Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

Pentingnya Perencanaan Bagi Bisnis Anda

Tayang 21 Oct 2015
Diperbarui 09 Oktober 2023

Apakah Anda tahu seberapa pentingnya perencanaan bisnis ketika ingin membangun bisnis atau usaha usaha baru?

Semua pengusaha dan entrepreneur, perlu membuat perencanaan bisnis untuk menunjang perkembangan bisnis mereka.

Mengapa Saya Harus Membuat Rencana Bisnis?

Perencanaan bisnis sangat penting bagi Anda yang baru memulai usaha, Anda ingin memiliki usaha yang bertahan lama, bukan?

Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda harus membuat perencanaan bisnis yang baik:

  • Trend Masyarakat yang Berubah

Semakin berkembangnya zaman, trend masyarakat pun ikut berkembang.

Pada era 70 hingga 80-an musik disco menjadi musik kegemaran masyarakat dan motif vintage menjadi motif yang sering digunakan. Berbeda dengan abad ke-21 dimana fashion dan musik Korea menjadi kegemaran masyarakat.

Agar produk atau jasa Anda terus berinovasi, Anda perlu membuat perencanaan yang up to date dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Rencana bisnis akan membantu Anda mempelajari lebih banyak tentang industri, pasar, dan kompetitor perusahaan Anda.

  • Menghindari Kesalahan Fatal

Kesalahan merupakan hal yang wajar terjadi dalam menjalankan bisnis. Tapi tidak dengan kesalahan besar. Anda tentu tidak mau menderita kerugian besar, bukan?

Sebelum mengalami penyesalaan, sebaiknya Anda membuat perencanaan yang mendetail dengan pertimbangan yang jelas.

Membuat perencanaan yang detail akan menghindarkan Anda dari risiko kerugian dan kegagalan usaha.

Baca juga: Panduan Membuat Business Plan untuk Mendirikan Usaha

  • Meningkatkan Modal Anda

Rencana bisnis sangat diperlukan ketika Anda ingin menarik investor.

Investor yang cerdas tidak akan berinvestasi pada perusahaan yang tidak memiliki rencana bisnis karena akan berujung pada penggunaan modal yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Oleh karena itu, Anda harus membuat perencanaan bisnis yang kreatif, jelas, dan menarik. Investor yang tertarik dengan rencana bisnis Anda akan dengan senang hati berinvestasi pada perusahaan Anda. Bila perlu gunakan aplikasi inventaris yang sesuai.

  • Mengontrol Usaha Anda dan Menentukan Prioritas Anda

Rencana bisnis akan membantu Anda dalam menentukan apa yang tidak dapat dan dapat dilakukan sehingga Anda dapat menentukan prioritas dalam pelaksanaan bisnis.

Dengan membuat rencana bisnis, Anda dapat mengontrol jalannya bisnis sesuai dengan tujuan.

Kapan Saat yang Tepat Untuk Membuat Rencana Bisnis?

Rencana Bisnis yang Perlu Dijalankan Oleh Bisnis Kecil

Seperti kegiatan-kegiatan pada umumnya, perencanaan bisnis harus dibuat sebelum Anda memulai bisnis.

Membuat perencanaan akan memberikan Anda waktu untuk mengumpulkan semua data dan fakta yang berkaitan dengan industri yang akan Anda geluti.

Fakta dan data ini akan membuat Anda semakin percaya diri untuk menjalankan bisnis.

Namun, tidak menutup kemungkinan jika harus mengubah atau memperbaiki rencana bisnis Anda ketika pelaksanaan rencana yang sudah dibuat sebelumnya mengalami kegagalan.

Segera teliti penyebabnya dan buatlah perencanaan yang baru dan lebih baik sehingga bisnis Anda tidak terganggu.

Karakteristik dari Rencana Bisnis yang Baik

Berikut ini adalah beberapa karakteristik dari sebuah rencana bisnis yang baik

  • Realistis

Rencana yang baik adalah rencana yang dapat diimplementasikan. Rencana yang realistis dan sesuai dengan target akan bermanfaat bagi kesiapan bisnis Anda.

Contohnya, jika Anda ingin mempromosikan produk Anda di desa-desa terpencil, Anda harus meneliti kehidupan masyarakat disana dan menemukan strategi bisnis yang sesuai.

Anda tidak mungkin menggunakan internet sebagai sarana promosi Anda, bukan? Sebaliknya, Anda akan menggunakan media yang lebih umum digunakan masyarakat pedesaan.

Bahkan Anda mungkin akan pergi dan mengadakan demo produk di desa-desa terpencil.

  • Spesifik

Dalam membuat perencanaan, Anda harus menetapkan tugas-tugas, deadline, prediksi, anggaran, dan indikator.

Hal-hal tersebut merupakan alat pengukur kesuksesan rencana bisnis Anda. Rencana Anda harus dapat mendeskripsikan dengan jelas setiap hal tersebut.

Contohnya saat Anda ingin menjual produk kecantikan, Anda harus mendefiniskan dengan jelas tanggung jawab setiap orang dan tugas yang dilakukan (seperti manager, sales, marketing, research, dll), membuat kalendarisasi untuk perusahaan (kapan produk selesai, launching produk distribusi produk, dll), menentukan indikator kesuksesan rencana yang dijalankan (misalnya melalui jumlah produk yang dibeli, jumlah subscriber website, dll), serta anggaran total yang dibutuhkan untuk keseluruhan rencana.

  • Komunikatif

Rencana bisnis yang baik harus dapat dimengerti oleh seluruh anggota dalam tim. Karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk membangun tim yang solid.

Anda dapat membuat rencana yang kreatif, tapi belum tentu rencana Anda dapat dimengerti oleh tim. Jika pegawai atau tim tidak mengerti, bagaimana mereka dapat menjalankan rencana Anda?

Membuat rencana yang komunikatif sangat penting bagi pelaksanaan bisnis Anda. Ingatlah bahwa rencana Anda hanya dapat dimengerti oleh tim saja.

Buatlah poin-poin rahasia yang hanya dapat dimengerti oleh anggota tim. Dengan demikian, Anda dapat mengkomunikasikan rencana Anda dengan tetap menjaga kerahasiaannya.

  • Fleksibel

Rencana bisnis yang baik harus bersifat fleksibel, dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan. Dengan demikian, usaha Anda dapat terus berkembang dan bisnis Anda dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

Tips Membuat Rencana Bisnis yang Efektif

Efektif atau tidaknya rencana bisnis Anda akan mempengaruhi pelaksanaan bisnis. Analisa data kinerja perusahaan yang baik dan lengkap akan menjadi dasar dari pentingnya perencanaan bisnis secara efektif.

Anda juga bisa menggunakan bantuan software keuangan perusahaan untuk efektifitas yang lebih optimal dalam menyusun perencanaan.

Setelah mengetahui karakteristik rencana bisnis yang baik, berikut ini adalah 5 langkah praktis pentingnya perencanaan bisnis, yakni:

  1. Tentukan visi dan misi
  2. Analisa target pasar Anda dengan menggunakan metode seperti SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Threats) atau STEEPLE (Social, Technological, Economical, Enviromental, Political, Legal, Ethical).
  3. Bangun rencana dengan maksimal
  4. Segera buat anggaran / budgeting
  5. Tuliskan dan buat rencana bisnis Anda menjadi dokumen. Simpan dan lakukan jurnal koreksi secara berkala apabila ada perubahan yang perlu dilakukan pada rencana tersebut. Untuk cara membuat jurnal koreksi bisa dimulai dari jurnal penghapusan dan jurnal sebenarnya

Anda telah mengetahui mengapa dan kapan Anda harus membuat perencanaan bisnis beserta langkah – langkahnya. Sekarang, siapkah Anda untuk membuat rencana bisnis sendiri?


Sumber:

Maxmanroe
inc
business.gov.au
Timberry
Saca

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal