Tahukah Anda? Sajak Tahun 2013, setiap Tanggal 28 September, masyarakat Indonesia memperingati Hari Komunitas Nasional. Hari Komunitas Nasional atau Indonesian Community Network ini diperingati untuk mendukung berbagai aktivitas lintas komunitas yang dinamis di berbagai bidang, mulai dari hobi, visi, hingga profesi.

 

Salah satu profesi yang memiliki komunitas adalah pengusaha atau pebisnis. Ada banyak komunitas pengusaha yang tersebar di Indonesia. Kenapa pengusaha juga butuh komunitas? Ada banyak manfaat yang bisa didapat pengusaha dengan bergabung di komunitas bisnis, salah satunya adalah bisnis yang berkembang. Lalu apa saja manfaat komunitas bisnis lainnya? Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan.

 

Jaringan Bisnis Meluas

Dengan bergabung di komunitas bisnis atau pengusaha, Anda memiliki kesempatan untuk mengenal pengusaha lain dari berbagai industri dan latar belakang. Hal ini tentu dapat memperkaya wawasan Anda mengenai bisnis di industri yang sama maupun yang berbeda, serta membantu Anda untuk mempelajari berbagai ilmu dan pengalaman bisnis dari mereka.

 

Lebih Mudah Bertukar Informasi

Selain memperluas jaringan bisnis, Anda juga bisa bertukar informasi dan pikiran mengenai bisnis dan segala hal yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis. Dalam komunitas bisnis, Anda akan menemukan berbagai macam ilmu dan pengalaman yang belum tentu bisa Anda temukan di buku atau teori bisnis lainnya.

 

Menjalin Hubungan Baik

Seringnya melakukan pertemuan atau diskusi dalam komunitas bisnis, baik offline atau online dapat menjadikan hubungan Anda dengan anggota menjadi lebih akrab dan emosional. Dengan begitu, jika salah satu dari anggota komunitas menghadapi masalah, terutama masalah bisnis, para anggota akan membantu dengan melakukan diskusi bersama-sama dan memberikan solusi berdasarkan pengalaman masing-masing.

 

Meningkatkan Brand Awareness

Bagi bisnis yang baru mulai berjalan, bergabung di komunitas juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness. Di mana, komunitas bisnis bisa menjadi salah satu channel marketing yang memiliki nilai engagement yang tinggi, terutama jika bisnis Anda memiliki manfaat lebih bagi sebuah komunitas.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan bergabung ke komunitas bisnis atau pengusaha. Dengan bergabung ke komunitas bisnis, Anda bisa menjalankan bisnis lebih efektif dan produktif. Selain bergabung dengan komunitas, Anda juga harus mulai mengelola keuangan bisnis dengan software akuntansi. Di mana, software akuntansi dapat membantu kegiatan bisnis Anda lebih efektif dan produktif. Jurnal merupakan salah satu software akuntansi online yang telah tersertifikasi ISO/IEC 27001 yang dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman. Jadi tunggu apalagi? Gabung dan daftarkan bisnis Anda di Jurnal sekarang dan nikmati free trial hingga 14 hari.