Jurnal Enterpreneur

Social Group: Solusi Bagi Anda yang Sibuk Bekerja

Pekerjaan yang menumpuk seringkali membuat Anda kesulitan untuk bersantai. Anda lebih sering menghabiskan waktu berjam-jam di kantor demi menyelesaikan tugas daripada meluangkan waktu bagi teman, keluarga, atau diri sendiri. Apalagi jika Anda tinggal di luar kota atau luar negeri tanpa teman atau saudara. Akibatnya, Anda jadi sulit membangun hubungan dan keseimbangan hidup Anda terganggu.

Mengapa Interaksi di Kantor Tidak Cukup?

Kantor adalah tempat Anda untuk bekerja. Apa pun yang Anda lakukan di kantor sebagian besar berhubungan dengan pekerjaan. Begitu pula ketika Anda sedang berkomunikasi dengan atasan, bawahan, atau rekan kerja Anda. Selain waktu istirahat, Anda akan fokus melakukan pekerjaan Anda.

Terus menerus ‘tinggal’ di kantor akan membuat Anda sulit untuk berinteraksi dengan orang lain baik teman atau saudara. Adanya internet tidak menjamin kualitas Anda untuk menjaga hubungan dengan orang lain. Internet hanya mempertemukan Anda dan lawan bicara lewat video atau chatting tanpa membangun hubungan yang bertahan lama.

Terlalu banyak menghabiskan waktu di kantor pada saat stres hanya akan menambah tekanan Anda. Jika terjadi masalah dengan bisnis Anda, akan sulit untuk mencurahkan isi hati Anda pada orang-orang di kantor. Meskipun Anda dituntut untuk profesional dalam bisnis, tapi ada saatnya Anda harus menjauhkan diri dari pekerjaan yang menumpuk untuk menenangkan pikiran. Oleh karena itu, Anda butuh ‘kehidupan’ di luar kantor.

Read More: Hati-Hati Budaya Workaholic!

Social Group = Solusi Tepat

Social Group atau kelompok sosial merupakan jawaban bagi Anda yang sulit bersosialisasi karena banyaknya pekerjaan. Social Group berisi orang-orang dengan minat atau pekerjaan yang sama sehingga komunikasi antar anggota lancar dan mudah dimengerti. Berikut ini merupakan manfaat dari social group yang perlu Anda ketahui.

  • Memperluas jaringan komunikasi. Bergabung dengan social group akan memperluas jaringan komunikasi serta jaringan bisnis Anda. Melalui pertemuan yang dilakukan, Anda dapat mengenal orang-orang baru yang sudah berpengalaman di bidangnya. Selain membicarakan proyek kelompok dan berdiskusi, Anda juga dapat melakukan kegiatan santai bersama dengan mereka.

  • Mempelajari hal baru. Menjadi anggota dari social group akan meningkatkan pengetahuan Anda. Anda dapat berkonsultasi dengan sesama anggota kelompok mengenai bisnis Anda. Suasana yang santai akan membuka pikiran dan mengasah kreativitas Anda. Anda dapat mempelajari strategi serta teknik baru tidak hanya di dunia bisnis saja, tapi juga mengenai hal-hal di luar bidang Anda. Dengan demikian Anda akan semakin informatif dan lebih kreatif dalam bekerja.

  • Mengurangi stres. Social group adalah cara terbaik menghilangkan stres. Melakukan kegiatan di luar kantor bersama kelompok akan membuat membuat pikiran Anda lebih tenang dan santai. Dalam social group, Anda dapat menceritakan masalah bisnis pada rekan kelompok serta mendiskusikan jalan keluar terbaik. Akhirnya, satu per satu masalah Anda dapat terselesaikan dan beban Anda semakin berkurang.

Read More: Waktu Luang Adalah Waktu Produktif Anda

Bagaimana Cara Bergabung dengan Social Group?

Cara menjadi anggota social group cukup mudah. Anda dapat memulai dengan membuat akun di aplikasi social group seperti meetup. Kemudian daftarkan diri pada social group yang menarik bagi Anda. Selanjutnya, Anda akan menerima email undangan mengenai waktu pertemuan kelompok. Anda dapat mengkonfirmasi kedatangan Anda dengan email atau menghubungi nomor yang tertera.

Salah satu keunggulan social group terletak pada fleksibilitas waktunya. Anda dapat menyesuaikan waktu pertemuan dengan jadwal Anda. Jika Anda tidak dapat mengikuti pertemuan saat ini, Anda dapat mengikuti pertemuan selanjutnya. Tidak akan ada sanksi atau hukuman akibat ketidakhadiran Anda.

Sekeras apa pun Anda bekerja, tetaplah luangkan waktu untuk melakukan kegiatan santai bersama kelompok Anda. Dengan demikian, Anda dapat membangun hubungan dan keseimbangan hidup Anda terjaga. Sudahkah Anda memiliki social group?

Read More: Waktu, Perhatian, dan Prioritas

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo