Mekari Jurnal
Daftar Isi
6 min read

Tingkatkan Kualitas Pegawai dengan Leadership Training

Tayang 19 Apr 2023
Diperbarui 12 Oktober 2023

Sebagai pemimpin perusahaan dan ketua tim, Anda wajib membekali pegawai Anda untuk meningkatkan kemampuan serta membentuk karakter mereka agar siap bersaing. Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kualitas mereka adalah melalui leadership training atau pelatihan kepemimpinan.

Di era globalisasi ini, bisnis Anda dituntut untuk bersaing di dunia internasional.

Karena itu, Anda memerlukan pegawai berkualitas untuk mendukung jalannya bisnis Anda.

Sayangnya, menemukan pegawai yang berkualitas dengan kemampuan leadership sulit dilakukan serta membutuhkan waktu yang lama.

Berdasarkan survei yang dilakukkan Workplace Trends, hampir sebagian perusahaan menyatakan kepemimpinan adalah skill yang paling sulit ditemukan dalam diri pegawai.

Penelitian lainnya menyatakan hanya 36% pegawai yang menganggap leadership sebagai kekuatan dalam perusahaan.

Pegawai yang berkualitas dianggap sebagai harta berharga oleh perusahaan.

Namun terus mempertahankan tanpa memperlengkapi dapat menurunkan atau menghilangkan kualitas mereka.

Apa Itu Leadership Training?

Leadership training adalah pelatihan atau pembelajaran keterampilan kepemimpinan untuk meningkatkan kemampuan individu dalam memimpin sebuah tim atau organisasi.

Tujuan dari pelatihan kepemimpinan adalah untuk membantu individu mengembangkan keterampilan-keterampilan seperti komunikasi yang efektif, motivasi, pengambilan keputusan yang baik, manajemen konflik, dan kemampuan untuk menginspirasi dan memotivasi orang lain.

Pelatihan kepemimpinan dapat diadakan di dalam organisasi atau dilakukan secara independen melalui program-program pelatihan yang diselenggarakan oleh perusahaan pelatihan atau lembaga pendidikan.

Pelatihan kepemimpinan dapat dilakukan dengan cara klasikal, seperti seminar, lokakarya, atau pelatihan tatap muka, atau dengan menggunakan platform online, seperti webinar atau pelatihan berbasis e-learning.

Mekari University menyediakan program self-development termasuk leadership, yuk ikuti kursusnya!

Baca Juga : Pentingkah Program Leadership?

Pentingnya Leadership Training

Banyak perusahaan belum menyadari pentingnya leadership training atau latihan kepemimpinan bagi performa pegawai dan kesuksesan perusahaan.

Nyatanya, leadership training perlu dilakukan untuk membentuk dan meningkatkan kemampuan Anda serta pegawai.

Ada dua kemampuan yang dapat dikembangkan melalui leadership training, yaitu kemampuan teknis dan kemampuan manajerial.

Kemampuan Teknis

Leadership training akan meningkatkan kemampuan teknis yang berhubungan dengan bidang yang ditekuni.

Pegawai Anda akan semakin memahami pekerjaannya dan pekerjaan orang lain.

Pengetahuan yang bertambah serta kepercayaan diri yang terbentuk akan meningkatkan profesionalisme mereka dalam bekerja.

Leadership Training Tingkatkan Kemampuan Manajerial

Kemampuan mengelola atau manajerial berbicara mengenai kemampuan pegawai Anda dalam memimpin kelompok.

Dalam leadership training, kemampuan memimpin mereka seperti memutuskan, memotivasi, memecahkan masalah, dan kreativitas mereka akan diuji dan ditingkatkan sehingga mereka siap untuk memimpin kapanpun diperlukan.

manfaat leadership training

Baca Juga : Kembangkan Entrepreneurial Leader Anda!

Pegawai yang Berkualitas = Perusahaan yang Sukses

Percayakah Anda jika penerapan leadership training bagi pegawai dapat memajukan perusahaan?

Kenyataannya, terdapat tiga manfaat utama yang akan didapat oleh perusahaan dengan adanya leadership training.

Meningkatkan produktivitas perusahaan

Leadership training akan memperbaiki penjualan dan meningkatkan produktivitas perusahaan.

Berdasarkan data statistik, produktivitas perusahaan akan meningkat rata-rata 600% atau enam kali lipat jika para kepalanya mengikuti leadership training.

Hal ini membuktikan bahwa rasa tanggung jawab serta teamwork yang dibentuk saat pelatihan dapat memperkuat hubungan dan kerjasama tim sehingga mereka lebih semangat dalam bekerja.

Dengan demikian terjadi peningkatan signifikan dalam penjualan dan keuntungan yang didapat.

Baca Juga : 10 Keterampilan Manajerial yang Harus Dimiliki Pengusaha

Leadership Training Dapat Meningkatkan daya saing perusahaan

Kesiapan pegawai akan menentukan daya saing perusahaan.

Karena itu, perusahaan wajib mendidik pegawai untuk meningkatkan kualitas mereka.

Pegawai yang telah dibekali kemampuan leadership oleh perusahaan akan dapat bekerja secara maksimal.

Dengan tim yang solid dan skill yang dikuasai, pegawai Anda siap untuk membawa perusahaan bersaing dalam bisnis global.

Baca juga: Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan dan Usaha

Mengurangi turnover pegawai

Adanya leadership training akan memfasilitasi dan memperlengkapi pegawai Anda.

Sebuah penelitian mengungkapan hanya 35% manajer yang nyaman dengan pekerjaan mereka.

Hal ini dikarenakan sebagian besar dari mereka kurang percaya diri dan sulit untuk bekerja dalam tim.

Pelatihan leadership akan meningkatkan kemampuan berorganisasi dan skill mereka.

Mereka akan dimotivasi untuk berpikir positif dan bekerja sebaik mungkin.

Dengan demikian, kenyamanan, kepuasan, dan royalitas pegawai terhadap perusahaan semakin meningkat.

Kualitas pegawai adalah hal penting yang harus menjadi perhatian Anda.

Jika ingin bisnis Anda berkembang, latihlah mereka menjadi pemimpin, bukan pengikut.

Hal ini merupakan salah satu modal penting dalam berkembangnya bisnis menjadi lebih baik.

Baca Juga : 5 Interpersonal Skill yang Wajib Dimiliki Pengusaha

Bagaimana Cara Meningkatkan Leadership Skill Dengan Training Atau Pelatihan Yang Tepat?

Bagaimana Cara Meningkatkan Leadership Skill Dengan Training Atau Pelatihan Yang Tepat?

Kepemimpinan yang efektif adalah kunci kesuksesan bisnis, terlepas dari seberapa besar atau kecil organisasi tersebut. Pemimpin yang baik dapat mengarahkan dan memotivasi tim dengan cara yang tepat sehingga mencapai tujuan bersama dengan lebih efisien. Untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan, pelatihan atau training bisa menjadi solusi yang tepat.

Pelatihan kepemimpinan dapat membantu individu memahami konsep kepemimpinan yang berbeda dan mengidentifikasi keterampilan kepemimpinan mereka sendiri. Dalam pelatihan ini, peserta akan belajar bagaimana menjadi pemimpin yang lebih baik dengan cara mengasah keterampilan manajemen, komunikasi, dan kerjasama tim.

Beberapa jenis pelatihan kepemimpinan yang populer di antaranya adalah pelatihan manajemen, pelatihan komunikasi, dan pelatihan pengembangan tim. Pelatihan manajemen memberikan peserta pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana memimpin tim dengan efektif dan efisien.

Pelatihan komunikasi membantu peserta memahami bagaimana berkomunikasi dengan efektif untuk menginspirasi dan memotivasi anggota tim. Sedangkan pelatihan pengembangan tim membantu peserta memahami bagaimana membangun dan mempertahankan kerjasama tim yang baik.

Berikut adalah penjelasan lebih rinci mengenai jenis-jenis pelatihan kepemimpinan:

Pelatihan Manajemen

Pelatihan manajemen adalah jenis pelatihan kepemimpinan / leadership training yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan dalam mengelola tim secara efektif dan efisien. Pelatihan ini membahas topik-topik seperti pengembangan strategi, manajemen proyek, manajemen waktu, dan manajemen risiko.

Pelatihan Komunikasi

Pelatihan komunikasi adalah jenis pelatihan kepemimpinan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dalam memimpin dan menginspirasi tim. Pelatihan ini membahas topik-topik seperti berbicara di depan umum, mendengarkan dengan efektif, dan memberikan umpan balik yang konstruktif.

Pelatihan Pengembangan Tim

Pelatihan pengembangan tim adalah jenis pelatihan kepemimpinan / leadership training yang bertujuan untuk membantu pemimpin membangun dan mempertahankan kerjasama tim yang baik. Pelatihan ini membahas topik-topik seperti pengembangan keterampilan kerjasama, pengembangan keterampilan kepemimpinan, dan pengembangan keterampilan manajemen konflik.

Pelatihan Inovasi dan Kreativitas

Pelatihan inovasi dan kreativitas adalah jenis pelatihan kepemimpinan yang bertujuan untuk membantu pemimpin memperluas pemikiran kreatif mereka dan meningkatkan kemampuan mereka dalam menghasilkan ide-ide baru. Pelatihan ini membahas topik-topik seperti teknik brainstorming, pengembangan ide, dan pengembangan solusi kreatif.

Pelatihan Etika Bisnis

Pelatihan etika bisnis adalah jenis pelatihan kepemimpinan / leadership training yang bertujuan untuk membantu pemimpin memahami dan menerapkan standar etika bisnis yang tinggi. Pelatihan ini membahas topik-topik seperti integritas, tanggung jawab sosial perusahaan, dan keadilan dalam bisnis.

Dengan menjalani jenis pelatihan kepemimpinan yang tepat, pemimpin dapat meningkatkan keterampilan kepemimpinan mereka dan memimpin tim dengan lebih efektif dan efisien.

Namun, pelatihan kepemimpinan bukan hanya tentang memperoleh pengetahuan baru, tetapi juga menerapkannya dalam kehidupan nyata. Setelah mengikuti pelatihan, individu perlu menerapkan keterampilan dan pengetahuan baru mereka di tempat kerja. Melakukan praktik dan evaluasi diri secara teratur dapat membantu individu mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka lebih jauh.

Dalam memilih pelatihan kepemimpinan yang tepat, pastikan untuk mencari program yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Perusahaan dapat memilih pelatihan yang ditawarkan oleh penyedia pelatihan profesional, atau dapat membuat program pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Meningkatkan keterampilan kepemimpinan adalah investasi jangka panjang yang berharga bagi individu dan organisasi. Pelatihan yang tepat dapat membantu pemimpin menjadi lebih efektif, memotivasi tim, dan mencapai tujuan bersama dengan lebih baik.

Kategori : Business Management
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal