Kosmetik adalah bidang bisnis yang sedang berkembang pesat. Kebanyakan wanita membutuhkan kosmetik, baik berupa make-up maupun produk perawatan wajah dan rambut. Jika Anda telah bergelut dengan bisnis kosmetik, namun masih mengalami masalah penjualan yang belum memenuhi target, di bawah ini akan kita bahas tentang semua strategi pemasaran bisnis kosmetik yang tepat agar bisnis Anda lebih dikenal sehingga dapat meningkatkan penjualan.

 

Gunakan Pemasaran Secara Online dan Offline

Saat ini banyak media promosi yang bisa digunakan dari yang gratis hingga berbayar, dari media online sampai offline. Semua media tersebut bisa digunakan dan sangat potensial. Satu yang perlu diingat, bahwa setiap media promosi tersebut mempunyai aturan yang berbeda-beda dan target pasar yang berbeda pula. Agar promosi produk kosmetik Anda jangan lupa untuk mengadakan riset terlebih dahulu.

 

Membuat Video Tutorial

Bagi bisnis kosmetik, selain tampilan produk dan definisi manfaat dari setiap promosinya, terkadang customer ingin tahu bagaimana cara mengaplikasikannya. Membuat video tutorial penggunaan kosmetik, adalah solusinya.  Dengan membuat video tutorial, maka secara tidak langsung Anda sudah mengedukasi calon pembeli tentang manfaat dan cara penggunaan produk tersebut tanpa harus mengorbankan banyak tester untuk dicoba, dengan tingkat jangkauan promosi yang lebih luas.

 

Kemasan Harus Menarik & Memiliki Ciri Khas

Agar bisnis Anda mudah diingat konsumen, buatlah kemasan yang menarik, seperti menggunakan bahan yang unik. Misalnya kertas daur ulang, kain batik, dan hiasan dedaunan kering. Bisa juga dengan memilih bentuk kemasan yang tidak biasa. Jika kebanyakan toko menggunakan tempat berbentuk kotak, Anda dapat menggunakan tempat berbentuk segitiga atau bunga. Begitu juga dengan plastik pembungkus. Daripada menggunakan bahan plastik yang susah terurai di alam, mengapa tidak menggunakan kantong kertas? Anda bisa menyesuaikan warnanya dengan warna khas toko. Misalnya saja dekorasi toko Anda didominasi oleh warna hijau. Buat kantong kertas berwarna hijau atau cokelat, jadi konsumen mendapat kesan bahwa toko Anda adalah sebuah hutan.

 

Gunakan Produk Sendiri

Jika Anda yakin bahwa telah memiliki sebuah produk kosmetik yang baik, maka jangan ragu untuk memakainya. Dengan memakai produk kosmetik yang ingin Anda tawarkan, maka calon pembeli akan mengetahui contoh langsung atau dampak positif dari penggunaan produk tersebut, sehingga tanpa ragu akan segera melakukan pembelian.

 

Berikan Harga Khusus

Diskon adalah hal yang sangat menarik bagi kebanyakan wanita. Manfaatkan kecenderungan tersebut. Berlakukan harga khusus pada saat-saat tertentu. Misalnya saja saat valentine, beri diskon berapa persen supaya para wanita bisa berdandan secantik mungkin demi pasangannya. Anda juga bisa memberlakukan harga khusus untuk pelanggan yang menjadi anggota. Tak perlu takut rugi. Harga yang murah akan menarik lebih banyak pelanggan, sehingga Anda justru memperoleh keuntungan.

 

Berikan Produk Gratis

Selain memberikan diskon, Anda juga bisa memberikan produk secara cuma-cuma. Misalnya saja gratis produk tertentu setiap pembelian dua jenis kosmetik. Bisa juga memberi produk gratis pada konsumen yang sedang berulang tahun, konsumen yang baru saja menikah, dan konsumen yang sedang hamil. Pastikan produk gratis itu berkualitas baik.

 

Menjual & Memberi Edukasi

Anda harus menguasai produk yang dijual. Terangkan pada konsumen bagaimana cara menggunakannya. Dengan demikian, mereka akan terhindar dari kesalahan penggunaan kosmetik yang berujung pada alergi. Pastikan ada label atau kertas kecil berisi petunjuk penggunaan dalam setiap produk.

 

Jalin Komunikasi yang Baik Dengan Konsumen

Lakukan pendekatan secara personal pada konsumen. Selain berbicara tentang kosmetik, Anda juga dapat memancing pembicaraan yang lebih umum seperti hobi dan kegiatan sehari-hari. Buat konsumen merasa dekat. Anda dapat memperoleh manfaatnya. Berdasarkan survei, 14 % wanita di Indonesia berbelanja online karena mereka mengenal penjualnya.

 

Agar strategi pemasaran bisnis kosmetik Anda berjalan lancar, tentunya Anda membutuhkan dukungan finansial yang baik. Pastikan Anda memiliki anggaran keuangan yang cukup dengan membuat strategi pembiayaan yang baik sebelum pemasaran produk Anda berjalan.

Jurnal software akuntansi online akan membantu Anda untuk memiliki anggaran perhitungan biaya secara tepat dan akurat berdasarkan kondisi keuangan usaha yang Anda miliki. Selain itu Jurnal juga akan menyediakan berbagai jenis laporan keuangan yang Anda butuhkan secara tepat dan akurat kapanpun Anda membutuhkannya. Untuk info selengkapnya mengenai Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.

Author