Mekari Jurnal
Daftar Isi
9 min read

10 Tips Memasarkan Promosi Toko Online untuk Tingkatkan Volume Penjualan

Tayang 06 Oct 2023
Diperbarui 06 November 2023

Bagi para pebisnis, menyusun konsep promosi dan mempraktikkan strategi pemasaran bisnis toko online yang baik tentu saja menjadi hal yang wajib dilakukan.

Sebagai pebisnis, Anda dituntut harus pandai dalam menentukan strategi bisnis yang digunakan untuk membuat bisnis Anda mampu bersaing dengan kompetitor lainnya.

Hal utama yang ditentukan dalam strategi bisnis adalah mengenai teknik pemasaran.

Bagaimana Anda ingin memasarkan produk Anda kepada para konsumen akan menjadi suatu hal yang mutlak harus dipelajari lebih dalam.

Memaksimalkan Pemasaran Toko secara Promosi Online

Dalam memasarkan produk toko secara online, strategi pemasaran 4p atau promosi dengan metode lain merupakan suatu hal yang sangat penting.

Dengan strategi yang tepat, maka penjualan produk Anda akan semakin dapat dimaksimalkan.

Lalu anda juga bisa memanfaatkan aplikasi seperti Mekari Jurnal untuk permudah kelola toko online Anda.

Untuk memaksimalkan pemasaran secara online, berikut ini ada beberapa strategi yang dapat Anda diterapkan dalam bisnis online:

  1. Membuat situs online shop di halaman pertama pencarian. Selain memudahkan untuk bertemu dengan pelanggan baru, hal ini juga dapat meningkatkan citra usaha yang sedang Anda jalani.
  2. Memaksimalkan jaringan dan relasi. Di dalam berbisnis, memiliki jaringan yang luas merupakan suatu hal yang sangat penting. Dengan membangun jaringan yang baik, maka Anda dapat memasarkan produk yang ada dalam jangkauan yang luas.
  3. Memberikan konten marketing yang menarik. Sebagai pebisnis, Anda harus memberikan konten menarik yang membuat pengunjung tertarik untuk datang ke online shop Anda. Konten pemasaran dapat berupa artikel video atau gambar yang sesuai dengan bisnis yang dijalani.
  4. Memaksimalkan penggunaan digital marketing. Integrated digital marketing dalam sebuah bisnis dianggap seperti efek bola salju. Bola salju yang awalnya tidak seberapa akan menjadi semakin besar ketika menggelinding semakin jauh. Dalam bisnis, fenomena ini dijadikan sebuah teknik untuk memulai usaha dari kecil secara konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal.
  5. Memaksimalkan platform understanding. Menjadi seorang pebisnis Anda memang harus selalu up-to-date dan mengikuti tren yang ada. Anda harus fleksibel dalam menggunakan beragam media sosial yang saat ini sedang banyak digunakan oleh masyarakat. Selain itu, Anda juga harus memiliki pola pikir yang tidak kaku dan terus mengikuti tren yang ada.
  6. Tentukan target yang jelas sebagai landasan awal. Target pemasaran menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Tentukanlah target pasar tertentu dan bidik kalangan tertentu saja yang akhirnya akan membuat Anda lebih mudah dalam memilih strategi pemasaran yang tepat untuk hasil yang lebih maksimal.
  7. Membangun aftersales yang komprehensif. Setelah pelanggan telah berhasil melakukan pembelian, perusahaan dapat memastikan apakah pembeli sudah merasa puas dengan layanan atau produknya seperti melalui layanan customer support.
  8. Menerapkan metode affiliate marketing, artinya membayar seseorang untuk memasarkan produk atau layanan bisnis dan jika berhasil menjual akan mendapat komisi.
  9. Strategi menggunakan influencer, tentunya untuk strategi ini memerlukan biaya yang cukup lumayan, namun dapat memberikan dampak peningkatan penjualan dan brand yang signifikan.
  10. Selain melakukan content marketing, Anda juga dapat menerapkan video marketing di mana saat ini banyak orang yang lebih tertarik untuk menontonnya sehingga lebih efektif untuk melebarkan jangkauan penjualan dan pengenalan barang.

Mekari Jurnal Bantu Membuat Keputusan Bisnis yang Lebih Akurat dan Tepat

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi dengan Sales Mekari Jurnal Sekarang!

7 Strategi Promosi Marketing untuk Bisnis Toko Online Anda

Dalam sebuah perusahaan, strategi promosi marketing memegang peran penting untuk melakukan komunikasi terpadu yang bertujuan memberi informasi dari pihak perusahaan kepada konsumen mengenai barang atau jasa.

Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen atau pelanggan.

Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan ini, kemudian dikenal menjadi konsep marketing yang biasa disebut 4P, yaitu Product, Price, Place, dan Promotion.

Berikut ini merupakan penjelasan tentang 4 strategi promosi marketing untuk bisnis online Anda.

1. Gambar Produk Sesungguhnya

Dunia fotografi semakin berkembang, sehingga barang sederhana bisa diabadikan dengan tampilan lebih indah ketimbang aslinya.

Kenyataannya, dalam penjualan online, seorang calon konsumen tidak pernah melihat barangnya secara langsung.

Karena itu, menjual sesuai gambar yang ditayangkan dan memberi kualitas yang pantas adalah alat marketing online yang baik untuk mendatangkan repeat order atau pembelian kembali.

Gunakan gambar sesungguhnya dengan estimasi harga yang sesuai, untuk memenuhi ekspektasi konsumen dan menghindari kesan penipuan terhadap barang yang Anda jual, sehingga konsumen tidak merasa kecewa.

Baca juga: Memanfaatkan Iklan Gratis untuk Meningkatkan Penjualan

2. Gunakan Facebook Marketing Sebagai Strategi Promosi Marketing Toko Online

Hampir semua orang  dalam usia yang bervariasi mengenal Facebook dan aktif menggunakannya, ini bisa jadi pasar yang sangat potensial.

Meskipun saat ini banyak media sosial lain yang bisa Anda gunakan, namun tidak bisa dipungkiri  bahwa Facebook yang memiliki 111 juta pengguna aktif di Indonesia.

7 Strategi Promosi Marketing untuk Bisnis Toko Online Anda

3. Bergabung dengan Marketplace

Seiring menjamurnya bisnis online, banyak pihak yang mengambil keuntungan dengan melakukan penipuan.

Masyarakat tentu saja menjadi sedikit khawatir dengan fenomena ini.

Untuk meyakinkan kembali para konsumen agar berbelanja online.

Tidak ada salahnya jika Anda bergabung dengan beberapa marketplace atau e-commerce yang bisa menjadi pihak ketiga untuk pembayaran, sehingga konsumen merasa aman.

Bergabung dengan marketplace akan menjadi alat marketing yang baik bagi bisnis Anda, karena secara otomatis produk yang dijual akan muncul setiap orang melakukan pencarian sesuai deskripsi produk pada situs market place yang Anda pilih.

4. Manfaatkan Situs Penyedia Iklan

Untuk metode pemasaran online berikutnya Anda bisa memasang iklan melalui situs penyedia iklan. Seperti, Google Adwords, SEO, dan social media seperti Facebook Ads, Instagram Ads, maupun Twitter Ads.

Dengan menggunakan situs penyedia iklan ini, usaha marketing Anda akan semakin optimal karena situs-situs tersebut akan membantu traffic pengunjung menjadi semakin tinggi. Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai situs iklan di atas.

5. Google Adwords

Google AdWords adalah sebuah strategi promosi marketing baru yang menggunakan mesin pencarian Google sebagai sarana beriklan.

Biasa disebut juga sebagai Search Engine Marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari.

AdWords memungkinkan Anda untuk menargetkan calon pelanggan berdasarkan keyword, topik, lokasi, hingga waktu.

Bukan hanya itu, Anda juga dapat memulainya sesuai dengan budget pemasaran yang Anda miliki.

6. SEO

Search Engine Optimization atau SEO yaitu proses untuk memengaruhi tingkat keterlihatan suatu website di hasil pencarian di Google.

Jadi dengan menggunakan dan mengoptimalkan SEO, website yang Anda miliki bisa berada pada posisi teratas.

7. Social Media

Instagram Ads, Facebook Ads, maupun Twitter Ads masih bisa diandalkan untuk mengoptimalkan produk Anda dengan biaya yang cukup terjangkau.

Facebook Ads misalnya, bisa memperkuat Fans Page yang sebelumnya telah Anda buat untuk memiliki jangkauan visibilitas  atau keterlihatan lebih luas.

Dengan variasi biaya yang bisa dipilih sesuai dengan budget dan juga tujuan Anda memulai iklan, misalnya untuk menambah followers, like dan comment, ataupun traffic ke website.

Dengan menggunakan strategi marketing yang tepat, produk Anda akan terlihat secara luas sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan angka penjualan.

Setelah proses marketing bisnis Anda berjalan dengan baik, Anda juga harus mulai mengelola keuangan dengan baik.

Dengan pengelolaan keuangan yang baik dan tepat, strategi marketing dapat terus berjalan dan bisnis pun akan terus berkembang.

Jurnal adalah penyedia aplikasi bisnis online yang memiliki fitur pembukuan di android yang akan membantu Anda mengelola keuangan bisnis Anda lebih baik kapan saja dan dimana saja.

