Sukses merupakan cita-cita dan harapan semua orang. Ada berbagai macam cara untuk meraih kesuksesan, salah satunya dengan berbisnis. Oleh karena itu, memiliki usaha sukses kini mulai menjadi tren di masyarakat, terutama untuk para pemuda. Tidak heran memang, karena jika melihat dalam kenyataan ada banyak sekali anak muda yang memiliki usaha sukses dalam berbagai bidang. Tentu saja semua kesuksesan yang mereka dapatkan pasti melalui beberapa rintangan dan usaha yang dilewati.

Bagi para pengusaha yang baru masuk dunia bisnis, umumnya mereka akan fokus terhadap keuntungan. Ya, mengingat modal awal yang biasanya masih cukup banyak dan sedang semangat, sehingga mereka menginginkan keuntungan yang besar dalam waktu yang singkat. Padahal dunia bisnis ini penuh dengan ketidakpastian. Jika usaha atau bisnis Anda untung hari ini belum tentu esok akan untung sebanyak hari ini, bisa saja besok sepi atau rugi atau mungkin semakin ramai, kita tidak pernah tahu. Jadi jika melihat ada bisnis yang tidak berumur panjang itu biasa. Karena semua itu bergantung dengan banyak faktor seperti pengelolaan dan strategi yang dijalankan. Lalu bagaimana dengan bisnis Anda? agar Anda memiliki usaha sukses dan berumur panjang, Anda dapat menerapkan tips berikut ini:

Pisahkan Urusan Pribadi & Bisnis

usaha sukses 1

Tips pertama yang harus Anda lakukan agar usaha sukses yakni memisahkan urusan pribadi dan  bisnis. Baik bisnis skala besar maupun kecil, semua wajib memisahkan urusan pribadi dan bisnisnya. Kesalahan mencampur adukan urusan pribadi dan bisnis ini biasanya dilakukan oleh para pemula dan bisnis kecil menengah (UKM). Umumnya mereka berpikir bahwa uang itu sama karena semua dipegang sendiri sehingga biaya untuk pengeluaran bisnis tercampur dengan pengeluaran pribadi. Karenanya saat akhir periode dilakukan pengecekan mereka akan bingung karena ketidakjelasan tersebut. Dengan demikian, pisahkan urusan pribadi dan bisnis mulai dari awal. Prinsip pemisahan ini juga sesuai dengan prinsip akuntansi yakni mengenai prinsip kesatuan usaha.

Jika Anda merasa bingung bagaimana harus memisahkan nya, maka Anda dapat memulai nya dengan membuat rekening bank yang berbeda antara rekening pribadi dan rekening usaha. Setelah itu, disiplin lah terhadap pencatatan dan penggunaan uang yang ada. Dengan begitu, pencatatan transaksi akan lebih rapi dan benar.

Efisien Dalam Pengeluaran

efisiensi pengeluaran

Tips kedua agar usaha Anda sukses dan berumur panjang adalah efisien dalam pengeluaran. Efisien dalam pengeluaran bukan berarti Anda harus hemat dan pelit tetapi Anda harus lebih bijaksana dalam hal pengeluaran. Pengeluaran atau biaya yang tidak penting dan tidak perlu sebaiknya dihilangkan saja. Hal ini karena pengeluaran yang tidak penting tidak akan berdampak terhadap kualitas produk atau jasa Anda namun hanya menambah beban tahun berjalan saja.

Agar pengeluaran efisien, Anda dapat menerapkan cara berikut. Pertama, analisis semua biaya yang dikeluarkan perusahaan, lihat mana yang penting dan yang tidak atau kurang penting. Kedua, pisahkan antara biaya tetap dan biaya tidak tetap. Selanjutnya, utamakan pengeluaran untuk pengeluaran yang tetap, jika ada sisa uang barulah digunakan untuk pengeluaran yang tidak tetap atau biaya variabel.

Atur Anggaran Arus Kas & Pengeluaran

7 Tips Membuat Usaha Sukses dan Berumur Panjang

Tips selanjutnya, Anda mengatur anggaran arus kas dan pengeluaran yang ada. Caranya, Anda dapat membuat anggaran terlebih dahulu. Kemudian pada praktiknya, Anda jalankan sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat dan disetujui. Cara lain, Anda dapat menggunakan sistem buku kas. Masukkan lah komponen-komponen penerimaan yang bisa di antisipasi serta pengeluarannya. Sehingga Anda dapat  memperkirakan arus kas yang tersedia. Namun, perlu Anda ingat untuk selalu meng-update catatan agar pembukuan arus kas tetap ter-pantau dan sesuai dengan rencana bisnis. Jika Anda merasa repot jika harus memperbarui data secara manual, Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi akuntansi. Aplikasi akuntansi memiliki sistem yang terotomatisasi jadi data yang ada dapat diperbarui secara otomatis. Untuk mendapatkan software akuntansi pun mudah, di pasaran tersedia banyak sekali berbagai macam software akuntansi. Jadi jika akan menggunakan software akuntansi, pilihlah aplikasi atau  software yang benar, baik dan sesuai dengan bisnis Anda.

Perhatikan Tenaga Kerja

usaha sukses 3

Tenaga kerja merupakan bagian terpenting dalam sebuah usaha yang harus Anda perhatikan. Baik itu pekerja tetap atau pun pekerja kontrak, sebaiknya Anda hitung seluruh biaya yang menjadi hak pekerja, seperti gaji, uang lembur, tunjangan kesehatan dan lain sebagainya. Ingatlah, bahwa tenaga kerja atau karyawan merupakan sebuah aset perusahaan bukan beban maka jika ia berprestasi atau memiliki kinerja yang bagus, jangan lupa untuk memberikan insentif atau bonus agar mereka terus bersemangat untuk menyukseskan bisnis Anda. Terlebih, jika Anda dapat membuat tenaga kerja atau karyawan merasa bahwa mereka merupakan bagian dari bisnis dan memiliki kecintaan terhadap bisnis Anda. Tentu saja hal itu akan membuat nilai tambah, karena bisnis Anda akan terbantu untuk terus berkembang dan maju.

Bayar & Tagih Tepat Waktu

usaha sukses 4

Tips lain agar usaha sukses yakni melakukan pembayaran dan tagihan tepat waktu. Menurut Fortune, ada banyak usaha sukses secara keuntungan tetapi mereka mengabaikan tagihan yang menjadi kewajiban membuat mereka menjadi gulung tikar. Oleh karena itu, bayarlah semua beban atau kewajiban yang menjadi tanggung jawab Anda, contohnya seperti pajak, asuransi, kredit, dan banyak lainnya secara tepat waktu. Sebaliknya, untuk urusan piutang yang menjadi hak Anda, tagih lah dengan baik dan benar. Karena bagaimanapun juga piutang merupakan aset yang dapat Anda manfaatkan kembali untuk kepentingan dan keperluan perusahaan. Tips ini mungkin terlihat sepele, hanya menagih dan membayar secara tepat waktu. Namun, jika Anda melakukannya dengan baik itu dapat membantu bisnis Anda berumur panjang dan maju.

Konsultasi dengan Ahli

usaha sukses 5

Seberapa pun banyaknya ilmu yang Anda miliki, jangan pernah ragu untuk bertanya, apalagi jika Anda masih pemula yang masih sedikit pengalaman maka bertanya kepada yang sudah berpengalaman menjadi wajib. Ilmu saja tidak cukup, karena bisnis sejatinya membutuhkan banyak pengalaman. Jika Anda memiliki banyak dana, maka menyewa tenaga ahli atau konsultan dapat menjadi sebuah pilihan. Mintalah kepada mereka untuk menganalisis atau mengevaluasi kekuatan dan kelemahan bisnis Anda. Selain itu, minta juga kepada konsultan Anda untuk mencarikan skema terbaik demi majukan bisnis Anda.

Kelola Keuangan dengan Baik

usaha sukses 6

Terakhir, jangan lupa untuk mengelola keuangan dengan baik dan benar. Kondisi keuangan merupakan hal yang sensitif dan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan usaha Anda. Dengan melakukan pengelolaan keuangan yang baik dan benar maka perusahaan akan berumur panjang. Sebaliknya, jika pengelolaan keuangan buruk, tentu saja bisnis Anda akan mengalami banyak masalah.

Mengelola keuangan tidaklah sulit seperti yang Anda bayangkan karena kini Anda dapat menggunakan bantuan software akuntansi. Salah satu aplikasi akuntansi yang dapat Anda gunakan adalah Jurnal. Software akuntansi Jurnal juga menyediakan aplikasi online. Jurnal juga memiliki aplikasi android yang memudahkan Anda yakni Jurnal Mobile yang dapat Anda download  melalui Play Store maupun App Store.

Jurnal juga telah memiliki sertifikat ISO/IEC 27001 yang memenuhi standar keamanan sistem manajemen informasi yang berlaku. Selain itu, fitur Jurnal juga sangat lengkap mulai dari laporan keuangan, faktur, cash link, pengelolaan biaya, stock barang dan kegiatan akuntansi lainnya. Jurnal juga berbasis Cloud sehingga data secara otomatis akan tersimpan. Sehingga dengan menggunakan Jurnal, Anda bisa mendapatkan kemudahan pencatatan untuk keperluan bisnis kapan pun dan di mana pun. Saat ini Jurnal memberikan penawaran free trial selama 14 hari untuk Anda yang ingin mengetahui fitur-fitur yang dimiliki. Dapatkan informasi lengkap tentang Jurnal di sini.