Bisnis kecil tidak harus kecil selamanya. Sejarah perusahaan menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan yang awalnya kecil, di rumah-rumah atau bahkan garasi, tumbuh menjadi perusahaan besar multinasional. Misalnya, KFC dimulai dari sebuah restoran kecil di Corbin, Kentucky di AS dan sekarang menempati urutan sebagai rantai waralaba makanan terbesar kedua di dunia.

 

Pada awalnya, bisnis kecil sering dibatasi oleh dana yang tidak mencukupi untuk iklan dan memotong harga untuk bersaing dengan merek yang sudah mapan yang kadang-kadang berarti harus  menurunkan laba. Dalam kasus-kasus ini, bisnis kecil sering merasa sulit untuk menjadi kaya. Namun, terlepas dari situasi yang terlihat sulit ini berikut beberapa langkah sederhana yang dapat membantu bisnis kecil Anda lebih menguntungkan sehingga memiliki kemungkinan untuk menjadi lebih besar.

 

Miliki Aset Social Media Bisnis

Berkat internet, Anda memiliki akses ke situs web dan aplikasi social media gratis termasuk Facebook, Twitter, Instagram, serta platform berbagi lainnya seperti LinkedIn, Pinterest, dan YouTube. Anda bisa menggunakan beberapa kreativitas untuk dapat membuat halaman social media yang menarik. Di mana bukan hanya dapat meningkatkan kesadaran merek, tetapi juga menjadi tempat untuk terhubung dengan pelanggan. Dengan social media, Anda dapat menerima feedback pelanggan yang membantu Anda dalam meningkatkan produk dan layanan atau mengendalikan kontrol kerusakan yang disebabkan oleh publikasi yang merugikan. Social media juga memungkinkan Anda untuk mem-posting gambar produk dan memfasilitasi kontak Business-to-Business (B2B) atau bahkan mengunggah video testimoni produk.

 

Bergabung Dengan Marketplace

Membuat toko online sendiri adalah ide bagus, tetapi bisa sangat mahal bagi pemilik bisnis kecil yang baru memulai. Karena dengan memiliki toko online sendiri, berarti Anda harus memikirkan isi atau content website dan melakukan iklan secara mandiri, yang mungkin akan menghabiskan lebih banyak biaya dan waktu. Selain itu, membangun toko online sendiri pada awalnya sering menumbuhkan keraguan di antara para konsumen, apakah toko online tersebut dapat dipercaya atau tidak, mengingat banyaknya penipuan secara online yang merugikan konsumen. Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa marketplace yang kini banyak hadir di Indonesia, bisa menjadi solusi yang baik. Melalui marketplace, Anda dapat menghemat biaya beriklan, visibilitas produk  juga menjadi lebih tinggi. Selain itu sistem pembayaran marketplace juga menumbuhkan rasa aman dan menarik konsumen untuk membeli  produk Anda.

 

Gunakan Metode Network Marketing

Network marketing atau Multi-Level Marketing bukan untuk perusahaan besar saja. Anda dapat membuat bisnis kecil Anda lebih menguntungkan menggunakan metode yang telah teruji ini. Undang ibu rumah tangga, pensiunan, mahasiswa, dan orang-orang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan di waktu luang untuk mendaftar sebagai pemasar jaringan Anda. Tentu saja, Anda harus mengikhlaskan  beberapa komisi pribadi untuk pemasar jaringan tetapi biaya yang Anda tanggung akan terasa sedikit bila dibandingkan dengan volume penjualan yang dapat Anda hasilkan. Ada beberapa tindakan pencegahan yang perlu Anda ambil sebelum menawarkan produk atau layanan Anda melalui pemasaran jaringan. Pertama, Anda akan membutuhkan pasokan sederhana dari produk Anda untuk memastikan Anda dapat memenuhi pesanan yang diambil oleh pemasar jaringan. Kedua, Anda kemungkinan besar harus memberikan contoh atau paket penguji ke tim pemasaran jaringan. Dan ketiga, Anda harus meluangkan waktu untuk  melatih pemasar jaringan tentang fitur yang menonjol dari teknik penjualan dan barang Anda.

 

Perhatikan Layanan Purna Jual

Layanan purna jual yang buruk kepada pelanggan adalah kesalahan bagi hampir setiap bisnis kecil. Bisnis kecil sering kekurangan sumber daya yang dimiliki perusahaan besar saat merekrut karyawan purna jual yang terampil. Untuk mengatasi masalah ini, carilah orang-orang yang bersedia bekerja paruh waktu untuk Anda demi mendapatkan uang ekstra. Perhatikan juga bahwa walaupun produk Anda mungkin memenuhi dan melampaui standar yang diterima secara internasional, akan selalu ada klien yang akan menemukan alasan untuk mengeluh atau mungkin menghadapi masalah asli dengan produk atau layanan Anda. Layanan purna jual yang luar biasa, biasanya diterjemahkan sebagai publisitas dari mulut ke mulut untuk bisnis Anda. Dalam banyak kasus, umpan balik positif seperti itu dilakukan oleh konsumen yang puas kepada teman dan kerabat, mendorong mereka untuk mempromosikan bisnis kecil Anda sehingga menghasilkan lebih banyak keuntungan.

 

Terus Berinovasi

Inovasi adalah kunci sukses untuk setiap bisnis kecil. Pelanggan selalu mencari produk berkualitas lebih tinggi dengan harga tepat yang menyebabkan dia mampu mengatasi kesulitannya. Inovasi dan peningkatan dapat membantu bisnis kecil Anda bersaing dengan pemain raksasa di pasar dan membuat pelanggan berpaling untuk lebih memilih produk Anda ketimbang pesaing bisnis tanpa ragu-ragu.

Penting untuk diingat, setiap bisnis dimulai sebagai bisnis kecil. Karena itulah Anda harus terus semangat untuk mengembangkan bisnis. Dalam mengembangkan bisnis, bukan hanya langkah-langkah di atas yang bisa Anda lakukan. Namun, Anda juga harus mulai berpikir untuk memiliki keuangan yang baik. Karena, dengan keuangan bisnis yang baik, tidak ada lagi alasan untuk membuat bisnis berkembang. Jurnal adalah software akuntansi online yang membantu Anda mengelola keuangan bisnis. Dengan Jurnal Anda bisa mendapatkan kemudahan dalam membuat pembukuan bisnis hingga membuat laporan keuangan secara instan. Jurnal juga memiliki berbagai fitur lain yang membantu Anda mengelola bisnis, mulai dari mengelola stok barang, aset perusahaan, utang-piutang, dan masih banyak lagi. Segera daftarkan bisnis Anda sekarang juga di sini dan dapatkan free trial selama 14 hari.

Author