Bagi Anda yang ingin mendirikan bisnis salon kecantikan, mulailah sekarang dan jangan ragu. Bisnis salon kecantikan memiliki peluang yang sangat besar, dan dapat dikatakan sangat menjanjikan sampai kapanpun. Meningkatnya kebutuhan akan salon kecantikan didukung oleh standar dan pemujaan terhadap kecantikan wanita yang semakin meningkat. Menurut psikolog anak, remaja, dan keluarga Efnie Indrianie, M.Psi, cantik merupakan sebuah magnet yang mampu menghipnotis khususnya kaum wanita.

Cantik erat kaitannya dengan budaya, sehingga standar cantik di setiap budaya berbeda. Namun konstruksi media membuat standar kecantikan dapat difokuskan kepada satu jenis kecantikan. Menurut akademisi Muzayin Nazaruddin, cantik berdasarkan media adalah kurus, langsing, putih, berambut lurus hitam panjang, modis, dan selalu menjaga penampilan, serta rutin melakukan perawatan tubuh agar awet muda. Tidak mengherankan jika banyak wanita yang rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk melakukan perawatan di salon kecantikan. Mereka tidak menganggap hal tersebut sebagai pengeluaran besar. Bahkan pergi ke salon kecantikan kini sudah dianggap kebutuhan pokok yang disandingkan dengan sandang, papan dan pangan.

Akan tetapi, peluang yang cukup besar tidak serta merta membuat Anda sembarangan memulai bisnis kecantikan. Tidak hanya menyoal keterampilan, perencanaan yang matang dan biaya yang cukup besar juga menjadi pertimbangan ketika memutuskan untuk memulai bisnis ini. Anda sebaiknya memperhatikan beberapa kiat berikut ini agar bisnis yang dimulai tidak berhenti di tengah jalan.

 

Buat Rencana Bisnis

Tips Sukses Memulai Bisnis Salon Kecantikan Bagi Pemula Kebanyakan pemilik bisnis yang baik memulai dengan membuat rencana bisnis. Tidak terkecuali dengan bisnis kecantikan. Buat rencana bisnis salon Anda secara garis besar, mulai dari konsep salon, segmen pelanggan, lokasi usaha, perlengkapan yang dibutuhkan, pembiayaan, rencana pemasok, sumber daya, jalur promosi dan lain sebagainya. Semua rencana ini nantinya akan saling berhubungan.

Jika Anda sudah memiliki konsep di kepala, maka akan lebih mudah untuk mencari pelanggan mana yang nantinya akan dituju. Setelah menemukan target pelanggan, Anda pun akan bisa menentukan di mana nantinya salon kecantikan Anda akan beroperasi, dan begitu seterusnya. Apabila Anda menemukan kesulitan dalam melakukan langkah pertama ini, Anda bisa bertanya pada yang telah berpengalaman, mengambil kelas atau menyewa seorang konsultan bisnis. Jurnal menjadi salah satu penyedia konsultasi bisnis bersama konsultan profesional secara gratis.

 

Tentukan Biaya

Tips Sukses Memulai Bisnis Salon Kecantikan Bagi PemulaPrinsip utama dalam membuka salon kecantikan adalah biaya operasi. Mulai dari biaya pelatihan, peralatan dan sewa tempat. Konsep salon yang dipilih akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan. Jika memiliki modal yang cukup besar, Anda bisa membuka layanan salon yang cukup banyak. Namun, jika modal yang dimiliki terbatas, maka perlu memilih layanan mana yang disediakan terlebih dahulu. Hal ini bisa berdasarkan dengan kemampuan pembelian alat atau keterampilan yang dimiliki.

Dalam kasus ini perlu diketahui secara rinci berapa biaya yang dibutuhkan serta darimana asalnya. Susun anggaran Anda dan disiplin dalam membelanjakannya. Lakukan survei terhadap peralatan yang akan digunakan dalam bisnis Anda. Jangan sampai karena ingin segera membuka salon kecantikan sendiri, Anda sembarangan dalam membeli yang berujung pada modal yang terlalu tinggi. Penentuan biaya di sini juga termasuk harga jual yang Anda berikan kepada pelanggan. Pertimbangkan modal yang telah Anda keluarkan, biaya operasi sehari-hari, upah Anda sebagai pemberi layanan serta kualitas layanan yang diberikan.

 

Memilih Lokasi

Tips Sukses Memulai Bisnis Salon Kecantikan Bagi PemulaLokasi juga menjadi salah satu faktor yang menentukan berhasil tidaknya bisnis salon kecantikan Anda. Pastikan lokasi yang Anda pilih merupakan tempat dengan visibilitas tinggi, lalu lintas pejalan kaki yang juga tinggi dan tidak lupa pula untuk dekat dengan target pelanggan. Untuk Anda yang membuka bisnis salon sendiri setelah bekerja dengan salon lainnya, lokasi juga menjadi pertimbangan yang cukup penting.

Jika Anda ingin klien lama Anda menjadi pelanggan saat ini, pertimbangkan untuk tidak membuka tempat usaha yang terlalu jauh dari tempat Anda bekerja sebelumnya. Pelanggan juga mempunyai batas jarak tertentu ketika ingin mengikuti ahli kecantikan langganannya. Satu mil menjadi standar seberapa jauh orang akan mengikuti Anda jika berada di dekat lokasi lama Anda bekerja.

 

Promosikan Salon

Tips Sukses Memulai Bisnis Salon Kecantikan Bagi PemulaSetelah rencana ditentukan dan lokasi ditetapkan, saatnya untuk memperkenalkan salon kecantikan Anda. Model pemasaran saat ini memungkin Anda untuk memperkenalkan bisnis jauh hari sebelum toko benar-benar dibuka. Keuntungan bagi Anda yang sebelumnya pernah bekerja di salon-salon besar. Anda bisa memulai promosi dari klien lama. Untuk setiap klien yang memilih menggunakan layanan Anda, beri mereka apresiasi ekstra dan dorong mereka untuk merujuk salon kecantikan Anda kepada teman-teman mereka. Bagi Anda yang ingin mempunyai pelanggan baru, bisa melakukannya dengan membuat iklan, menyebarkan brosur serta memaksimalkan promosi di media sosial.

 

Itu tadi beberapa kiat yang dapat diaplikasikan ketika ingin membangun bisnis salon kecantikan. Dengan kiat-kiat ini diharapkan bisnis salon kecantikan yang Anda dirikan bisa berjalan dengan lancar dan terus berkembang. Ingin mendapatkan saran yang lebih banyak lagi? Konsultasikan rencana bisnis Anda di Jurnal.

Jurnal merupakan software akuntansi online yang bisa menjadi solusi bisnis Anda. Dengan Jurnal, Anda dapat menjalankan bisnis lebih mudah, cepat, aman, dan nyaman. Karena Jurnal telah dilengkapi dengan fitur lengkap, mulai dari membuat laporan keungan, mengelola stok barang, mengelola aset, melakukan rekonsiliasi, mengirim invoice otomatis, dan masih banyak lagi. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan bisnis Anda sekarang juga di Jurnal dan dapatkan free trial hingga 14 hari!

Author