Jurnal Enterpreneur

5 Hal Yang Penting Sebelum Menyewa Jasa Akuntan ( Accounting )

10 Pada setiap tahunnya, sebuah perusahaan akan selalu membutuhkan jasa seorang akuntan ( accounting ) untuk memberikan saran tentang masalah akunting, keuangan, menghitung pajak yang harus dibayarkan, serta melakukan analisis keuangan usaha yang akan berakhir dengan perencanaan keuangan untuk periode berikutnya.

Karena pentingnya keberadaan jasa seorang akuntan dan biaya yang harus dibayarkan oleh perusahaan untuk keberadaan akuntan tersebut.

Maka ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan oleh perusahaan sebelum memutuskan menggunakan jasa akuntan.

Pengertian Dan Penjelasan Ruang Lingkup Jasa Akuntansi

Jasa akuntansi adalah layanan atau aktivitas yang diberikan oleh seorang akuntan atau perusahaan akuntansi kepada klien mereka terkait pengukuran, proses hingga penjelasan konsultasi informasi keuangan tentang akuntansi keuangan, manajemen, biaya, perpajakan, jasa audit, dan sistem informasi akuntansi.

Jasa seorang akuntan ( accounting ) ini bertujuan untuk membantu klien dalam mengelola keuangan dan menyusun laporan keuangan sesuai dengan standar yang berlaku.

Jasa akuntansi meliputi berbagai macam layanan, seperti:

  1. Penyusunan laporan keuangan: Akuntan akan membantu klien dalam menyusun laporan keuangan yang akurat dan tepat waktu sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Laporan keuangan terdiri dari neraca, laporan laba rugi, dan laporan perubahan ekuitas.
  2. Penyusunan laporan pajak: Akuntan akan membantu klien dalam menyusun laporan pajak yang tepat sesuai dengan peraturan pajak yang berlaku. Ini termasuk mengajukan pajak tahunan, mengelola pajak penghasilan, dan menangani masalah pajak lainnya.
  3. Analisis keuangan: Akuntan akan membantu klien dalam menganalisis laporan keuangan untuk memahami posisi keuangan perusahaan dan mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan keuntungan.
  4. Konsultasi keuangan: Akuntan akan memberikan saran keuangan kepada klien untuk membantu mengelola keuangan perusahaan dengan lebih efektif dan mencapai tujuan keuangan yang diinginkan.

Jasa akuntansi sangat berguna bagi perusahaan-perusahaan yang tidak memiliki departemen akuntansi internal atau yang tidak memiliki waktu untuk mengelola keuangan secara efektif.

Dengan mempercayakan keuangan kepada seorang akuntan atau perusahaan akuntansi, perusahaan dapat fokus pada kegiatan inti mereka dan yakin bahwa keuangan perusahaan dikelola dengan baik.

Beberapa Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Menyewa Seorang Akuntan (accounting)

Lalu sebelum perusahaan Anda menggunakan seorang akuntan ( accounting) mari kita lihat di bawah ini mengenai hal apa saja yang penting untuk diketahui sebelum menyewa jasa seorang akuntan untuk mengerjakan hal terkait akunting:

Pengalaman Akuntan Tersebut

5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Menyewa Jasa Akuntan

Pengalaman adalah sebuah keunggulan.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa seorang akuntan, cobalah ketahui pengalaman terkait akunting yang mereka miliki dengan membuat pertanyaan tentang situasi keuangan yang kompleks.

Cobalah uji pengalamannya tentang penanganan keuangan pada industri yang berkembang maupun pasar, bagaimana caranya memperoleh keringanan pajak, dan apakah telah memiliki pengalaman menangani perusahaan dengan industri yang sama.

Pelayanan Yang Diberikan Oleh Pihak Jasa Akuntan ( Accounting )

Pelayanan

Pelayanan adalah segalanya. Tanyakan pada calon akuntan Anda apa saja pelayanan yang akan didapat jika perusahaan memutuskan menggunakan jasanya.

  • Apakah akuntan ini menawarkan jasa pembukuan, atau hanya persiapan pajak?
  • Apakah mereka menyediakan dukungan audit?
  • Apakah mereka bersedia membantu Anda sepanjang tahun, atau hanya pada waktu penghitungan pajak saja?
  • Jika akuntan bekerja dalam agency yang lebih besar, apakah Anda akan dapat terus bekerja dengan akuntan tertentu tersebut?

Terakhir, ada baiknya untuk mengetahui apakah jasa akunting tersebut juga memiliki kerja sama dengan pengacara pajak jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Yang jelas, makin banyak jenis pelayanan yang bisa Anda dapatkan, maka semakin baik hal tersebut untuk perusahaan.

Biaya & Penagihan Terkait Penggunaan Jasa Akuntan ( Accounting )

Biaya termasuk salah satu hal penting untuk diketahui sebelum menyewa jasa seorang akuntan (accounting) untuk pengerjaan akunting.

Pastikan untuk menanyakan apakah mereka menetapkan biaya tagihan per jam atau biaya tetap.

Jika biaya yang mereka tawarkan memiliki biaya tetap, maka pastikan Anda mengetahui berapa lama waktu yang diberikan untuk setiap konsultasi.

Terakhir, tanyakan tentang siklus faktur atau invoice dan tanggal pembayaran agar perusahaan bisa mengatur anggaran yang sesuai.

Sertifikasi Profesi atau Credential Yang Kredible

5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Menyewa Jasa Akuntan

Jika seseorang menyebut diri mereka seorang akuntan, maka mereka harus memiliki credential atau sertifikat yang mendukungnya.

Jadi pastikan untuk bertanya “Apakah Anda seorang Akuntan Publik Bersertifikat (BPA)?”.

Seorang akuntan yang berkualitas akan dengan senang hati membagikan informasi ini.

Tanyakan juga kepada calon akuntan Anda bagaimana cara mereka mengikuti undang-undang dan tren pajak terbaru.

Dengan memiliki sertifikasi di bidang tertentu, maka sebuah profesi akan diterima baik secara umum maupun oleh lembaga berwenang pemerintah, sehingga akan sangat membantu jika terjadi proses audit terhadap perusahaan.

Teknologi Yang Digunakan Oleh Penyedia Jasa Akuntan ( Accounting )

Sebelum menyewa jasa seorang akuntan / akunting, pastikan mereka memahami teknologi akuntansi yang digunakan oleh perusahaan.

Dengan memahami sistem atau teknologi yang digunakan oleh pihak perusahaan, maka pekerjaan seorang akuntan akan lebih cepat dan lebih mudah.

Tentu saja ini akan memberi keringanan bagi perusahaan dalam hal waktu dan biaya, tanpa perlu menjelaskan banyak hal terkait sistem keuangannya yang akan berimbas pada biaya konsultasi yang mahal.

Untuk menyederhanakan permasalahan seorang akuntan dengan teknologi pengelolaan akuntansi yang digunakan perusahaan, maka Anda bisa mulai mencari layanan akuntansi yang sekaligus memberikan layanan konsultasi jasa seorang akuntan di dalamnya seperti Jurnal.

Jurnal merupakan aplikasi akunting yang dapat memberikan layanan akuntansi bagi bisnis Anda yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Selain menyajikan layanan akuntansi, Jurnal sebagai aplikasi akuntansi keuangan juga telah bekerja sama dengan konsultan pembukuan dan akuntansi yang sudah tersertifikasi oleh Jurnal.

Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi repot menangani masalah pembukuan dan keuangan, sehingga dapat lebih fokus mengembangkan bisnis.

Cek mitra konsultan pembukuan yang telah bekerja sama dengan Jurnal di sini dan pelajari lebih lanjut mengenai software akuntansi online di sini.

Itulah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih atau menggunakan jasa akuntan ( accounting ) bagi untuk kegiatan akunting perusahaan Anda.

Semoga informasi di atas dapat membantu!

Kategori : Keuangan

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo