Apa yang dimaksud Industri Kreatif? Apa Manfaatnya?

Industri kreatif adalah sebuah bidang yang sangat diminati oleh generasi muda saat ini yang memang suka untuk menuangkan ide maupun bakat yang mereka miliki. Bisa dikatakan untuk saat ini industri kreatif terus bergerak dan mengalami perkembangan yang baik di Indonesia.

Hal ini pun bisa menjadi sebuah penanda di mana sebuah inovasi yang digagas oleh generasi muda ini bisa dan banyak yang mampu untuk menunjukan bahwa perekonomian yang terjadi di Indonesia terus mengalami perkembangan dan selangkah lebih maju.

apa yang dimaksud industri kreatif

Adanya perkembangan global juga menjadi salah satu faktor yang memberikan pengaruh pada industri kreatif ini dalam perekonomian karena bagaimanapun sebuah kreativitas merupakan hal yang sangat dibutuhkan pada era globalisasi saat ini apalagi kini persaingan terus meningkatkan dan ketat di antara pelaku ekonomi.

Adanya industri kreatif ini bisa menjadi sebuah pembeda dari begitu banyaknya produk sejenis yang saat ini beredar di dunia bisnis. Hal ini karena produk produk yang ada tersebut merupakan sebuah hasil dari kreativitas yang dapat melahirkan sebuah keunikan maupun inovasi produk di mana hal ini bisa menjadi pelopor yang penting.

Dengan tumbuhnya inovasi serta kreativitas yang begitu banyak dihasilkan dari industri kreatif membuat industri kreatif bisa dipertimbangkan untuk menjadi salah satu industri yang sebaiknya diperhatikan oleh pemerintah.

Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh pemerintah untuk mendukung industri kreatif adalah dengan memberi bantuan modal hingga pemasaran produk produk agar industri satu ini bisa terus tumbuh dan berkembang dengan baik.

Saat ini, melalui sebuah survei yang telah dilakukan pada tahun 2018 menyebutkan bahwa perkembangan industri kreatif yang ada di Indonesia mampu menyumbang hingga sebesar 852 triliun rupiah atau setara dengan 7.3 persen dari total PDB (Produk Domestik Bruto) negara.

Oleh karena itu, tidak akan mengherankan apabila banyak generasi muda yang begitu suka dan berminat dengan industri kreatif ini karena memang angka yang dihasilkan tersebut sangat fantastis dan cukup menjanjikan.

Selain itu, barang yang diproduksi atau diciptakan memiliki tampilan yang berbeda jika dibandingkan dengan produk sejenis yang telah ada di dunia bisnis.

Hal ini karena produk produk yang dihasilkan memang murni dari kreativitas yang mampu menghadirkan suatu inovatif, otentik, dan unik yang mungkin bisa menjadi sebuah pioner dalam bidangnya.

Apa itu Industri Kreatif?

Industri kreatif adalah suatu aktivitas di mana Anda menciptakan sesuatu dengan kreativitas serta ide yang diberikan oleh individu maupun sekelompok orang yang bisa menghasilkan sebuah karya tanpa harus mengeksploitasi sumber daya alam.

Dari produk yang diciptakan dari gagasan ide serta kreativitas ini nantinya dan menjadi suatu produk ekonomi yang dapat menghasilkan. Dalam pengertian yang lain apa yang dimaksud industri kreatif ini juga dapat dikatakan sebagai suatu industri yang memanfaatkan kreativitas, keterampilan, maupun bakat individu untuk memberi kesejahteraan.

Sekaligus lapangan kerja dengan menghasilkan produk dari cara mengeksploitasi ide kreativitas serta daya cipta dari individu tersebut. Dengan ide kreativitas tersebut diharapkan mampu untuk membuka dan memberikan semakin banyak lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Oleh karena itu, industri kreatif ini seharusnya dikembangkan lebih baik lagi karena bagaimana pun industri kreatif ini bisa menjadi salah satu faktor yang bisa menopang perekonomian indonesia.

Ketika bidang industri yang lain sangat bergantung pada peran dari kuantitas faktor industri seperti sumber daya alam serta manusia, maka jalannya industri kreatif ini lebih mengutamakan peran soft skill atau kualitas sumber daya manusia yang memang memiliki ide kreativitas yang inovatif serta talenta yang mumpuni.

Oleh karena itu, jangan heran ketika melihat industri kreatif yang berkembang saat ini umumnya dibentuk dan dikembangkan oleh seorang individu atau kelompok orang yang penuh dengan ide, intelektual, bakat, serta kreativitas untuk berkreasi menghasilkan suatu produk asli dan otentik yang sesuai dengan apa yang pasar minta.

Saat ini, persaingan yang terjadi di industri kreatif saat ini juga cukup bahkan sangat ketat. Hal ini karena tingkat peminat dari industri kreatif semakin mengalami peningkatan yang banyak.

Oleh karena itu, bagi individu atau kelompok yang bergerak pada bidang industri kreatif ini diharapkan untuk bisa peka terhadap perubahan perubahan yang terjadi disekitar serta sigap untuk melihat perkembangan pasar yang diminati saat ini.

Maka bisa disimpulkan bahwa apa yang dimaksud industri kreatif ini adalah sebuah konsep bisnis inovatif yang mengedepankan ide, informarsi, hingga gagasan kreativitas yang menjadi faktor utama.

apa yang dimaksud industri kreatif

Jenis Jenis Industri Kreatif

Negara kita, Indonesia sendiri telah memiliki beberapa jenis industri yang bisa dikatakan sebagai kreativitas yang dihasilkan dan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Oleh karena itu, negara Indonesia sendiri bisa dikatakan sebagai salah satu negara yang memiliki potensi untuk menumbuhkan atau mengembangkan industri kreatif tersebut.

Berikut ini akan kami sebutkan beberapa jenis dari industri kreatif, antara lain adalah:

Industri Musik

Salah satu jenis industri kreatif adalah industri musik. Seperti yang Anda telah ketahui bahwa musik sendiri merupakan sebuah bentuk atau cara untuk dapat mengekspresikan diri melalui bunyi.

Secara umum, unsur paling dasar dari musik itu sendiri adalah melodi, harmoni, irama. Sementara, untuk unsur pendukung dari musik itu sendiri adalah warna bunyi, ide, dan sifat.

Oleh karena itu, bisa dikatakan jika industri musik ini sendiri adalah sebuah proses dari penggabungan dan berbagai macam kegiatan mulai dari melakukan komposisi musik, melakukan rekaman, promosi, penerbitan, dan akhirnya pertunjukan musik yang sudah dihasilkan.

Jika dilihat maka musik bisa diartikan sebagai sebuah kegiatan atau usaha yang memiliki keterkaitan dengan pendidikan, kreasi atau komposisi, melakukan rekaman, hingga pertunjukan dari seni musik itu sendiri.

Salah satu cara agar industri musik ini tetap bisa bertahan adalah dengan cara tetap produktif dalam bermusik apalagi saat ini teknologi digital sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga hal ini bisa menjadi salah satu bantuan bagi para musisi untuk membuat rekaman video maupun audio dengan mudah dirumah dan membagikan musik yang sudah Anda buat ke platform media sosial.

Industri Film

Seperti yang Anda tahu bahwa industri kreatif ini memiliki potensi yang begitu besar terhadap perkembangan ekonomi Indonesia. Saat ini bisa dikatakan industri film telah menjadi salah satu industri kreatif yang sedang mengalami perkembangan yang baik.

Jika dilihat dari unsur industri kreatif maka industri film ini memiliki faktor pendukung seperti unsur budaya, fashion, hingga tempat wisata yang ada di Indonesia yang mana tempat tersebut biasanya dijadikan sebuah latar dalam sebuah pembuatan film.

Proses kreatif dari pembuatan film ini pada dasarnya bisa dimulai dari ide awal pembuatan film, penulisan skenario film hingga naskah, proses produksi film, pemilihan pemain hingga kru yang terlibat dalam proses pembuatan film serta bertugas untuk melakukan strategi promosi hingga melakukan pemasaran.

Industri Kerajinan

Bisa dikatakan untuk saat ini industri kerajinan adalah salah satu industri kreatif yang saat ini sedang berkembang dan banyak ditemukan.

Salah satu hal yang membuat industri kreatif ini bisa berkembang dengan baik dan banyak ditemukan dengan mudah adalah karena kerajinan sendiri sudah menjadi bagian dari kehidupan dan menjadi budaya sebagian besar masyarakat dari berbagai belahan dunia.

Biasanya industri kerajinan ini memanfaatkan bahan baku yang bisa diperoleh dari lingkungan sekitar seperti kayu, tanah liat, batu, logam, barang yang sudah tidak terpakai, dan lain sebagainya di mana bahan bahan tersebut di tangan seorang pengrajin bisa diolah kembali menjadi sebuah produk.

Misalnya produk mulai dari barang barang sederhana seperti peralatan rumah tangga sampai peralatan dengan desain yang modern yang memiliki nilai pakai tinggi serta estetis.

Industri Fashion

Salah satu jenis industri kreatif yang bisa dan mampu untuk bertahan seiring dengan perkembangan zaman adalah industri fashion. Apa pun hal yang terjadi seperti perang, resesi, maupun pandemi seperti sekarang ini tidak membuat industri kreatif pada bidang fashion akan terus berjalan dengan baik selama para desainer masih memiliki ide ide yang kreatif.

Para desainer seharusnya mampu untuk beradaptasi dengan keadaan yang terjadi di masyarakat agar bisa menciptakan sebuah tren fashion pada musim dingin, musim panas, bahkan ketika pandemi sekali pun.

Industri Kuliner

Bisa dikatakan industri kuliner ini juga bisa dikatakan sebagai industri kreatif. Selain itu, setiap wilayah di seluruh Indonesia tentunya memiliki kekayaan kuliner yang beraneka ragam. Hal ini lah yang membuat bidang industri kuliner bisa masuk ke dalam bidang industri kreatif yang tidak akan lekang oleh waktu.

Kegiatan dari industri kreatif pada bidang kuliner ini bisa meliputi pembuatan dari makanan makanan khas dari daerah yang ada di Indonesia. Tidak hanya itu, industri kreatif pada bidang kuliner ini pun juga bisa mencakup dari produk produk cemilan khas daerah yang ada pada wilayah wilayah yang ada di Indonesia.

Bisa dikatakan industri kreatif pada bidang kuliner ini memiliki prospek yang menjanjikan saat ini. Hal ini karena industri kreatif pada bidang kuliner memiliki nilai ekonomis, tetapi tetap dapat memiliki keuntungan yang besar.

apa yang dimaksud industri kreatif

Manfaat Industri Kreatif

Tentunya ini memiliki manfaat serta memberikan dampak yang begitu baik pada perekonomian Indonesia. Selain itu,  kreatif ini sangat baik untuk dikembangkan karena seperti yang Anda tahu saat ini Anda sudah tidak bisa lagi terus bergantung pada sumber daya alam mengingat bagaimana bahan baku yang bisa diambil dari alam saat ini sudah terbatas.

Oleh karena hal itu lah saat ini Indonesia sedang mencoba untuk mengikuti tren industri kreatif dari negara negara maju seperti eropa dan menjadikan industri kreatif ini sebagai tulang punggung dari perekonomian negara.

Tidak hanya akan memberi dampak yang baik pada perkembangan ekonomi yang dapat berkembang semakin baik, ini juga bisa menumbuhkan kreativitas serta inovasi produk dari masing masing pelaku bisnis terlebih di Indonesia sendiri memiliki begitu banyak sumber daya manusia atau tenaga kerja yang memiliki usia produktif.

Karena hal itu lah mungkin jika sebuah ide atau inovasi baru bisa tercipta dikalangan generasi tersebut sebenarnya bisa menjadi salah satu penopang bagi perkembangan ekonomi Indonesia maka dari itu tidak heran jika saat ini industri kreatif ini dilirik oleh pemerintah karena industri ini diharapkan bisa menjadi sebuah alternatif lain dari perkembangan industri saat ini.

Untuk membantu pengembangan industri kreatif ini pemerintah pun mengeluarkan kebijakan agar industri kreatif ini bisa terus tumbuh dan berkembang dengan baik di Indonesia apalagi jika melihat bagaimana dampak yang diberikan oleh industri kreatif ini terhadap perekonomian Indonesia seperti yang dilakukan negara negara maju sudah lakukan saat ini.

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa yang dimaksud industri kreatif yang saat ini memang sangat disukai dan diminati oleh para generasi muda.

Pada dasarnya, apa yang dimaksud industri kreatif ini sudah banyak diterapkan oleh negara negara maju khususnya di negara eropa serta amerika di mana negara tersebut memiliki kesadaran yang penuh akan terbatasnya sumber daya alam yang mereka miliki untuk dijadikan bahan baku.

Oleh karena itu, mereka mulai berpikir dengan mulai menghasilkan uang dengan cara menjual ide dan saat ini hal tersebut sedang berkembang dengan baik di Indonesia yang mana memberi pengaruh pada perekonomian Indonesia yang berkembang baik.

Bagaimana pun eksplorasi ide yang dimiliki oleh manusia ini akan menciptakan sebuah kreativitas yang tanpa batas. Oleh karena itu, industri kreatif yang berkembang saat ini di Indonesia memiliki potensi untuk terus tumbuh tanpa harus bergantung pada keadaan sumber daya alam atau SDA yang saat ini kondisinya terus menipis.

Kalau Anda tertarik untuk mulai merintis dan mendirikan sebuah industri kreatif maka hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi untuk membantu proses operasional dari bisnis yang akan Anda jalankan.

Salah satu contoh teknologi yang bisa Anda manfaatkan untuk operasional bisnis Anda adalah menggunakan software pembukuan toko serta online invoice dari Mekari Jurnal.

Banyak UKM dan industri kreatif yang sudah besar dan menggunakan sistem manajemen bisnis yang modern sehingga bisnis menjadi terkontrol, cepat, terkendali dan berkembang dengan cepat.

Kategori : Industri

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo