Tim adalah sekelompok orang yang saling bekerja sama untuk sebuah tujuan yang telah ditentukan bersama. Dalam sebuah tim, setiap orang memiliki tugas masing-masing di mana tugas tersebut saling berkaitan untuk mencapai sebuah tujuan. Dalam menjalankan bisnis, tim merupakan salah satu pondasi penting yang harus Anda kelola dengan baik. Sebuah tim memiliki peran penting dalam perkembangan sebuah bisnis. Di mana, jika tim yang Anda miliki kurang maksimal dan tidak dapat bekerja sama, maka perkembangan bisnis akan mengalami kendala dan hambatan. Sedangkan, jika tim Anda solid dan mampu bekerja sama dengan baik, bisnis akan mendapatkan peluang besar untuk terus berkembang dan bertahan menghadapi persaingan bisnis. Di bawah ini, dapat Anda ikuti beberapa tips membangun sebuah tim yang baik dan solid untuk perkembangan bisnis.

 

Pilih Anggota Berkualitas

Bukan hanya produk yang harus memiliki kualitas baik, anggota tim juga harus memiliki kualitas baik. Mulailah pilih anggota tim yang berkualitas seperti team leader yang memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, tim manajemen dengan pandangan bisnis yang luas dan memiliki ide-ide kreatif, tim pelaksana yang memiliki keahlian dan pengetahuan terhadap bisnis, ataupun tim marketing yang mampu mempromosikan bisnis dengan strategi yang tepat. Dengan begitu, semua tim yang Anda bentuk dapat saling mendukung dan berjalan bersama untuk mencapai suatu tujuan bisnis.

 

Tentukan Tujuan Bersama

Sebelum mulai bekerja, semua anggota tim harus mengetahui apa tujuan yang sebenarnya ingiin dicapai. Richard Spoon dalam sebuah bukunya yang berjudul Team Renaissance: The Art, Science, and Politics of Great Teams menjelaskan bahwa tanpa adanya arah dan ukuran keberhasilan yang jelas bagi sebuah tim dalam mencapai tujuannya, maka sangat tidak mungkin mengumpulkan sebuah tim untuk mengerjakannya. Dengan menentukan tujuan, seluruh anggota tim dapat lebih bertanggungjawab dan dapat bekerja sama untuk mencapai sebuah tujuan bersama. Cara ini juga dapat memotivasi anggota tim untuk saling berkoordinasi dan menjalankan peran masing-masing.

 

Tentukan Peran Masing-Masing

Setelah mengetahui tujuan yang harus dicapai, selanjutnya adalah menentukan peran dari masing-masing anggota tim. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus mengetahui skill dan pola pikir dari masing-masing anggota tim. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah dalam menentukan peran dari seluruh anggota tim yang Anda miliki. Misalnya, ketika Anda ingin membuat suatu promosi di media digital, maka Anda membutuhkan tim marketing yang memiliki banyak koneksi di media digital dan mengerti materi apa yang cocok digunakan dalam media promosi tersebut.

 

Kerjakan Secara Efisien

Jika seluruh anggota tim sudah mengetahui peran masing-masing untuk mencapai tujuan bersama, langkah berikutnya adalah melakukan pekerjaan dengan cara terbaik. Pada tahap ini, cobalah lihat flow kerja, sumber daya yang dimiliki, dan apa saja yang dibutuhkan oleh tim untuk mengeksekusi pekerjaannya masing-masing. Misalnya, tim marketing membutuhkan budget untuk mempromosikan bisnis ke media TV. Tugas Anda di sini adalah mendukung semua kebutuhan tim untuk mencapai tujuan bersama.

 

Ciptakan Kebersamaan & Kepercayaan

Dua hal ini adalah kunci utama untuk membangun sebuah tim yang solid dalam mencapai tujuan bersama. Untuk menciptakan kedua hal ini, cobalah untuk saling berbagi kepada rekan satu tim dalam keadaan suka maupun duka. Untuk menciptakan rasa saling percaya dan kebersamaan, Anda dapat mendorong anggota tim untuk saling peduli dan bekerja sama demi tujuan bersama. Anda juga dapat mengajak tim untuk keluar kantor bersama hanya sekedar untuk menonton ataupun makan bersama. Hal ini dapat membuat tim lebih dekat dan juga solid dalam pekerjaan.

 

Itulah kelima tips yang dapat Anda ikuti untuk membangun sebuah tim yang solid dalam sebuah bisnis. Dengan tim yang solid, bisnis dapat berkembang dengan mudah, karena tim adalah salah satu pondasi yang dapat mendorong kemajuan dan perkembangan sebuah bisnis. Setelah memperkuat anggota tim, Anda juga harus memperkuat posisi keuangan bisnis. Dengan keuangan yang stabil dan kuat, bisnis dapat lebih mudah berkembang dan bertahan dari banyak persaingan bisnis. Untuk melihat posisi keuangan bisnis, Anda dapat mulai membuat laporan keuangan.

 

Dengan laporan keuangan yang tepat, Anda dapat melihat kondisi keuangan perusahaan dengan mudah sehingga dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu dalam membuat laporan keuangan perusahaan dengan mudah, cepat, dan aman. Dengan mendaftarkan bisnis Anda ke Jurnal, Anda juga dapat memonitor keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun secara realtime. Info lebih lanjut mengenai Jurnal dapat Anda lihat di sini.

Author