Mekari Jurnal
Daftar Isi
10 min read

8 Kesalahan yang Harus Anda Hindari dalam Strategi Marketing Instagram

Tayang 06 Jun 2023
Diperbarui 11 Oktober 2023

Simak apa saja kesalahan dalam strategi marketing Instagram yang perlu Anda hindari pada Blog by Mekari Jurnal!

Saat ini masyarakat lebih dekat dan familiar dengan keberadaan media sosial sebagai pelengkap sarana berinteraksi dan memperoleh informasi.

Salah satunya Instagram yang muncul dengan platform visualisasi dan informasi, menjadi salah satu media sosial yang paling banyak diminati saat ini.

Selain digunakan sebagai media secara pribadi, penggunaan platform ini juga sudah menjadi ranah yang penting bagi usahawan atau tim marketing suatu bisnis.

Pasalnya, sekitar 25 juta akun bisnis memprosikan produk dan jasanya melalui Instagram dengan 90% akun Instagram rata-rata mengikuti satu akun bisnis.

Dengan melihat statistik ini, tentunya peluang membuka strategi pemasaran Instagram cukup besar bukan?

Namun, apa yang terjadi jika nyatanya Anda keliru dan salah dalam membuat strategi marketing di Instagram?

Tentunya hal tersebut dampak berdampak terhadap ketertarikan pengguna untuk berinteraksi pada konten yang telah Anda buat.

Kelola Marketplace dan Lacak Semua Transaksi Lebih Mudah dengan Jurnal

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Kenapa Anda Harus Memperhatikan Strategi Marketing Instagram?

Saat ini masyarakat lebih dekat dan  familiar dengan keberadaan media sosial sebagai pelengkap sarana berinteraksi dan memperoleh informasi ketimbang media lainnya di internet.

Terlebih, masyarakat sedang melakukan social distancing dan melakukan karantina mereka sendiri di rumah massing-masing.

Kini saatnya bagi para pemilik bisnis untuk mulai melakukan strategi marketing secara digital saat masyarakat melakukan social distancing.

Salah satunya melalui instagram,  instagram yang muncul sebagai platform visualisasi dan informasi dan menjadi salah satu  media sosial yang paling banyak diminati.

Dengan adanya kecenderungan ini, mau tidak mau, instagram ikut menciptakan tren dan peluang bagi perusahaan untuk ikut melakukan strategi pemasaran di dalamnya.

Namun, walaupun instagram sudah menjadi salah satu tempat pemasaran yang efektif  dan memiliki banyak audience, bukan berarti Anda akan memperoleh pembelian dengan mudah.

Anda tetap butuh strategi marketing Instagram yang tepat, agar iklan atau promosi yang Anda lakukan menjadi tepat sasaran dan mendatangkan pembelian.

Baca Juga: Instagram Marketing: Pahami Langkah-langkahnya!

Kesalahan dalam Strategi Marketing Instagram

Di bawah ini akan kita bahas kesalahan-kesalahan pemasaran di Instagram agar Anda terhindar dari strategi marketing Instagram yang tidak tepat sasaran.

1. Susun Strategi Marketing Instagram Terlebih Dahulu

Banyak orang yang saat ini mulai yakin bahwa mengaktifkan media sosial bisnisnya akan membawa angin baik.

Namun, itu akan menjadi sebuah kegagalan jika tidak melakukan perencanaan dengan menyusun strategi pemasaran media sosial terlebih dahulu.

Mengembangkan content marketing ke channel media sosial memang memberikan traffic dan leads yang besar.

Tapi, jika tidak didasari dengan tujuan dan konsep yang jelas, tentunya tidak akan mencapai kesuksesan seperti yang diharapkan.

Oleh karena itu, mulai konsepkan strategi pemasaran Instagram dengan menentukan tujuan jangka panjang dan pendek serta langkah untuk memulainya.

2. Tidak Ada Tautan Ke Toko/Produk

Pada dasarnya, salah satu tujuan kita membangun strategi marketing Instagram adalah untuk membangun traffic menuju toko atau produk yang Anda rintis.

Konten yang menghasilkan traffic yang bagus dan visibility yang besar tentu akan menghasilkan konversi yang nihil jika tidak ada tautan yang mengarah ke toko/produk yang Anda jual.

Jangan lupakan hal kecil ini karena dapat memberikan dampak yang cukup signifikan.

Selain itu, jangan lupa untuk melacak dari mana traffic yang datang ke toko/produk Anda salah satunya dengan menggunakan UTM atau Urchin Tracking Module.

kesalahan strategi marketing instagram yang perlu Anda hindari

3. Membeli Followers

Suka atau tidak, jual beli followers Instagram sudah menjadi bisnis besar. Banyak startup yang ingin memiliki followers dalam jumlah banyak secara instan menggunakan jasa jual-beli followers.

Sayangnya, membeli followers demi tujuan tertentu nyatanya dapat memberikan dampak yang negatif dalam sebuah strategi marketing instagram, di antaranya:

  • Sebanyak apapun membelinya tidak akan berkontribusi dalam meningkatkan engagement, traffic, dan konversi.
  • Pihak Instagram yang dapat mendeteksi akun yang memiliki followers palsu dan menghapusnya.
  • Followers yang dijual juga tidak sesuai dengan kriteria calon konsumen yang potensial untuk membeli produk Anda.
  • Aktivitas interaksi yang terjalin pada konten tidak terlihat natural dan merusak pengalaman pengguna.
  • Sulit untuk mengukur performa konten.

Melihat dampak negatif di atas, tentunya strategi pemasaran dengan membeli followers Instagram ini dirasa sangat fatal sebab dapat merusak kredibilitas toko atau perusahaan Anda.

4. Gagal Memaksimalkan Followers

Followers juga sangat berpengaruh terhadap branding yang ingin Anda bangun. Bukan jumlah followers, namun bagaimana cara Anda untuk selalu berinteraksi dengan mereka sehingga dapat mengurangi jarak antara perusahaan dengan followers-nya.

Anda bisa memberi mention salah satu followers dalam konten Anda. Biarkan followers ikut menyebarkan konten dan menggunakan hashtag milik bisnis.

Jadi mulai sekarang cobalah untuk melibatkan followers Anda di setiap promosi bisnis. Ini akan menjadi strategi meningkatkan followers akun IG bisnis dengan lebih terjangkau.

5. Berlebihan dalam Promosi

Sebagian besar orang suka dengan diskon, big sale, atau bahkan ongkos kirim gratis. Sayangnya, terlalu banyak promosi dalam konten Instagram justru akan memengaruhi turunnya jumlah followers organik dan terkesan mengganggu.

Seperti yang kita tahu, Instagram adalah tempat untuk berbagi foto dan pesan dengan kesan mendalam.

Orang akan menghindarkan diri dari konten yang terlalu banyak melakukan promosi karena dianggap mengganggu kesenangan mereka dalam berbagi pengalaman di Instagram.

Posting-lah promosi atau iklan secukupnya secara teratur dan hindari melakukan promosi atau beriklan secara berlebihan.

6. Kualitas Konten yang Kurang Menarik

Pengguna Instagram akan menjumpai berpuluh-puluh gambar dan caption, begitu membuka media sosial tersebut.

Banyaknya gambar dan informasi yang ditampilkan dalam Instagram, tentu saja tidak bisa dibaca semuanya oleh audience.

Banyak yang membaca caption atau content yang dituliskan secara sekilas.

Mereka akan melambat dan berhenti apabila menemukan salah satu gambar yang mereka rasa menarik.

Itulah alasan kenapa Anda harus menghidari kualitas konten yang buruk. Fokus terhadap kualitas konten yang Anda posting di Instagram.

Semakin bagus kualitas konten yang Anda posting, maka semakin banyak orang yang tertarik dengan konten Anda.

Pantau Bisnis Anda Kapan Saja dan Dimana Saja dengan Jurnal. Pelajar Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

optimalkan instagram stories Anda untuk strategi marketing instagram toko Anda!

7. Tidak Mengoptimalkan Instagram Stories

Instagram stories merupakan media content marketing “eksklusif”. Fitur ini akan menghapus setiap konten yang diunggah dalam waktu 24 jam.

Oleh sebab itu, pastikan Anda memberi konten terbaik pada fitur ini, seperti teaser produk terbaru atau layanan terbaru, publikasi diskon atau potongan harga, tutorial mengenai produk, serta solving masalah audience yang sesuai bisnis Anda.

Sebagai sebuah fitur baru, ketertarikan audience terhadap fitur ini pun akan meningkat. Semakin cepat Anda mampu mengoptimalkannya, maka semakin besar kemungkinan Anda untuk menghasilkan followers yang loyal.

Jika enam kesalahan strategi marketing Instagram di atas telah Anda hindari dan mulai memberikan hasil bisnis yang sangat bagus, jangan lupa untuk selalu mengelola keuangan bisnis dengan baik.

8. Landscape Content

Bagaimana konten dalam bentuk landscape atau horizontal (memanjang ke samping) dalam menjadi sebuah strategi marketing yang salah pada Instagram?

Hal ini dapat dijawab melalui riset dari Hootsuite pada tahun 2022 di mana 92,1% pengguna internet mengaksesnya melalui ponsel atau smartphone.

Mengakses melalui ponsel artinya pengguna hanya mampu melihat suatu konten secara optimal jika bentuknya secara vertikal atau memanjang ke atas.

Sehingga jika Anda tetap membuat konten yang berbentuk landscape, kemungkinan konten terpotong sebagian cukup besar dan tidak dapat menyampaikan pesan secara optimal.

Strategi Marketing Instagram Yang Harus Anda Lakukan

Berikut ini adalah strategi Instagram content marketing yang bisa Anda coba:

penggunaan hashtag yang tepat untuk strategi pemasaran instagram Anda!

Gunakan Hashtags yang Tepat

Meskipun Instagram adalah media sosial yang mengutamakan visual, ada elemen non-visual yang perlu Anda tambahkan ke brand Instagram Anda, seperti misalnya gaya caption.

Salah satu teknik caption yang populer adalah pemberian hashtags. Pemberian hashtags Ini tidak hanya terbatas pada penggunaan nama perusahaan namun juga bisa membuat hashtag yang merepresentasikan merek maupun tren yang berkaitan dengan produk tersebut.

Hal tersebut dapat mendorong pengikut untuk berbagi foto yang sesuai dengan hashtag. Misalnya Anda menjual produk tas.

Maka Anda dapat menggunakan hashtags seperti #TasOnlineMurah #Tasmurahberkualitas #Tasbranded dan sebagainya sesuai dengan target pasar yang Anda inginkan.

Berikan Promosi Khusus untuk Menarik Minat

Tidak ada cara terbaik dalam berpromosi selain dengan memberikan penawaran yang menarik untuk followers Instagram. Ingatlah, followers merupakan calon customer.

Untuk itu, Anda perlu memberikan penawaran-penawaran yang membuat followers Instagram Anda merasa tertarik.

Misalnya, dengan memberikan promosi khusus berupa potongan harga atau bahkan gratis untuk produk tertentu setelah memilih produk utama.

Jangan lupa untuk meminta customer Anda berbagi foto produk bisnis Anda menggunakan hastag untuk memenuhi persyaratan setiap promosi tersebut sehingga secara tidak langsung telah menghasilkan pemasaran gratis untuk bisnis Anda.

Perhatikan Caption, Strategi Marketing Instagram Yang Tepat

Instagram mungkin berisi konten visual yang memikat, namun jangan mengabaikan caption yang menyertai setiap foto. Caption memberikan peluang besar bagi bisnis Anda untuk menceritakan sebuah kisah.

Keterangan Instagram memungkinkan Anda untuk memperluas informasi, dan memperjelas keterangan dari gambar yang Anda tampilkan.

Gunakan Visual yang Konsisten

Sebuah penelitian dari WebDam mengenai visual di media sosial menemukan bahwa 60% dari brand terkenal di Instagram menggunakan filter atau tema yang sama pada setiap post.

Dengan menggunakan filter yang sama di semua foto, akun Instagram bisnis Anda akan memiliki sebuah style yang mudah dikenali oleh follower Anda.

Semakin foto Anda mudah dikenali, semakin besar kemungkinan followers Anda akan memberikan like dan meninggalkan komentar di foto tersebut.

Baca juga: Cara Mudah Menghasilkan Uang dengan Menjadi Buzzer Instagram

Sertakan Profil Instagram Anda di Jejaring Sosial Lain

Berbeda dengan beberapa media sosial lain, pencarian profil dalam Instagram tidak begitu baik. Oleh sebab itu, jika akun Anda kurang dikenal dan populer, maka tidak akan mudah untuk mendapatkan followers baru.

Hal ini menyebabkan sebuah akun Instagram terkadang hanya memiliki sangat sedikit proses interaksi dengan pengguna lainnya.

Untuk mengatasi kelemahan ini, hubungkan profil Anda secara otomatis ke media sosial lainnya semacam Facebook, Twitter, dan Google Plus. Dengan begitu, pengikut Anda di situs tersebut dapat dengan mudah menemukan profil Instagram Anda.

perhatikan waktu posting untuk strategi marketing instagram

Perhatikan Waktu Posting

Salah satu hal yang harus di lakukan berkaitan dengan waktu posting adalah memiliki konsistensi atau rutinitas  tanpa mengganggu followers dengan update yang berlebihan.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih jadwal adalah dengan melakukan test di waktu yang berbeda dan melihat hasilnya.

Posting-an yang memiliki engagement (atau keterlibatan pelanggan – biasa dalam rupa likes dan komentar) paling tinggi adalah postingan pada waktu yang tepat untuk dijadikan patokan.

Setelah Anda melihat mana waktu yang paling tepat, masukkan waktu tersebut di content calendar atau kalender editorial untuk menjadwalkan waktu posting Instagram Anda.

Baca juga: Tips Memaksimalkan Strategi Pemasaran pada Bisnis Anda

Lengkapi Strategi Marketing Instagram dengan Pengelolaan Keuangan yang Tepat

Layaknya sebuah strategi marketing yang bisa Anda jalankan secara online, saat ini banyak pengelola keuangan maupun program akuntansi yang juga bisa Anda gunakan secara online.

Salah satunya adalah aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal.

Dengan menggunakan Mekari Jurnal, dapatkan dukungan alat pencatatan keuangan, yang bisa Anda akses kapan saja dan dimana saja secara real-time.

Tanpa perlu instalasi dan resiko kehilangan data penting keuangan usaha, Mekari Jurnal membuat bisnis Anda selangkah lebih mudah.

Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan dalam melaporkan keuangan dari bisnis Anda.

Tanpa perlu instalasi dan tanpa risiko kehilangan data penting keuangan bisnis, Jurnal membuat bisnis Anda selangkah lebih mudah.

Selain itu, Mekari Jurnal juga menghadirkan fitur aplikasi stok gudang.

Ditambah, sistem software accounting Jurnal yang sudah terintegrasi, jadi keakuratan dan keamanan data pastinya akan Anda dapatkan.

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Nah, itulah beberapa kesalahan dalam menjalankan strategi marketing Instagram dan juga cara yang tepat. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Business Management
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal