Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

7 Alasan Mengapa Kolaborasi Bisnis Sebaiknya Dilakukan

Tayang 30 Oct 2019
Diperbarui 11 Oktober 2023

Ketika memulai bisnis mungkin yang terpikirkan adalah bekerja sendiri karena menganggap pihak lain merupakan kompetitor yang berusaha untuk menyaingi apapun yang Anda buat.

Padahal kolaborasi bisnis, terutama bagi bisnis kecil dapat membantu menumbuhkan bisnis serta menciptakan ikatan dengan pemilik bisnis yang serupa.

Apapun yang berhasil diciptakan oleh kompetitor akan menimbulkan kegelisahan.

Namun ternyata pemikiran seperti ini justru lebih menyulitkan bisnis Anda.

Melakukan hal seperti ini membuat bisnis Anda menanggung semua biaya dan risiko yang timbul terkait dengan masalah bisnis. Selain itu bekerja sendiri juga akan membatasi kemampuan Anda untuk menyelesaikan masalah.

Padahal ketika mengalami kesulitan, sangat wajar jika meminta saran dan bantuan kepada pihak lain.

Untuk mendapatkannya Anda perlu melakukan kolaborasi bisnis. Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu melakukan kolaborasi bisnis dengan pihak lainnya yang dijelaskan sebagai berikut.

Anda Tidak Bisa Melakukan Semua Sendirian

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pemikiran melakukan seluruhnya sendiri justru akan menyulitkan karena memang tidak bisa melakukan semuanya sendirian.

Jika bisnis Anda berkembang, Anda akan sampai pada titik dimana Anda Anda membutuhkan pihak lain untuk diajak berkolaborasi.

Anda akan membutuhkan bantuan, dan bantuan itu bisa didapatkan dari pihak lain yang menjalankan bisnis yang mirip.

Bisa dengan menawarkan produk secara bersama atau saling berbagi ide. Ada banyak yang ingin berkolaborasi dengan Anda. Anda hanya perlu menemukan yang tepat.

Membangun Jaringan

Pemilik bisnis yang sukses akan sangat suka bertemu orang baru dan menambah daftar kontak kolega. Pergilah keluar, lakukan kolaborasi dan temukan rekan-rekan baru untuk bisnis Anda.

Tetap lakukan ini meskipun hubungan yang Anda bangun tidak menghasilkan kolaborasi secara langsung.

Karena setiap kali Anda menjangkau pihak baru, Anda telah memperluas jaringan.

Usaha ini akan sangat membantu Anda memiliki pemahaman yang lebih luas mengenai bidang-bidang lain yang akan menjadi referensi untuk pengambilan keputusan dan kegiatan bisnis sehari-hari.

Baca Juga: 7 Tips Membangun Networking yang Kuat untuk Bisnis yang Hebat

Menginspirasi dan Memberi Pelajaran

Berada di zona nyaman dengan penawaran yang terus berjalan memang terasa menyenangkan. Namun hal ini bisa membuat Anda lupa bahwa di luar sana ada cara yang lebih baik untuk meningkatkan penjualan, teknik berbeda yang membuat kerja lebih efisien serta strategi baru yang akan menghemat biaya dan waktu.

Anda mungkin akan merasa cukup setelah mendapatkan informasi dari buku, blog dan tulisan-tulisan inspiratif. Namun jika tidak berkomunikasi dan berbagi dengan orang luar yang memiliki perspektif berbeda, Anda sulit untuk mengembangkan kreativitas demi wajah baru bisnis Anda.

Salah satu manfaat terbesar kolaborasi adalah kesempatan untuk mendapatkan banyak inspirasi dan belajar.

Karena setiap interaksi yang Anda lakukan dengan seseorang di luar lingkaran Anda dapat mengajari sesuatu yang berharga. Kolaborasi dapat menginspirasi dan membantu Anda berpikir dengan cara baru.

Baca juga: Inspirasi Peluang Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

Memberikan Perubahan Positif

Hal-hal baru yang didapat dari kolaborasi terkadang menimbulkan ketidak nyamanan karena memaksa Anda untuk mengubah pola yang mungkin sudah nyaman digunakan.

Akan tetapi perubahan yang dibawa biasanya merupakan perubahan positif untuk bisnis yang lebih maju. Perubahan yang membuat proses kerja lebih efisien, menghemat biaya, meningkatkan jumlah dan menambah kepuasan konsumen.

Membuat Inovasi

7 Alasan Mengapa Kolaborasi Bisnis Sebaiknya Dilakukan

Berkolaborasi dengan bisnis lain memungkinkan Anda melakukan lebih banyak lagi. Penting untuk mengambil risiko dalam menjalankan bisnis, dan kolaborasi akan memberikan ruang serta keberanian untuk untuk itu.

Pengambilan risiko ini akan mendorong untuk melakukan pembelajaran yang akan menghasilkan inovasi sehingga memungkinkan peluang yang lebih besar dan arah baru untuk masa depan.

Baca juga: Cara Membentuk UKM untuk Pertumbuhan Bisnis yang Berkelanjutan

Pemecah Masalah

Masalah akan lebih mudah diselesaikan jika dihadapi bersama-sama. Melakukan kolaborasi akan memberikan Anda rekan yang siap membantu terutama di saat-saat terberat dalam bisnis.

Anda dapat berdiskusi mengenai masa depan, mencari solusi masalah  bersama dan saling mendukung ketika salah satunya berada di titik terendah. Sangat berguna melakukan kolaborasi dan mengenal orang-orang yang mengerti apa yang sedang Anda alami.

Kolaborasi itu Menyenangkan

Semua poin di atas yang bisa Anda dapatkan secara tidak sadar terasa sangat menyenangkan. Bagaimana Anda bisa bertemu dengan orang baru, melakukan percakapan yang hebat,  belajar hal baru, menemukan ide cemerlang dan lain sebagainya tentu sangat menyenangkan dan menambah semangat untuk berbisnis.

Jika Anda belum bekerja dengan bisnis lain, maka mulai sekarang cobalah untuk melakukannya. Ada begitu banyak peluang dan Anda tidak pernah tahu kemana mereka akan menuntun Anda.

Hal ini juga berlaku dalam pengelolaan keuangan. Pilihlah software akuntansi yang berkolaborasi dengan berbagai aplikasi lain untuk memudahkan proses akuntansi.

Integrasi software akuntansi Jurnal dengan berbagai aplikasi seperti aplikasi POS gratis, pembayaran, pajak dan perbankan adalah salah satunya.

Dengan integrasi aplikasi komputer akuntansi ini Anda akan lebih mudah mengimplementasikan fungsi dan fitur yang ada pada Aplikasi Jurnal ke dalam software atau aplikasi lainnya.

Pelajari juga bagaimana mengelola dan mengatur inventory Anda dengan lebih mudah menggunakan aplikasi inventory barang. Dapatkan penjelasan lengkapnya di sini.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal