alt

“Apakah pegawai Saya berkualitas?”

Jika saat ini Anda merasa bisnis Anda belum berkembang, maka amati kinerja pegawai Anda dan pikirkanlah pertanyaan di atas. Faktanya, kinerja dan kualitas pegawai Anda sangat mempengaruhi perkembangan bisnis Anda.

Kualitas seorang pemimpin ditentukan oleh kinerja pegawainya. Pemimpin berkualitas akan mencari pegawai atau anak buah yang dapat meneruskan kepemimpinannya, bukan hanya sekedar dipimpin. Karena itu, penting bagi Anda untuk memiliki pegawai berkarakter dan memiliki kemampuan seorang pemimpin.

Pegawai Berkualitas: Dicari atau Dibentuk?

Di era globalisasi ini, bisnis Anda dituntut untuk bersaing di dunia internasional. Karena itu, Anda memerlukan pegawai berkualitas untuk mendukung jalannya bisnis Anda. Sayangnya, menemukan pegawai yang berkualitas dengan kemampuan leadership sulit dilakukan serta membutuhkan waktu yang lama. Berdasarkan survei yang dilakukkan Workplace Trends, hampir sebagian perusahaan menyatakan kepemimpinan adalah skill yang paling sulit ditemukan dalam diri pegawai. Penelitian lainnya menyatakan hanya 36% pegawai yang menganggap leadership sebagai kekuatan dalam perusahaan.

Pegawai yang berkualitas dianggap sebagai harta berharga oleh perusahaan. Namun terus mempertahankan tanpa memperlengkapi dapat menurunkan atau menghilangkan kualitas mereka. Sebagai pemimpin perusahaan dan ‘ketua’ tim, Anda wajib membekali pegawai Anda untuk meningkatkan kemampuan serta membentuk karakter mereka agar siap bersaing. Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kualitas mereka adalah melalui leadership training atau pelatihan kepemimpinan.

Pentingnya Leadership Training

Banyak perusahaan belum menyadari pentingnya leadership training atau latihan kepemimpinan bagi performa pegawai dan kesuksesan perusahaan. Nyatanya, leadership training perlu dilakukan untuk membentuk dan meningkatkan kemampuan Anda serta pegawai. Ada dua kemampuan yang dapat dikembangkan melalui leadership training, yaitu kemampuan teknis dan kemampuan manajerial.

Kemampuan Teknis

Leadership training akan meningkatkan kemampuan teknis yang berhubungan dengan bidang yang ditekuni. Pegawai Anda akan semakin memahami pekerjaannya dan pekerjaan orang lain. Pengetahuan yang bertambah serta kepercayaan diri yang terbentuk akan meningkatkan profesionalisme mereka dalam bekerja.

Kemampuan Manajerial

Kemampuan mengelola atau manajerial berbicara mengenai kemampuan pegawai Anda dalam memimpin kelompok. Dalam leadership training, kemampuan memimpin mereka seperti memutuskan, memotivasi, memecahkan masalah, dan kreativitas mereka akan diuji dan ditingkatkan sehingga mereka siap untuk memimpin kapanpun diperlukan.

Pegawai yang Berkualitas = Perusahaan yang Sukses

Percayakah Anda jika penerapan leadership training bagi pegawai dapat memajukan perusahaan? Kenyataannya, terdapat tiga manfaat utama yang akan didapat oleh perusahaan dengan adanya leadership training.

Meningkatkan produktivitas perusahaan

Leadership training akan memperbaiki penjualan dan meningkatkan produktivitas perusahaan. Berdasarkan data statistik, produktivitas perusahaan akan meningkat rata-rata 600% atau enam kali lipat jika para kepalanya mengikuti leadership training. Hal ini membuktikan bahwa rasa tanggung jawab serta teamwork yang dibentuk saat pelatihan dapat memperkuat hubungan dan kerjasama tim sehingga mereka lebih semangat dalam bekerja. Dengan demikian terjadi peningkatan signifikan dalam penjualan dan keuntungan yang didapat.

Meningkatkan daya saing perusahaan

Kesiapan pegawai akan menentukan daya saing perusahaan. Karena itu, perusahaan wajib mendidik pegawai untuk meningkatkan kualitas mereka. Pegawai yang telah dibekali kemampuan leadership oleh perusahaan akan dapat bekerja secara maksimal. Dengan tim yang solid dan skill yang dikuasai, pegawai Anda siap untuk membawa perusahaan bersaing dalam bisnis global.

Mengurangi Turnover pegawai

Adanya leadership training akan memfasilitasi dan memperlengkapi pegawai Anda. Sebuah penelitian mengungkapan hanya 35% manajer yang nyaman dengan pekerjaan mereka. Hal ini dikarenakan sebagian besar dari mereka kurang percaya diri dan sulit untuk bekerja dalam tim. Pelatihan leadership akan meningkatkan kemampuan berorganisasi dan skill mereka. Mereka akan dimotivasi untuk berpikir positif dan bekerja sebaik mungkin. Dengan demikian, kenyamanan, kepuasan, dan royalitas pegawai terhadap perusahaan semakin meningkat.

Kualitas pegawai adalah hal penting yang harus menjadi perhatian Anda. Jika ingin bisnis Anda berkembang, latihlah mereka menjadi pemimpin, bukan pengikut.

Link:

entrepreneur.com

business2community.com

pelatihan-sdm.net

Image:

unsplash.com

Author