Ada berbagai hal yang bisa Anda lakukan sendiri sebagai pemilik bisnis, seperti mengelola penjualan sampai menangani sumber daya manusia. Tetapi ketika menyinggung permasalahan keuangan atau akuntansi bisnis, mungkin akan muncul pertanyaan besar di benak Anda, apakah Anda akan menyewa jasa konsultan akuntansi atau melakukannya sendiri dengan memanfaatkan Software Akuntansi?

Untuk menemukan jawabannya jelas tidak sesederhana itu dan itu tergantung dari kapasitas pengetahuan Anda mengenai keuangan atau akuntansi serta jenis industri bisnis Anda. Namun, untuk membantu menemukan jawabannya, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda membuat keputusan terkait pertanyaan tersebut.

Penganggaran

Jelas, bisnis Anda membutuhkan penganggaran seperti halnya Anda menangani keuangan pribadi, bahkan mungkin lebih rumit dari menangani keuangan pribadi. Sebagai pemula dalam dunia bisnis atau seorang profesional, Anda perlu mengetahui pengalokasian uang dalam bisnis Anda, mulai dari kapan bisnis Anda mendatangkan pendapatan lebih dan bagaimana Anda meminimalisasi berbagai pengeluaran bisnis Anda.

Terkait pertanyaan besar di atas, Anda bisa mempertimbangkannya dari sudut pandang penganggaran. Ketika Anda memutuskan menyewa Software Akuntansi, biasanya Anda akan dibebankan dengan biaya paket bulanan atau tahunan secara tetap yang membuat Anda lebih mudah untuk melacak dan memprediksi pengeluaran. Dan Ketika Anda memutuskan untuk menyewa jasa konsultan akuntansi, struktur biaya bisa saja bervariasi, dapat berubah sewaktu-waktu, dan tidak dapat Anda prediksi. Terutama jika Anda tidak yakin berapa kali Anda akan menggunakan jasa konsultan akuntan tersebut dalam setahun, triwulan, kuartal, atau bulanan.

Permasalahan Akuntansi yang Kompleks

Seorang akuntan akan memberikan pengalaman dan keahlian yang signifikan ketika suatu waktu bisnis Anda mengalami permasalahan akuntansi yang terbilang kompleks atau rumit. Anda dapat memperoleh manfaat dari  pengalaman mereka menangani berbagai bentuk permasalahan akuntansi.

Namun perlu Anda ketahui, sebagian besar masalah akuntansi yang kompleks terjadi perusahaan-perusahaan besar seperti perusahaan transnasional atau perusahaan-perusahaan yang sudah Go-Public. Namun untuk sebagian besar bisnis lokal, kecil, atau UKM, menggunakan Software Akuntansi sudah cukup untuk menangani berbagai permasalahan akuntansi yang muncul.

Layanan Personal

Terkadang seorang pemilik bisnis mungkin membutuhkan penasihat yang lebih pribadi dan seorang konsultan akuntansi dapat menjadi orang yang tepat untuk keadaan tersebut. Seorang konsultan akuntansi ada untuk menjalin hubungan lebih dekat dengan Anda untuk membantu mengenal bisnis Anda dan memberikan berbagai solusi yang bisa dipertanggungjawabkan.

Tapi, Anda tentu harus membayar untuk pelayanan secara personal tersebut. Anda harus mengeluarkan biaya sejumlah jutaan bahkan sampai ratusan juta rupiah untuk mendapatkan berbagai keuntungan dari memakai jasa konsultan akuntansi.

Satu hal, Anda masih dapat memberikan konsultan akuntansi akses terhadap Software Akuntansi yang Anda gunakan ketika Anda membutuhkan suatu solusi dari masalah yang bisnis Anda alami. Hal ini terbilang lebih murah dibandingkan Anda menyewa jasa konsultan akuntansi secara penuh.

Keunggulan Proses Otomatisasi

Jika ingin menyewa seorang jasa konsultan akuntansi, Anda akan bertanggung jawab untuk menyediakan salinan faktur-faktur bisnis, laporan bank, laporan kartu kredit, dan sebagainya. Mereka kemudian akan memasukkannya ke dalam sistem mereka sendiri untuk menghitung laporan Anda.

Dengan Software Akuntansi saat ini, terutama yang berbasis cloud, semua aktivitas bisnis akan diproses secara otomatis. Software Akuntansi dapat secara otomatis mengunduh dan melakukan sinkronisasi transaksi bank, mengategorikannya dan membuatnya siap untuk dilaporkan bahkan pada saat Anda sedang tidur, dan tentunya tanpa biaya tambahan terkait jasa seorang konsultan akuntansi. Anda hanya perlu mempelajari sedikit mengenai cara pemakaian Software Akuntansi sesuai vendor yang Anda pilih dan bisa dipastikan Anda bisa melakukannya sendiri.

Menilai keuntungan dan kekurangan dari menyewa jasa konsultan akuntansi dengan menggunakan Software Akuntansi Anda sendiri bisa terbilang sulit. Tetapi dengan tulisan di atas, setidaknya bisa memperkuat pertimbangan Anda dalam memilih di antara kedua hal tersebut.

Jika Anda menginginkan keunggulan seorang profesional yang melakukan semua kebutuhan akuntansi bisnis Anda, maka sejumlah biaya seorang konsultan akuntansi akan sepadan dengan keinginan Anda. Namun, jika Anda lebih memilih untuk menghemat uang dan memiliki kontrol lebih besar atas keuangan Anda, Anda mungkin bisa menggunakan Software Akuntansi. Dan ini juga tidak lepas dari pertimbangan mengenai jenis, ukuran, dan kecukupan anggaran bisnis Anda.

Perkembangan Software Akuntansi berpengaruh terhadap berbagai bisnis atau perusahaan selama beberapa tahun terakhir. Dan para vendor Software Akuntansi memahami bahwa sebagian besar pemilik bisnis bukanlah akuntan, itulah sebabnya mereka merancang program yang sangat mudah digunakan dengan User Interface yang bersahabat. Salah satunya adalah Jurnal, Software Akuntansi online berbasis cloud yang bisa menjadi pilihan tepat bagi bisnis Anda. Dengan Jurnal, Anda bisa membuat format faktur sesuai dengan keinginan Anda sendiri. Dan Anda tidak perlu khawatir ketika ingin melihat Laporan Keuangan bisnis Anda karena Jurnal memproses semuanya secara otomatis. Anda bisa melihat informasi lengkap mengenai produk dan fitur-fitur Jurnal di sini.