10 Tips Mencari Mitra Bisnis untuk Keberhasilan Usaha

Memiliki mitra usaha sangatlah dibutuhkan ketika hendak membangun sebuah bisnis. Kemitraan dalam bisnis ini bisa membuka peluang pada sebuah keberhasilan.

Contohnya, tidak memiliki modal bukan berarti kamu tidak bisa menjalankan operasional usaha. Kamu bisa seseorang yang bisa menginvestasikan uang mereka untuk kemajuan bisnismu.

Yang paling penting dalam mencari mitra usaha adalah kedua belah pihak harus saling sepakat bukan karena terpaksa.

4 Alasan Kenapa Bisnis Butuh Perencana Keuangan

Oh iya, kemitraan dijalin tidak sebatas saat usaha kamu menghadapi masalah keuangan saja lho. Yuk, cari tahu tentang mitra usaha.

Apa itu mitra bisnis?

Mitra bisnis disebut juga rekan bisnis atau business partner mengacu pada aktivitas bisnis yang dilakukan oleh seseorang atau lembaga dengan tujuan komersial atau perluasan bisnis.

Pemilik usaha dan partner yang dipilih, bekerja sama dengan sebuah jalinan pada bisnis yang dijalankan. Usai bekerja sama, pihak-pihak terlibat diharapkan memberikan sumbangsih untuk keberlangsungan bisnis berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan.

Secara khusus, terjalinnya kemitraan dengan perusahaan yang lebih besar akan menguntungkan usaha kecil karena berpeluang mempunyai keuntungan besar. Usaha kecil atau skala menengah bisa mendapatkan manfaat dari pasar, manajemen keuangan, serta kemajuan teknologi yang dipunyai mitranya.

Jadi, idealnya, mitra usaha adalah partner yang mampu memberi sesuatu atau sumbangsih untuk keberlangsungan usaha berdasarkan tujuan utama bersama yang telah ditetapkan.

Tujuan mitra usaha

Ada beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan dengan dibentuknya kemitraan. Tujuan tersebut antara lain:

1. Membangun perusahaan

Menjalin hubungan mitra dengan perusahaan lain di berbagai skala akan sangat menguntungkan. Terutama bagi kamu yang punya perusahaan yang baru berkembang atau baru saja berdiri.

Dengan adanya mitra usaha, perusahaan kamu diharapkan akan berkembang menjadi lebih besar. Tidak terbatas pada keuntungan pendapatan saja tapi juga berupa perluasan usaha atau perluasan jaringan.

Demikian pula perusahaan besar yang bisa mendapatkan omzet tambahan. Perusahaan besar bisa terbantu dengan terjalinnya rekan bisnis dengan perusahaan kecil mengingat perusahaan kecil lincah dalam operasional bisnis.

2. Menumbuhkan perekonomian

Umumnya, jalinan mitra usaha bermuara pada pada pertumbuhan ekonomi perusahaan. Mengapa demikian? Adanya hubungan kerja sama menjadikan pencapaian tujuan bisa dilakukan dengan lebih optimal.

Namun, pada dasarnya pertumbuhan ekonomi sendiri sebenarnya tergantung oleh kemampuan seseorang dalam mengelola bisnisnya dan mengambil keputusan serta upaya untuk semakin mengembangkan usaha.

Kedua pihak bisa melakukan inovasi yang saling sudah dibicarakan untuk adanya kemajuan bersama.

3. Menjalin hubungan sosial

Selain tujuan ekonomi, siapa sangka kalau mitra usaha juga dijalin atas dasar keinginan untuk menciptakan hubungan sosial yang baik dengan perusahaan lain.

Jadi tidak semata dijalankan untuk menumbuhkan perekonomian perusahaan, sering kali sebuah perusahaan juga melakukan gerakan kemanusiaan untuk tujuan sosial.

Ciri-ciri mitra usaha

Dalam menentukan mitra usaha, ada ciri tertentu yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Beberapa ciri-ciri mitra usaha sebagai berikut:

1. Ada jalinan kerja sama

Hubungan kerja sama bisa dijalin antara dua perusahaan atau lebih. Umumnya hubungan ini terjalin antara suatu perusahaan dengan perusahaan kecil yang biasanya dilakukan dengan menandatangani sebuah dokumen perjanjian yang tentu saja dilindungi hukum.

Isi perjanjian tersebut adalah beberapa hal penting salah satunya tujuan yang ingin dicapai bersama. Jadi dalam hubungan kerja sama ini, kedua belah perusahaan tetap harus berpedoman pada perjanjian yang sudah disepakati dalam menjalankan operasional.

2. Pengembangan bagi perusahaan kecil

Kemitraan ini biasanya dijalin oleh sebuah perusahaan dengan perusahaan lain yang skalanya lebih kecil dari segi modal atau yang berkaitan dengan proses operasional. Lihat juga bagaimana aplikasi perkantoran membantu bisnis perusahaan.

Perusahaan kecil dapat semakin dibina dan dikembangkan dengan hadirnya rekan bisnis. Kondisi tersebut akan membuat perusahaan kecil tetap bertahan dalam kondisi apa pun. Alhasil, tujuan internal perusahaan maupun kerja sama dengan mitra bisa lebih mudah dicapai.

3. Hubungan yang saling menguntungkan

Dalam mitra usaha terkandung sebuah motivasi bersama yang mengacu pada adanya keuntungan yang didapatkan kedua belah pihak. Oleh karena itu, suatu hubungan mitra antara dua perusahaan atau lebih sudah tentu harus diusahakan.

Tujuannya agar kerja sama bisa berjalan dengan saling memberikan dukungan antara perusahaan yang satu dengan yang lain.

Jadi, hubungan yang dijalin diharapkan bisa menguntungkan semua pihak perusahaan sehingga masing-masing perusahaan bisa tetap berdiri.

Cara mencari mitra usaha yang tepat

Mitra usaha bisa dilakukan oleh dua perusahaan atau lebih. Semua perusahaan juga tentunya tidak mempunyai bidang dan pencapaian yang sama.

Maka dari itu perlu adanya cara-cara yang harus dipikirkan agar mendapatkan rekan bisnis yang tepat, Berikut caranya:

1. Passion yang sama

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan sebelum menentukan perusahaan mana yang akan dijadikan mitra adalah passion dari calon mitra. Jika kamu sudah mengetahuinya, maka langkah selanjutnya akan lebih mudah dilakukan.

Carilah rekan usaha yang memiliki passion sama. Dengan begitu, kamu dan rekan bisnis bisa terhindar dari hal-hal buruk yang mungkin saja terjadi saat masa kemitraan berlangsung.

Contoh mitra usaha, jika kamu punya usaha kuliner, pastikan mitra usaha tersebut memiliki passion di bidang kuliner.

2. Punya integritas

Integritas sangat dibutuhkan dalam menjalankan usaha. Jika tidak, mungkin saja usaha kamu bakal banyak menghadapi konflik dan bisa berakhir pada kegagalan. Integritas yang dimaksud adalah kemauan untuk terus maju, tidak kenal lelah, dan pantang mundur.

Nilai integritas muncul ketika rekan bisnis kamu punya visi yang sama. Perhatikanlah niat dari mitra usaha kamu sebelum menjalin hubungan kerja sama dengannya.

Integritas yang tinggi akan membuat kamu dan rekan membuka peluang kesuksesan dan keuntungan.

3. Junjung tinggi kejujuran

Kejujuran adalah mata uang yang berlaku di mana termasuk dalam mitra usaha. Ketahuilah seberapa jujur calon rekan bisnis kamu dalam menjalankan sebuah usaha mengingat mendapatkan keuntungan dari jalinan kerja sama membutuhkan waktu.

Maka dari itu, carilah partner usaha yang selalu jujur karena bisa mempengaruhi jalannya. Jujur di sini tidak melulu soal, tapi lebih luas lagi soal keterbukaan. Semakin terbuka jalinan kerja sama, hubungan persuhaan kamu dan mitra dapat berjalan dengan baik.

4. Kapabilitas yang mumpuni

Kapabilitas dalam kemitraan usaha bisa diartikan sebagai kemampuan dan keterampilan dalam menjalankan bidang usaha yang akan ditekuni.

Jika kamu memilih rekanan yang tidak memiliki kapabilitas, bisa saja usaha yang baru dibuka berhenti di tengah jalan. Misalnya, saat kamu berniat mencari mitra atau rekan usaha di bidang fashion, pastikan bahwa calon mitra adalah yang memiliki pengetahuan tentang garment. Seperti halnya pemilihan aplikasi bisnis untuk usaha, kita juga perlu hati-hati dalam mencari mitra yang bisa membantu usaha.

5. Mau diajak bekerja Sama

Mitra sendiri mengacu pada sebuah hubungan saling mengikat. Akan ada banyak kerja sama yang akan terjalin ke depannya. Dengan begitu, sudah tentu kamu harus mencari mitra yang terbuka dan mau bekerja sama.

Menjalin hubungan dengan mitra ibarat roda pada kendaraan. Jika roda pada sebuah sisi tidak bergerak dengan baik, maka akan berpengaruh pada roda pada sisi lain.

6. Siap tempur titik penghabisan

Saat ini banyak orang yang tertarik menjalankan usaha. Namun, banyak juga yang berakhir dengan gulung tikar. Salah satu penyebab utama dari fenomena ini salah satunya adalah mitra usaha yang tidak siap berjuang hingga akhir.

Penting bagi kamu untuk mencari mitra usaha yang tahan banting, siap bertempur sampai titik darah penghabisan.

7. Mau berbagi

Berbagi dalam hal ini adalah bagaimana mitra dapat mempengaruhi dalam pembentukan identitas dan tindakan positif pada perusahaan kamu.

Saat kedua mitra menemukan nilai-nilai yang ada pada kerja sama yang terjalin maka akan muncul keselarasan, etos kerja pun akan terbangun dengan baik.

8. Saling memberi dan menerima

Seorang mitra tidak hanya mau memberi, tapi juga menerima dalam memiliki sifat yang terbuka. Keterbukaan di sini bisa diartikan mau menerima masukan-masukan demi keberlangsungan usaha.

Jika terlaksana, sangat mungkin hubungan mitra usaha bisa terasa seperti adanya ikatan keluarga. Untuk mencapainya, kamu harus sabar karena perlu proses yang tidak sebentar. Hal tersebut adalah salah satu alasan sebagian orang memilih rekan bisnis yang sudah lama dikenal.

Bermitra dengan orang yang sudah dikenal mempunyai banyak kelebihan, salah satunya adalah kamu bisa memahami karakter, passion, bahkan emosi, dari rekan bisnis kamu.

9. Saling mendukung satu sama lain

Saat menjalin kerja sama untuk menggapai kesuksesan, perlu adanya sikap saling mendukung antar mitra. Dukungan tersebut bisa berupa sokongan moril.

Dengan saling mendukung, itu artinya kamu dan mitra bisnis telah sama-sama beritikad untuk mencapai tujuan yang sama. Dengan demikian, tidak ada alasan lagi untuk saling menyalahkan atau menjatuhkan saat kerja sama berlangsung.

Sikap saling mendukung sangat diperlukan saat usaha sedang berada pada masa-masa yang kurang baik. Penting bagi kamu untuk memiliki mitra yang memiliki sifat saling mendukung.

10. Mau tumbuh bersama

Carilah calon rekan yang memiliki tujuan yang jelas dalam menekuni sebuah bidang usaha dan benar-benar memiliki keseriusan untuk menggapai kesuksesan.

Carilah rekan yang mau mengesampingkan urusan pribadi saat sedang bersama-sama menjalankan sebuah bidang usaha.

Dengan informasi di atas, kamu bisa tahu bagaimana cara mendapatkan mitra usaha yang tepat sehingga tujuan bisa tercapai.

Semua perusahaan tentu tidak mempunyai bidang dan pencapaian yang sama. Maka dari itu perlu adanya cara-cara yang harus kamu pikirkan agar mendapatkan rekan usaha yang tepat. Selamat mencoba.

Atur Laporan Keuangan Kemitraan dengan Jurnal dari Mekari

Jurnal.id membantu laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal.id adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal.id hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Jurnal.id, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Jurnal.id bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan software akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Nikmati kesempatan free trial Jurnal selama 14 hari.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo