Membuat bisnis bertahan di dalam persaingan ternyata lebih sulit dibanding memulai bisnis. Untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnis, Anda membutuhkan model bisnis yang sesuai dengan jenis produk yang Anda tawarkan ke pelanggan. Model bisnis biasanya menggambarkan pemikiran tentang bagaimana sebuah perusahaan menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai-nilai, baik dari sisi ekonomi, sosial, atau bentuk lainnya. Berikut adalah 7 jenis model bisnis menurut buku “The Automatic Customer” yang ditulis oleh John Warrilow.

 

Membership Website Model

Dengan model membership atau keanggotaan, Anda dapat membuat pelanggan lebih loyal terhadap produk yang Anda tawarkan. Untuk membuat model bisnis ini, Anda harus menyediakan akses website yang memberikan informasi tertentu untuk model pembayaran regular secara berlangganan. Model bisnis ini hanya cocok untuk segmentasi yang jelas, seperti bisnis mobil antik, kolektor koin, furniture antik, dan lain sebagainya. Melalui model bisnis ini, pelanggan Anda dapat berinteraksi satu sama lain dan menyebarkan promosi word of mouth tanpa Anda minta.

 

All-You-Can-Eat Content Model

Menggunakan model bisnis ini berarti Anda harus menyediakan akses copyrighted content yang tepat untuk melakukan promosi berlangganan melalui media video atau TV streaming. Dengan adanya penawaran gratis (free offer) yang tidak terbatas dan banyak followers, audience, atau viewer, Anda akan menghasilkan upgrade pendapatan naik secara berkala dan alami.

 

Private Club Model

Bagaimanapun proses yang Anda jalani, Anda harus bisa meyakinkan pelanggan bahwa produk yang Anda tawarkan adalah produk yang langka dan harus dimiliki pelanggan. Lakukan model ini dengan pendekatan personal, dan usahakan untuk selalu menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Anda bisa mulai dengan memberikan informasi baru kepada pelanggan Anda secara berkala dan personal.

 

Front-Of-The-Line-Model

Model bisnis ini sangat cocok jika segmentasi pasar Anda menengah ke atas. Kenapa? Karena biasanya orang menengah ke atas tidak akan sensitif terhadap harga dan tidak suka mengantri. Dengan model bisnis, pelanggan akan membayar subcription atau biaya langganan agar tidak perlu lagi mengantri. Model ini dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan dalam menyelesaikan masalah IT tertentu di sebuah bisnis kecil.

 

Consumables Model

Jika Anda menawarkan produk konsumtif, Anda harus mulai memperhatikan tingkat kenyamanan konsumen Anda. Saat ini, banyak orang yang rela membayar sedikit lebih mahal demi mendapatkan kenyamanan. Meski begitu, jangan pernah juga remehkan tantangan logistik untuk memenuhi pesanan dan juga sediakan layanan yang memuaskan. Dan perlu diingat, sekali Anda mengecewakan dan tidak bisa memenuhi kebutuhan pelanggan, Anda bisa ditinggalkan mereka dengan mudah.

 

Simplifier Model

Dengan model bisnis ini, Anda harus memberikan pelayanan yang dapat membantu mengurus segala hal yang dibutuhkan pelanggan, sehingga pelanggan hanya perlu melihat hasil akhirnya saja. Bisnis yang cocok dengan model ini seperti tutor, ojek online, personal assistant, hingga konsultan pembukuan. Kunci bisnis ini adalah memastikan pelanggan tidak perlu mengingat jadwal, mengurus pembayaran, ataupun memikirkan kualitas.

 

Network Model

Model bisnis ini bermanfaat jika bisnis yang Anda jalani profitnya bisa bertambah seiring dengan meningkatnya orang yang bergabung dalam lingkup bisnis. Model bisnis ini dipopularkan dengan situs social media seperti LinkedIn. Di mana, semakin banyak aplikasinya diunggah, maka semakin besar juga profit yang akan didapatkan oleh perusahaan.

 

Itulah ketujuh model bisnis menurut  John Warrilow. Dengan menentukan model bisnis, Anda dapat lebih mudah dalam mengembangkan bisnis di dalam persaingan yang begitu ketat. Model bisnis yang sesuai dengan jenis produk yang Anda jual juga dapat menentukan kesuksesan bisnis Anda.

 

Selain model bisnis, Anda juga harus mulai memperhatikan keuangan jika ingin tetap bertahan dalam dunia bisnis. Dengan keuangan yang baik dan stabil, Anda dapat lebih mudah mengembangkan bisnis. Jurnal merupakan solusi keuangan yang dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis kapan dan di mana saja dengan mudah, cepat, dan aman. Di Jurnal, Anda dapat menerima berbagai laporan keuangan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda hanya dengan mencatat seluruh transaksi bisnis ke dalamnya. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga di Jurnal dan nikmati free trial hingga 14 hari.

Author