Siapa bilang hobi tidak bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Memulai bisnis sesuai dengan hobi atau passion justru bisa membuat bisnis berjalan dengan mudah. Salah satu hobi yang bisa menjadi bisnis adalah hobi di dunia musik. Bagi Anda yang memiliki hobi musik, menjalankan bisnis di dunia musik bisa jadi hal yang menyenangkan. Bukan hanya bisa menyalurkan hobi, Anda juga bisa mendapat keuntungan yang cukup besar. Di bawah ini akan kita berikan beberapa peluang bisnis dalam dunia musik yang bisa memberikan keuntungan besar.

 

Studio Musik

Peluang bisnis pertama yang bisa Anda manfaatkan adalah membuka studio musik. Biasanya banyak anak band yang menyewa studio musik untuk sekedar bermain musik, latihan, hingga membuat rekaman lagu. Sebelum membuka bisnis ini, cobalah mulai dengan menentukan target market. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui alat musik apa saja yang dibutuhkan dan berapa tarif yang sesuai diberikan untuk menyewa studio musik per jam. Semakin tinggi target market yang Anda tuju, semakin banyak pula alat musik yang dibutuhkan, dan cobalah buat tarif sewa sesuai dengan target market Anda.

 

Kursus Musik

Membuka bisnis kursus musik bisa menjadi salah satu peluang yang bisa Anda manfaatkan. Jika Anda hobi bernyanyi, Anda bisa membuat kursus vokal, atau jika Anda hobi bermain alat musik, Anda bisa membuat kursus bermain alat musik. Selain bisa menyalurkan hobi dan membantu orang lain berkembang dalam dunia musik, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Namun, jika Anda ingin membuat tempat kursus musik secara lengkap, Anda juga bisa merekrut orang-orang yang ahli dalam bidangnya untuk membantu Anda menjadi guru musik di tempat kursus Anda.

 

Jual Alat Musik

Jika Anda memiliki modal yang cukup besar, Anda bisa mulai membuka toko alat dan perlengkapan bermain musik. Anda bisa mulai dengan menjual berbagai alat musik seperti gitar, piano, drum, keyboard, dan sebagainya. Anda juga bisa menjual berbagai peralatan dan perlengkapan bermusik, seperti kabel, speaker, mic, dan sebagainya. Untuk memulai bisnis ini, bukan hanya modal materi yang Anda butuhkan, Anda juga harus mengetahui seluk-beluk mengenai alat musik yang bisa mendukung permainan musik menjadi lebih baik. Dengan begitu, Anda bisa menjawab segala pertanyaan yang diberikan oleh pelanggan. Hal ini akan menjadi lebih mudah jika Anda memiliki passion di dunia musik.

 

Rental Alat Musik

Jika modal yang Anda miliki belum cukup untuk membuka toko peralatan musik, Anda bisa mulai dengan menyewakan alat musik yang Anda miliki. Anda bisa mulai dari peralatan musik yang Anda miliki secara pribadi. Untuk menjalankan bisnis ini.

 

Additional Musician

Ada beberapa band yang terkadang kekurangan dan membutuhkan anggota tambahan saat ingin mengadakan konser atau live music. Sebagai orang yang memiliki keahlian dalam dunia musik, menjadi additional musician adalah salah satu peluang yang bisa Anda manfaatkan. Untuk menjadi additional musician, Anda harus mulai dengan bergabung ke komunitas musik. Dengan begitu, kesempatan bergabung dengan band-band ternama bisa terbuka lebar.

Itulah beberapa peluang bisnis dalam dunia musik yang bisa Anda manfaatkan. Bisnis di bidang apapun tidak akan berkembang jika Anda tidak bisa mengelola keuangan dengan baik. Untuk menghindari masalah pengelolaan keuangan, Anda bisa mulai menggunakan software akuntansi online. Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis, mulai dari menyediakan laporan keuangan secara instan, mengelola stok barang, mengelola aset, membuat invoice, menerima pembayaran lebih cepat, dan sebagainya. Temukan fitur Jurnal lainnya di sini.

Author