Konsep Promosi Toko Online Menggunakan Konsep Psikologi

Konsep Promosi Toko Online Menggunakan Konsep Psikologi

Menurut Dr. Robert Cialdini dalam bukunya yang berjudul “Influence: The Psychology of Persuasion”, konsep psikologi mampu menciptakan sebuah persuasi yang baik dan efektif untuk memaksimalkan konsep promosi toko online.

Lalu seperti apakah konsep promosi toko online dengan menggunakan konsep psikologi? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

1. Timbal Balik

Konsep psikologi pertama yang dapat dimaksimalkan dalam konsep promosi toko untuk meningkatkan penjualan bisnis online adalah timbal balik.

Dalam sebuah hubungan manusia, menurut Dr. Robert akan muncul sebuah timbal balik untuk melakukan hal serupa dengan apa saja yang dilakukan oleh pihak lainnya.

Sebagai contohnya, jika A memberikan X maka B cenderung akan memberikan hal yang sama yaitu X atau X1.

Dari sinilah Anda sebagai pebisnis online dapat menerapkan konsep tersebut untuk melakukan promosi.

Misalnya dengan cara Anda memberikan sesuatu secara gratis seperti hadiah untuk promo awal, maka konsumen akan memberikan suatu timbal balik seperti loyalitas.

Baca juga: Tips Mengelola Keuangan Bagi Usaha Toko Online

2. Komitmen

Seperti yang sudah diketahui bahwa hampir tidak ada manusia yang mau atau suka dikhianati dan dibohongi.

Dari sinilah Anda sebagai pebisnis toko online juga harus memahami konsep ini sehingga jangan sampai dalam usaha promosi yang Anda jalankan Anda mengecewakan para konsumen Anda dengan janji-janji palsu.

Jika Anda menyatakan bahwa Anda akan melayani pembelian secara cepat atau fast response, maka Anda harus melaksanakannya atau jika Anda menyatakan bahwa Anda akan memberikan gratis ongkos kirim, maka Anda juga harus memenuhinya.

Komitmen merupakan sebuah kewajiban yang harus dipenuhi jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari usaha promosi.

3. Wibawa atau Authority

Konsep psikologi selanjutnya yang akan membantu Anda memaksimalkan promosi toko online adalah wibawa atau authority.

Menurut Dr. Robert, psikologi manusia menunjukkan sebuah kebiasaan umum di mana mereka akan lebih mudah untuk patuh terhadap perkataan atau perintah dari orang yang disegani atau dikagumi.

Dari sinilah Anda sebagai penjual harus bisa membangun wibawa atau kredibilitas yang baik agar para konsumen bersedia untuk menjadi pelanggan setia.

Pada umumnya, jika pembeli sudah menganggap penjual adalah seseorang yang berwibawa maka mereka akan selalu mengandalkan Anda.

Dengan begitu, para konsumen akan mudah menerima dan mengolah setiap informasi yang Anda sampaikan termasuk ketika Anda menginformasikan promo.

Baca juga: Meningkatkan Minat Pelanggan dengan Visual Marketing

4. Social Proof

Social proof merupakan sebuah konsep psikologi dimana manusia akan cenderung lebih mudah yakin dan percaya jika sebagian besar orang di sekitarnya membicarakan hal tersebut.

Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan konsep tersebut untuk kegiatan promosi usaha Anda. Caranya, Anda bisa memanfaatkan media sosial dan teknik testimoni.

Itulah beberapa informasi yang dapat Anda pelajari dan bisa dipraktekkan untuk bisnis yang sedang Anda jalankan.

Teknik pemasaran yang tepat memang akan memberikan hasil yang maksimal dalam menarik konsumen.

Tentukan konsep promosi yang paling tepat untuk bisnis toko online Anda, dan tingkatkan keuntungannya.

Gunakan Aplikasi Untuk Kelola Akuntansi Bisnis Anda

Sementara untuk pengelolaan keuangan bisnis, jangan habiskan waktu dan tenaga Anda untuk melakukannya dengan cara manual yang merepotkan.

Gunakan aplikasi akuntansi online yang terpercaya seperti Jurnal.

Mekari Jurnal sebagai aplikasi pembukuan usaha kecil dapat digunakan dengan mudah oleh siapa saja, bahkan bagi mereka yang tidak memiliki latar belakang pendidikan akuntansi sekalipun.

Daftarkan bisnis Anda pada software akuntansi online Jurnal sekarang juga!

Lihatlah bagaimana Jurnal akan memberikan Anda layanan pembukuan toko yang memuaskan dan memberikan banyak keuntungan. Tertarik mencoba!?

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi dengan Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal