5 Alasan Kenapa Business Model Canvas Penting untuk Perencanaan Bisnis

Business Model Canvas atau bisa disebut kanvas model bisnis merupakan bagian penting dalam perencanaan bisnis. Setiap bentuk bisnis yang akan dibangun sebaiknya dilengkapi dengan perencanaan tentang bisnis itu sendiri agar perkembangan bisnis lebih jelas. 

Sebuah bisnis dengan perencanaan yang tepat akan lebih memungkinkan untuk sukses dibanding bisnis tanpa perencanaan. Perencanaan bisnis yang tepat bisa dilakukan dengan model bisnis kanvas.

Pengertian Business Model Canvas adalah perencanaan strategi yang digunakan oleh pemilik bisnis untuk merancang model bisnis dan rancangan pendukung lain seputar bisnis.

Model bisnis ini membantu pemilik bisnis melihat peluang lebih jelas dan melakukan riset pasar agar bisnis bisa berjalan lebih baik.

Baca Juga : Cara Membuat Business Plan Menggunakan Model Canvas

5 Alasan Business Model Canvas sangat Penting

Dari pengertiannya, bisa diketahui bahwa Business Model Canvas adalah bagian yang penting untuk merancang sebuah bisnis. 

Bahkan untuk menemukan bisnis model yang tepat, seorang pemilik bisnis dianjurkan untuk membuat rancangan bisnis yang bisa dilakukan dengan membuat Business Model Canvas.

Berikut adalah 5 alasan kenapa Business Model Canvas sangat penting untuk merancang sebuah bisnis:

Memperjelas Fokus Bisnis

Adanya Business Model Canvas tidak hanya membantu pemilik bisnis untuk membuat rancangan bisnis, tetapi juga memperjelas fokus bisnis. Banyak bisnis membutuhkan cara untuk mencapai pelanggan mereka. Jika langkah yang diambil salah, maka bisnis bisa gagal. Dengan adanya model bisnis ini, cara untuk meraih pelanggan akan lebih jelas dan lebih terfokus.

Baca Juga : Panduan Membuat Business Plan untuk Mendirikan Usaha

Business Model Canvas Akurat

Meskipun terdengar sepele, Business Model Canvas bisa membantu pemilik usaha untuk menyortir jenis bisnis dan kemana arah bisnis akan berjalan. Model bisnis kanvas berisi patokan tentang bisnis Anda yang nantinya bisa Anda kembangkan saat bisnis mulai berjalan.

Jadi Anda tidak perlu berpikir terlalu jauh untuk bisnis Anda karena perencanaan dan patokan sudah tertuang di dalam model bisnis tersebut. Ini akan meminimalisir hal-hal yang tidak diperlukan ketika Anda mulai membangun bisnis sehingga Anda bisa lebih fokus memperlancar bisnis.

contoh business plan

Sasaran Pasar Sesuai Target

Salah satu penyebab banyak bisnis baru yang mengalami kegagalan adalah karena produk mereka kurang tepat di pasaran. Hal ini bisa terjadi karena produk yang dibuat tidak sesuai dengan kebutuhan pasar atau tidak memiliki target pasar yang tepat.

Dengan model bisnis ini, Anda akan terbantu untuk memvisualisasi produk Anda sehingga Anda bisa memperhitungkan dengan tepat apa produk yang benar-benar dibutuhkan oleh pasar dan siapa yang sangat membutuhkan produk Anda. Model bisnis ini juga akan membantu Anda mencari cara untuk menjual produk Anda dengan cara yang sesuai dengan target pasar.

Risiko Bisnis Gagal Lebih Kecil

Business Model Canvas membantu Anda menyusun perencanaan bisnis mulai dari sumber pendanaan bisnis , bagaimana Anda membuat produk, hingga bagaimana cara menjual produk Anda ke target pasar. Bahkan di dalam model bisnis ini Anda juga bisa menuangkan keunggulan produk Anda dibanding kompetitor, sehingga peluang sukses bisnis Ada lebih besar dan resiko gagal akan lebih kecil.

Sudah Teruji oleh Banyak Bisnis

Model bisnis ini sudah teruji secara metodologi di banyak bisnis. Tidak hanya bisnis yang baru berjalan, tetapi juga bisnis yang besar. Penggunaan Business Model Canvas sebagai strategi perencanaan dan pengembangan bisnis sudah dilakukan beberapa perusahaan besar. Perubahan yang terjadi pada perusahaan dengan model bisnis ini tidak hanya dari segi produk, tetapi juga dari sisi pendekatan kepada target pasar.

Dalam beberapa kasus, model bisnis ini juga mencakup strategi perencanaan keuangan. Dengan memiliki strategi keuangan yang tepat, bisnis Anda niscaya akan berkembang secara berkelanjutan. Syaratnya, pengelolaan keuangan dijalankan sesuai strategi perencanaan itu sendiri.

Dalam hal ini, Software Jurnal by Mekari bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang membutuhkan bantuan pengelolaan keuangan secara lebih mudah dan praktis.

Jurnal tak hanya berfungsi mencatat dan memonitor kinerja keuangan, tetapi juga menyediakan fitur persediaan barang, fitur pembelian, penjualan, dan penagihan, serta fitur pendukung lain yang mampu mendorong perkembangan bisnis Anda.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk software akuntansi online di website Jurnal. Cukup ketuk banner di bawah ini untuk mendapatkan promo kesempatan meraih diskon 20% dengan free trial 14 days dan 2x training (Minimal subscribe 6 bulan).

Banner Blog


PUBLISHED30 Jul 2020
Desy
Desy

SHARE THIS ARTICLE: