rapat atau event, dapat dengan mudah di cetak dan dibagikan.

Baca juga : Mitos Seputar Otomatisasi Akuntansi yang Sebaiknya Anda Ketahui

Alasan Lainnya yang Mengharuskan Anda Beralih ke Otomatisasi Akuntansi

Selain alasan di atas, ada beberapa alasan lain yang mengharuskan Anda untuk segera beralih ke otomatisasi akuntansi. Di bawah ini adalah beberapa alasannya.

  1. Lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk tugas yang menyangkut masalah transaksi seperti pengumpulan dokumen, entri data, pembayaran tagihan dan sebagainya.
  2. Memiliki lebih banyak waktu untuk mengidentifikasi masalah dan mencari solusi.
  3. Mengurangi faktor human error  karena sudah pasti akurat dan aman.
  4. Memungkinkan bisnis kecil Anda untuk cepat berkembang.
  5. Membuat perusahaan memiliki laporan keuangan yang sempurna, seorang akuntan akan lebih berfungsi pada faktor manajerial dibandingkan dengan operator keuangan.

Memiliki sebuah teknologi yang sesuai dengan perubahan waktu sangatlah penting bagi kemajuan perusahaan. Otomatisasi akuntansi adalah salah satunya. Jika  saat ini Anda mencari software akuntansi inovatif untuk mendapatkan kemudahan dalam pencatatan keuangan Anda bisa mempercayakannya pada Jurnal. Dapatkan semua informasi penting tentang Jurnal di sini.

[adrotate banner=”3″]

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo