Saat ini, banyak orang-orang yang semakin sulit untuk mendapat pekerjaan, terutama bagi orang-orang yang tidak memiliki keahlian khusus. Apalagi saat ini banyak kaum millennial yang kurang tertarik untuk terikat kerja di perusahaan. Sebagian besar dari mereka lebih menyukai tantangan baru seperti merintis sebuah bisnis sukses. Bukan hanya bisnis toko konvensional saja, tetapi juga merambah pada dunia digital. Dengan begitu, target yang disasar akan semakin luas dan berasal dari berbagai daerah. Merintis sebuah bisnis sendiri dapat menjadi suatu peluang untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Memang tidak dapat dipungkiri, bisnis milik sendiri terdengar sangat menggiurkan. Akan tetapi, risiko yang dihadapi ternyata lebih besar dibanding menjadi karyawan di suatu perusahaan.

Merintis Sebuah Bisnis

Tips Efektif Menjalankan Bisnis Sukses yang Perlu Dipahami 1. Menganalisis jenis bisnis

Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa bisnis yang akan didirikan adalah jenis bisnis yang Anda minati. Hal tersebut akan lebih baik apabila ditunjang dengan keahlian dan pengalaman Anda pada jenis bisnis tersebut. Lakukan analisis Breakevent point untuk menentukan potensi yang ada dalam jenis bisnis Anda. Setelah itu, jabarkan rencana bisnis Anda secara detail (Sales forecast, analisa arus kas, dan lainnya). Kemudian, susun rencana pemasaran yang akan Anda lakukan untuk memasarkan bisnis tersebut.

2. Merencanakan bisnis dengan menyusun konsep yang sesuai

Jika Anda akan mencari pendanaan dari luar, maka rencana bisnis atau business plan proposal merupakan sebuah kebutuhan. Jika Anda akan membiayai usaha itu sendiri, rencana bisnis juga akan membantu Anda untuk mengetahui berapa banyak uang yang dibutuhkan.

3. Menyiapkan modal untuk bisnis

Modal merupakan faktor yang sangat penting dalam memulai sebuah bisnis. Banyak orang ingin memulai bisnis, namun tidak mempunyai modal sehingga bisnis tersebut tidak dapat berjalan. Modal dapat dihasilkan dari modal milik sendiri dari hasil menabung, mencari modal dari investor, atau meminjam uang dari bank, dan sistem partnership. Anda juga dapat memulai sebuah bisnis tanpa modal dengan menjadi reseller dari suatu produk atau barang.

4. Menjadikan bisnis sebagai usaha yang legal dan diakui oleh hukum

Legal menjadi hal penting yang harus Anda pikirkan ketika ingin merintis bisnis. Dengan mengurus legal, seluruh kegiatan bisnis Anda akan terlindungi dan berjalan dengan baik. Selain itu, legal menjadi salah satu syarat wajib ketika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda.

5. Memperluas networking

Networking dapat menjadi landasan untuk kelangsungan bisnis yang sedang Anda jalankan. Anda dapat bergabung dengan komunitas yang terkait dengan jenis bisnis Anda. Hal ini dapat Anda lakukan sebelum Anda merintis sebuah bisnis, sehingga pada saat Anda mulai memasarkan produk atau jasa yang Anda tawarkan, Anda telah memiliki networking yang luas.

Tips Menjalankan Bisnis dari Pengusaha Muda

Tips Efektif Menjalankan Bisnis Sukses yang Perlu Dipahami

Scott Gerber adalah seorang pengusaha muda, penulis, sekaligus investor asal Amerika Serikat. Ia memiliki beberapa tips yang perlu dilakukan untuk mencapai bisnis sukses.

  1. Fokus pada satu peluang bisnis saja. Dengan fokus pada satu peluang, maka seluruh ide dan pikiran Anda untuk mengembangkan bisnis akan lebih terarah.
  2. Melakukan hal yang disukai. Untuk menjadi pelaku bisnis sukses, jangan memulai bisnis hanya karena melihat untung yang besar, terlihat keren, atau karena disuruh. Biasanya, hal yang baik untuk dilakukan ketika memulai bisnis adalah, berdasarkan hobi yang dimiliki.
  3. Menguasai segala hal tentang bisnis yang akan dijalankan.
  4. Selalu ingin belajar dari pengalaman bisnis orang lain.
  5. Menjalani hidup dengan sederhana. Untuk mencapai bisnis sukses, sebaiknya Anda hidup dengan pandangan bahwa Anda adalah seorang pemula yang membutuhkan uang untuk sukses. Dengan begitu, Anda akan lebih menikmati proses menuju sukses dan segala hal yang Anda impikan akan datang pada saatnya nanti.
  6. Terus belajar dari kegagalan. Ada kalanya kegagalan harus terjadi untuk mengajarkan Anda dan mempersiapkan Anda untuk menjadi pebisnis yang sukses. Ketika gagal, sebaiknya Anda tidak putus asa, namun terus mencoba dan belajar dari pengalaman tersebut.
  7. Menunjukkan bahwa konsep bisnis Anda adalah yang terbaik. Anda harus memiliki keyakinan bahwa konsep bisnis Anda akan sangat menguntungkan bagi para investor. Jalankan konsep bisnis Anda dengan modal seadanya untuk memberikan bukti nyata kepada investor.
  8. Menjaga kesehatan agar dapat lebih produktif dalam menjalankan sebuah bisnis.
  9. Mulai melakukan dan membuktikan dengan tindakan.
  10. Mengetahui waktu yang tepat, kapan harus berhenti berusaha. Terkadang, sebuah bisnis yang dimulai tidak membawa Anda pada kesuksesan, melainkan malah membuat Anda menjadi terpuruk. Ketika situasi tersebut datang, maka Anda harus tahu kapan harus berhenti. Bersikap bijaksana dan peka terhadap keadaan akan membantu Anda untuk terhindar dari keterpurukan.

Strategi Memenangkan Persaingan Pasar

Tips Efektif Menjalankan Bisnis Sukses yang Perlu Dipahami

Banyak para perintis usaha atau pebisnis kecil yang seringkali mengeluh serta menyalahkan diri atau kompetitor mereka karena kalah dalam persaingan bisnis. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para pebisnis pemula agar dapat memenangkan persaingan pasar

1. Mencari tahu tentang pengetahuan bisnis sebanyak-banyaknya

Persoalan utama yang umum dialami oleh pebisnis pemula adalah wawasan atau pengetahuan bisnis yang kurang matang dan sempurna. Pengetahuan bisnis ini di antaranya tentang bagaimana memulai bisnis, membuat rencana sederhana, merancang marketing yang tepat, branding, pengemasan, distribusi produk, hingga hal yang sederhana dan administrasi perusahaan. Sering kali para pebisnis pemula tidak memiliki banyak pengetahuan tentang dasar-dasar pengetahuan bisnis. Padahal ini merupakan investasi utama yang sangat berharga untuk keberlangsungan bisnis. Sumber pengetahuan sebenarnya mudah untuk didapatkan. Bisa dengan mengikuti seminar bisnis atau forum pengusaha muda, atau mengakses informasi melalui internet.

2. Membangun serta memperluas pasar distribusi

Banyak faktor penentu apakah suatu produk atau jasa akan laris di pasaran atau tidak. Faktor terpenting yang mempengaruhi laku atau tidaknya sebuah produk bergantung pada lokasi tempat berjualan dan distribusi produk hingga sampai ke konsumen. Sering kali kendala yang dihadapi oleh para pengusaha kecil adalah keterbatasan modal untuk membuka toko sendiri atau melakukan distribusi agar produk dapat dilihat dan dibeli oleh konsumen. Keterbatasan ini dapat ditangani dengan memanfaatkan teknologi internet yang semakin canggih. Para pebisnis pemula juga harus mengembangkan pemasaran dan branding secara online ke semua media sosial dan media pemasaran internet, termasuk menggunakan platform toko online. Dengan begitu, maka pemasaran produk dapat dilakukan tanpa batasan geografis.

3. Mengelola modal dengan manajemen cash flow

Mengawali sebuah bisnis memang membutuhkan modal dan investasi. Agar bisnis terus berjalan dan berkembang, modal pun harus dikelola secara baik. Sebaiknya para pebisnis pemula memiliki modal sendiri untuk mendanai bisnis yang dijalankan. Namun, ada saat tertentu dimana pinjaman benar-benar dibutuhkan. Manajemen keuangan yang baik adalah dengan berfokus pada penjualan dan bagaimana menerapkan cash flow secara tepat. Apabila mendapatkan keuntungan, sebagian dari keuntungan tersebut dapat digunakan untuk peningkatan bisnis agar bisa lebih besar.

Kesuksesan merupakan salah satu hal yang paling dicari setiap orang. Salah satu cara yang banyak dilakukan orang untuk meraih sukses adalah dengan memulai bisnis. Pemikiran untuk menjadi pengusaha sudah menjadi tren di semua kalangan masyarakat, terutama kalangan muda masa kini. Oleh karena itu, saat ini banyak orang yang sudah berhasil mencapai bisnis sukses di usia muda. Untuk mencapai bisnis sukses, diperlukan beberapa keahlian dan langkah yang harus dilakukan dengan benar dan tepat. Untuk menunjang kesuksesan bisnis Anda, sebaiknya Anda mulai memikirkan untuk memanfaatkan bantuan sistem teknologi modern. Adanya layanan software akuntansi akan membantu Anda dalam mengelola bisnis secara lebih akurat dan praktis.

Jurnal hadir sebagai simple online accounting software yang sangat cocok untuk para pebisnis di Indonesia. Dengan menggunakan Jurnal, Anda dapat menghemat waktu lebih banyak dalam proses administrasi dan operasional. Dengan begitu, Anda akan lebih fokus untuk mencapai bisnis sukses. Coba Jurnal sekarang dan dapatkan free trial selama 14 hari. Dan lihatlah, bagaimana Jurnal akan memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan untuk bisnis yang sedang Anda jalankan.