Jurnal Enterpreneur

Pentingnya Menetapkan Batas-Batas Dalam Bekerja

Kehidupan pekerjaan seringkali menyita waktu Anda. Hal ini membuat Anda kesulitan untuk mengelola waktu dan diri Anda dengan baik. Jika saat ini Anda lebih menghabiskan 80% waktu Anda di kantor, maka kehidupan Anda sedang tidak seimbang.
Tahukah Anda bahwa di Cina jumlah pegawai yang meninggal karena kelelahan bekerja mencapai 600 ribu orang? Hal ini terjadi karena mereka bekerja terus menerus dengan waktu istirahat yang sedikit, bahkan nyaris tidak ada. Bukan karena perusahaan tidak memberikan waktu, tapi mereka sendiri yang mau bekerja hingga lupa istirahat.

Mengapa waktu Anda habis untuk Bekerja?

Apakah Anda juga sedang mengalami hal yang sama? Mengapa Anda mengalaminya? Untuk mengetahuinya, mari perhatikan 3 penyebab utama seseorang dapat bekerja tanpa istirahat.

Kurangnya Pengelolaan Waktu

Pengelolaan waktu merupakan hal yang penting untuk dilakukan karena manajemen waktu Anda akan mempengaruhi seluruh kegiatan Anda selama 24 jam. Namun sayangnya, tidak semua orang dapat membagi waktu dengan baik karena kebiasaannya menunda pekerjaan. Akibatnya, pekerjaan akan dilakukan terburu-buru serta membuahkan hasil yang berantakan dan tidak maksimal.

Read More: Waktu, Perhatian, dan Prioritas

Terlalu Mencintai Pekerjaan

Pernahkan Anda fokus melakukan satu hal yang Anda suka tanpa memperhatikan sekeliling dan diri Anda sendiri? Jika ya, maka Anda terlalu mencintai pekerjaan Anda. Orang yang sangat menikmati pekerjaannya rela untuk fokus berjam-jam tanpa mempedulikan sekelilingnya.

Menikmati pekerjaan adalah hal positif karena akan meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil kerja Anda. Namun jika dilakukan tanpa henti, pekerjaan tersebut akan mempengaruhi kesehatan Anda. Sama seperti gigi yang bolong karena terlalu banyak makan permen, Anda pun akan mengalami gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi, liver, gagal jantung, dan batu ginjal jika terlalu memaksakan diri dalam bekerja.

Read More: Hati-Hati Budaya Workaholic

Ingin Cepat Sukses

Sukses merupakan impian semua orang. Baik dari segi kenaikan gaji maupun omset penjualan yang meningkat. Namun, tetap kendalikan diri Anda agar tidak menjadi orang yang “gila sukses”. Orang yang terobsesi dengan kesuksesan rela melakukan apa pun termasuk bekerja non stop untuk meningkatkan kemampuan diri sendiri maupun perusahaan. Sayangnya, bekerja tanpa henti justru tidak akan membuat Anda sukses. Sebaliknya, konsentrasi dan produktivitas Anda akan menurun karena telah terpakai tanpa istirahat.

Batasi Diri dan Waktu Anda!

Anda sering berpikir bahwa orang sukses adalah orang yang terus bekerja tanpa lelah. Pada kenyataannya, pebisnis besar seperti Warren Buffet sangat mementingkan keseimbangan hidup. Dia rela pergi beberapa jam dari kantor demi menikmati es krim bersama cucunya dan tidak ingin diganggu.

Keseimbangan hidup dan pekerjaan perlu dijaga agar Anda dapat menjalani hidup dengan tenang dan terkendali. Jika Anda bukan manajer diri yang baik, belajarlah untuk membuat batasan-batasan, baik dalam bekerja maupun beristirahat.

Belajarlah untuk menyelesaikan pekerjaan Anda sesuai waktu yang telah ditetapkan. Jika pekerjaan Anda membutuhkan waktu lama, Anda harus mengatur waktu untuk mencicil pekerjaan tersebut. Memikirkan pekerjaan setelah keluar dari kantor atau membawa pulang pekerjaan hanya akan mengurangi waktu istirahat Anda.

Membuat jadwal pribadi membantu Anda untuk mengatur waktu lebih baik. Jangan merasa terkekang oleh jadwal karena Andalah yang mengontrol kegiatan Anda sendiri. Justru, Anda menjadi lebih fleksibel dengan susunan kegiatan yang teratur. Ingat untuk menyusunjadwal Anda berdasarkan prioritas. Tentukanlah kegiatan-kegiatan yang membutuhkan perhatian lebih dan yang tidak. Jangan lupa menentukan deadline untuk setiap kegiatan, khususnya pekerjaan, untuk memacu produktivitas Anda. Dengan demikian pekerjaan Anda cepat selesai dan Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan lainnya.

Kurangi waktu lembur meskipun Anda ingin sekali mengambilnya. Bekerja lembur memang diperlukan untuk mengembangkan perusahaan, tapi tidak setiap hari. Bekerja terlalu keras hingga tengah malam akan menurunkan vitalitas Anda. Ingatlah bahwa tubuh Anda memerlukan istirahat untuk memulihkan aktivitas organ-organ vital seperti usus, paru-paru, dan jantung. Anda tidak mau terkena serangan jantung di masa produktif Anda, bukan?

Batasi diri dan waktu Anda dengan bijak agar keseimbangan hidup dapat terjaga. Hidup yang seimbang akan meningkatkan kualitas dan produktivitas Anda di segala aspek. Sudah siapkah Anda untuk mencapai kesuksesan? Gunakan Jurnal software untuk pengelolaan keuangan bisnis Anda yang lebih efektif.

Bagi Anda pengelola toko, Anda juga bisa mempelajari bagaimana cara mengatur stok barang dengan lebih mudah menggunakan program stok barang dari Jurnal.

Sumber:

TIME


Ditulis Oleh

Jurnal.id
Jurnal.id Website
Sign Up to Jurnal

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo