Mekari Jurnal
Daftar Isi
6 min read

4 Tips Memilih Software Akuntansi Sesuai Kebutuhan Bisnis Anda

Tayang 30 Nov 2018
Diperbarui 10 Oktober 2023

Sebelum beralih dengan menggunakan software akuntansi, baca dulu 4 tips memilih software akuntansi sesuai kebutuhan bisnis anda pada blog Mekari Jurnal ini.

Dahulu, banyak perusahaan-perusahaan masih menggunakan cara-cara konvensional atau tradisional dalam membuat catatan dan laporan akuntansi.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, berbagai perusahaan baik perusahaan kecil maupun besar sudah beralih dengan menggunakan software akuntansi.

Penggunaan software akuntansi tidak hanya dapat membantu Anda mengurangi risiko human error.

Tetapi juga dapat membantu Anda mendapatkan berbagai insight tentang bisnis atau perusahaan Anda yang tidak Anda dapatkan dalam sistem pencatatan akuntansi konvensional.

Seperti menghasilkan prakiraan penjualan untuk kuartal berikutnya, melihat item yang berlebih dalam laporan stok persediaan barang, dan menunjukkan dengan tepat produk-produk yang paling tidak memberikan kontribusi bagi pendapatan perusahaan Anda.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Menggunakan software akuntansi mungkin akan memberikan manfaat yang besar bagi bisnis Anda.

Namun, menemukan program software akuntansi terbaik untuk bisnis Anda dapat menjadi suatu tantangan tertentu, lantaran dengan banyaknya produk software akuntansi yang dipasarkan sekarang-sekarang ini.

Untuk memilih program software akuntansi sesuai kebutuhan bisnis, Anda perlu memahami beberapa dasar-dasar akuntansi bisnis dan memperhatikan dengan baik kebutuhan bisnis Anda, khususnya terkait pencatatan dan pelaporan aktivitas keuangan bisnis Anda.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan tips-tips dalam memilih software akuntansi yang bisa Anda pertimbangkan sebelum mulai membeli paket software akuntansi bagi bisnis atau perusahan Anda.

Kenali Kategori Produk Software Akuntansi Sesuai Kebutuhan Bisnis

Berbagai produk software akuntansi yang tersedia bagi segala ukuran bisnis, salah satunya Usaha Kecil Menengah (UKM) telah tumbuh secara perlahan.

Terdapat empat kategori umum yang berupa sistem dalam software akuntansi.

Keempat kategori umum ini ditawarkan tergantung paket yang diatur oleh masing-masing vendor software akuntansi.

Berikut empat kategori umum dalam software akuntansi:

a. Sistem Penagihan & Faktur

Sistem ini akan menyelesaikan transaksi sehari-hari perusahaan, seperti mencatat cek dan menginformasikan kepada pelanggan mengenai jumlah yang harus mereka bayar.

Sistem ini penting untuk mempertahankan kendali atas akurasi angka akuntansi, dan agar aktivitas bisnis terlihat lebih profesional dan kredibel di mata publik.

Di sisi perusahaan, alat penagihan dan faktur pembelian atau faktur penjualan yang membantu mendokumentasikan aktivitas keuangan dan menyiapkannya untuk selanjutnya masuk ke tahap otorisasi dan validasi.

Baca Juga : Perbedaan Tugas & Sistem Akuntansi Pembelian Dan Penjualan

b. Sistem Manajemen Penggajian

Sistem ini akan membantu perusahaan dalam mengatur gaji karyawan.

Seperti melakukan perhitungan gaji karyawan, menyetorkan gaji langsung ke rekening bank karyawan, menghasilkan formulir pajak, menghasilkan format slip gaji online, dan masih banyak lagi.

Dalam jangka panjang, sistem ini akan mengamankan transaksi keuangan Anda dan membantu menyiapkan laporan terperinci.

Baca Juga : 3 Langkah Mudah Membuat Strategi Pemasaran untuk Bisnis

c. Sistem Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP)

Ini adalah salah satu kategori software akuntansi paling penting yang menggabungkan semua sistem untuk perencanaan dan pengadaan produk, pembelian bahan, manajemen dan kontrol persediaan, distribusi, pemasaran, keuangan, dan Sumber Daya Manusia.

Solusi ERP (Enterprise Resource Planning) terbaru juga menawarkan modul untuk CRM (Customer Relationship Management) dan intelijen bisnis, sehingga perusahaan dapat belajar dari track record-nya dan menyiapkan strategi yang lebih baik untuk masa depan perusahaan.

Baca Juga : Sistem Informasi Akuntansi: Pengertian, Fungsi, Contoh

d. Sistem manajemen Waktu & Biaya

Sistem ini dirancang untuk membantu mempercepat siklus penagihan dan menyetujui pembebanan biaya kapan saja.

Dan biasanya sistem ini dapat dikonfigurasi untuk setiap jenis dan ukuran bisnis sesuai dengan kegiatan operasionalnya.

Inti dari manifestasi sistem ini adalah untuk membantu mengumpulkan pembayaran lebih cepat, dan mendeteksi aktivitas bisnis yang kurang efektif dan efisien dan tidak terdeteksi sebelumnya.

Keuntungan terbesar lainnya adalah sistem ini mampu menghasilkan laporan grafis yang terperinci tentang bagaimana kontribusi waktu dan sumber daya terhadap setiap aktivitas bisnis atau perusahaan.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Baca Juga : Perhatikan Hal Berikut Sebelum Memilih Software Akuntansi

Kenali & Kaitkan Kebutuhan Bisnis dengan Kebutuhan Akuntansi Sesuai Kebutuhan Bisnis Anda

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus “melek” akan kebutuhan bisnis dan keperluan finansial bisnis Anda.

Jangan sampai Anda berpikir bahwa dengan membeli paket software akuntansi, segala masalah akuntansi bisnis atau perusahaan bisa teratasi tanpa lebih dahulu mendalami prinsip dasar akuntansinya.

Carilah berbagai literatur, jurnal, atau buku-buku mengenai prinsip dasar akuntansi agar Anda mempunya referensi dan pertimbangan yang matang untuk mulai membeli software akuntansi.

Pertimbangan lainnya yang tidak kalah penting adalah jenis bisnis atau perusahaan yang Anda operasikan.

Beberapa jenis perusahaan yang berbeda akan membutuhkan modul khusus atau paket tambahan software akuntansi karena beberapa perusahaan harus menyimpan data khusus.

Misalnya, jika Anda seorang pemilik perusahaan manufaktur, maka Anda mungkin perlu memiliki pemahaman tentang inventaris, penanganan suku cadang, dan pembebanan tenaga kerja.

Jika Anda seorang pemilik perusahaan dagang, Anda mungkin juga perlu memiliki pemahaman tentang inventaris melalui program aplikasi kasir toko point-of-sale.

Ketahui Keterbatasan Anggaran Anda

Para vendor software akuntansi memberikan berbagai penawaran paket yang bervariasi dan tentunya dengan harga yang berbeda pula.

Lagi dan lagi, Anda harus menyesuaikan harga-harga yang ditawarkan dengan kebutuhan dan anggaran perusahaan.

Teliti secara mendalam paket yang ditawarkan!

Jangan sampai ketika Anda membeli suatu paket software akuntansi yang terkesan mahal, namun ternyata terdapat fitur yang tidak dibutuhkan oleh perusahaan Anda.

Itu tentunya akan memboroskan anggaran perusahaan dan menjadi tidak efektif.

Baca Juga : Mempelajari Skala Prioritas dalam Pengelolaan Keuangan

Hubungi Konsultan Bisnis atau Pihak-Pihak Lain Untuk Mendapatkan Referensi Lebih Lanjut Terkait Penggunaan Akuntansi Sesuai Kebutuhan Bisnis

Dengan melakukan hal tersebut, Anda bisa mempersempit pilihan Anda terhadap software akuntansi yang cocok dengan kebutuhan bisnis atau perusahaan.

Anda juga bisa mencoba beberapa situs web khusus yang menyediakan jasa pencarian software akuntansi secara online.

Komunikasikan juga dengan akuntan bisnis atau perusahaan Anda agar pertimbangan yang Anda buat dalam memilih software akuntansi semakin matang.

Sekali lagi, tips-tips tersebut akan membantu Anda dalam memilih software akuntansi atau aplikasi komputer akuntansi yang tepat bagi jenis bisnis apapun yang Anda jalankan.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Hubungi Konsultan Bisnis atau Pihak-Pihak Lain Untuk Mendapatkan Referensi Lebih Lanjut Terkait Penggunaan Akuntansi Sesuai Kebutuhan Bisnis

Jangan sampai Anda salah dalam memilih paket software akuntansi karena hal itu akan berimbas kepada kerugian bagi bisnis Anda.

Anda juga bisa memasukkan Jurnal dalam pertimbangan pemilihan software akuntansi bagi kebutuhan bisnis Anda.

Jurnal akan memberikan Anda berbagai fitur akuntansi seperti mencatat dan mengirimkan faktur penjualan kepada pelanggan secara online dan secara otomatis akan memberikan laporan keuangan yang bisa Anda gunakan untuk keperluan pengambilan keputusan manajemen.

Temukan informasi lebih lengkap mengenai fitur produk Jurnal by Mekari di sini.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal