unsplash.com

Memiliki bisnis yang kokoh dan berkembang merupakan impian setiap entrepreneur. Karena itu, Anda perlu mengembangkan kemampuan memimpin atau leadership skill. Tidak peduli sekreatif apa pun Anda, usaha Anda tidak akan berkembang tanpa adanya kepemimpinan. Penting bagi Anda untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan Anda sebelum memulai bisnis.

Entrepreneur VS Entrepreneurial Leader

Pada dasarnya, entrepreneur berbeda dengan entrepeneurial leader. Entrepreneur adalah sebutan bagi orang yang telah memiliki usaha sendiri. Perbedaan antara entrepreneur dengan entrepreneurial leader terletak pada kemampuannya memimpin.

Seorang entrepreneurial leader adalah pemimpin berjiwa entrepreneur. Jika Anda adalah seorang entrepreneurial leader, maka Anda dituntut untuk menjadi aktif, kreatif, dan inovatif dalam memimpin serta mengembangkan usaha Anda. Seorang entrepreneurial leader memiliki kemampuan yang tidak dimilliki oleh entrepreneur. Mereka seringkali dianggap lebih bertanggung jawab serta karena jiwa pemimpin serta kemampuan memimpin yang dimiliki.

Read More: Menjadi Pemimpin Kreatif Bagi Usaha Anda

5 Aspek yang harus dikuasai Entrepreneurial Leader

erdapat 5 aspek penting yang harus Anda kuasai untuk menjadi pemimpin dalam dunia bisnis atau entrepreneurial leader. Ke-5 aspek tersebut adalah aspek intelektual, emosional, sosial, kepribadian, serta aspek moral.

Aspek intelektual berbicara mengenai penggunaan akal budi atau pikiran Anda dalam menjalankan bisnis. Logika dan intuisi Anda sangat berperan besar menentukan sekuat apa kemampuan intelektual Anda. Sebagai pebisnis sekaligus pemimpin usaha, Anda dituntut untuk kreatif dan inovatif tanpa melupakan fakta dan data statistik. Sejauh apa usaha Anda berkembang akan menentukan secerdas apa Anda.

Aspek emosional merujuk kepada kemampuan Anda mengendalikan emosi. Emosi merupakan semua perasaan yang terdapat dalam diri Anda, termasuk senang, sedih, atau bosan. Untuk menjadi pemimpin yang profesional, Anda harus memiliki stabilitas emosi. Stabilitas emosi hanya dapat dimiliki jika Anda mengenal diri sendiri dengan baik. Dengan demikian, Anda dapat mengekspresikan apa yang Anda rasakan dengan cara yang tepat.

Aspek sosial berbicara mengenai kemampuan Anda dalam menjalin hubungan dan berkomunikasi dengan orang lain, baik anggota tim atau klien Anda. Sebuah hubungan dianggap efektif jika terjadi proses interaksi disana. Karena itu, Anda dituntut mampu mendengarkan serta mengkomunikasikan pemikiran Anda dengan mereka. Pemimpin dengan kemampuan sosial yang baik dapat menjalin hubungan yang baik serta minim konflik dalam waktu yang tidak terbatas.

Aspek kepribadian merujuk kepada cara Anda membawa diri di depan orang lain. Bagaimana Anda bersikap di depan orang lain akan menentukan pandangan dan opini mereka terhadap Anda. Sebagai entrepreneur dan pemimpin, Anda perlu membentuk image diri yang baik, kuat, dan profesional, sehingga orang lain percaya pada Anda.

Aspek terakhir yang harus dikuasai seorang entrepreneuerial leader adalah aspek moral. Dalam menjalankan bisnis, Anda perlu memperhatikan nilai serta norma yang berlaku di masyarakat. Berbisnis tanpa memperhatikan etika hanya akan membuat Anda terjerat masalah baik secara relasi maupun hukum.

Tidak mudah bagi seorang entrepreneur untuk memahami dan menguasai kelima aspek tersebut. Meskipun Anda telah dibekali kemampuan berbisnis, Anda tetaplah pemain baru dalam dunia bisnis. Jika Anda ingin menjadi seorang entrepreneur yang sukses, maka Anda perlu belajar menjadi seorang pemimpin.

Read More: Kualitas Seorang Pemimpin

Pemimpin Handal = Pebisnis Sukses

Sebelum menjadi pebisnis sukses, Anda harus siap memimpin terlebih dahulu. Pelatihan leadership merupakan cara efektif untuk membentuk jiwa serta mengembangkan entrepreneurial leader Anda. erikut ini merupakan hal yang dapat Anda lakukan setelah mengikuti pelatihan leadereship.

Membentuk Tim yang hebat dan kompeten

Kinerja tim Anda akan menentukan kesuksesan perusahaan. Dengan adanya kemampuan leadership, Anda dapat membentuk, mengarahkan, dan mengendalikan tim Anda. Anda akan membangun struktur tim yang solid sesuai dengan dan fungsi masing-masing anggta, menuntun mereka kepada visi Anda, serta mengawasi kinerja mereka agar tidak menyimpang dari tujuan.

Berani untuk bereksperimen

Dengan berbagai pengalaman yang Anda dapatkan melalui pelatihan leadership , Anda akan lebih berani dalam bereksperimen dan melakukan inovasi. Anda tidak takut gagal dan akan mecoba kembali. Seorang entrepreneurial leader akan lebih bijak dalam mempertimbangkan segala keuntungan dan risiko yang dihadapi daripada orang yang terjun langsung tanpa dibekali pengalaman atau skill.

Meningkatkan daya saing

Pelatihan leadership membuat Anda lebih peka terhadap setiap kesempatan yang datang. Dalam pelatihan leadership, kemampuan memimpin Anda seperti membuat strategi, menghadapi lawan, dan mengambil keputusam diasah dan dikembangkan sehingga Anda dapat berkompetisi dan siap memimpin di pasaran. Kepribadian yang kompetitif dan tidak mudah menyerah akan membuat Anda dapat memimpin tim bergerak cepat mencapai visi.

Read More: Pentingkah Program Leadership?

Sekarang Anda telah mengetahui pentingnya menjadi seorang entrepreneurial leader. Jika Anda tertarik untuk mengembangkan kemampuan memimpin dalam berbisnis, Anda dapat mulai mencari pelatihan-pelatihan leadership yang efektif bagi Anda dan perusahaan. Ingatlah bahwa Anda bukan entrepreneur biasa. Anda adalah entrepreneurial leader!

Image:

unsplash.com

Author