Dalam rangka mengembangkan sebuah bisnis, ada banyak sekali strategi dan cara pemasaran yang dijalankan untuk mendapatkan hasil maksimal. Mulai dari berpromosi dan memasarkan dengan menggunakan iklan di media mainstream seperti televisi dan radio, penggunaan media sosial, menggunakan teknik SEO, memakai teknik opt-in, memasuki komunitas-komunitas konsumen, dan masih banyak lainnya. Selain beberapa upaya tersebut, ada cara lain yang dimanfaatkan oleh pemilik bisnis dan mungkin masih jarang diaplikasikan yakni Instagram takeovers.

Istilah Instagram takeovers pertama kalinya muncul pada tahun 2012 dan digunakan oleh tiga brand besar yakni General Electric, Burberry serta Food Republic. Hasil yang didapatkan mampu memberikan efek yang luar biasa bagi perkembangan ketiga brand ini. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Instagram takeovers? Berikut Jurnal memberikan penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Baca juga: Dapatkan Loyalitas Konsumen dengan Experiental Marketing

 

Pengertian Instagram Takeovers

Instagram takeovers adalah proses pengambil alihan akun Instagram tertentu untuk sementara dan melakukan aktivitas di dalamnya. Instagram takeovers kini telah menjadi salah satu bagian dari strategi pemasaran yang sangat populer dan merupakan win-win solution. Secara umum langkah yang dilakukan adalah akun populer memberikan akses tertentu kepada seseorang yang diberi hak untuk mengelola.

Aktivitas yang dilakukan bisa berbentuk berbagi konten video, gambar, story serta melakukan siaran live untuk berinteraksi dengan audiens akun tersebut. Tentu saja banyak persiapan yang harus dilakukan agar  mendapatkan orang yang tepat untuk mengisi kegiatan di akun Instagram. Lakukan riset dan pastikan pula audiens mengerti apa yang akan terjadi. Jika pengambil alihan ini berhasil, brand sebagai pemilik akun Instagram dapat diuntungkan, begitu pun dengan si pemakai akun.

 

Manfaat Instagram Takeovers

Instagram takeovers merupakan solusi luar biasa bagi pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Baik itu brand pemilik akun, individu, ataupun influencer yang berkolaborasi dan mempromosikan konten secara silang. Tidak hanya menjadi sebuah kerja sama yang menyenangkan, Instagram takeover juga memberikan manfaat ke berbagai pihak ini.

Manfaat bagi Brand

  1. Mendapatkan Audiens Baru
    Dengan membiarkan orang lain ataupun influencer mengambil alih akun Instagram berarti membuka jalan untuk audiens mereka terhubung dengan akun Instagram brand lebih mudah. Oleh karena itu pilihlah pihak yang memiliki audiens yang sejalan dengan brand agar mereka yang datang pada Instagram brand adalah yang berminat terhadap produk yang ditawarkan.
  2. Konten Baru dan Segar
    Mendapatkan orang baru untuk mengisi akun Instagram berarti juga mendapatkan konten yang lebih segar dan tidak pernah ada sebelumnya karena sesuai dengan preferensi si pembuat konten. Apalagi jika bekerja sama dengan influencer yang biasanya sangat tahu bagaimana caranya untuk terhubung dengan audiens melalui konten.
  3. Membangun Kepercayaan
    Masyarakat mengikuti seseorang, khususnya influencer di Instagram bukan tanpa alasan. Mereka pastinya mempunyai kepercayaan yang tinggi terhadap hal-hal yang direkomendasikan sosok tersebut. Instagram takeover ini bisa menjadi salah satu cara agar brand juga mendapatkan kepercayaan dari follower-follower tersebut.
  4. Meningkatkan Minat dan Keterlibatan
    Pengambil alihan bisa menjadi cara yang mendorong audiens memberikan perhatian khusus pada brand dan keterlibatan yang sebelumnya mungkin jarang dilakukan. Sehingga cara ini dapat Anda terapkan saat meluncurkan kampanye atau produk baru.

Manfaat bagi Pemegang Akun

  1. Mendapatkan Followers Baru
    Sama halnya dengan manfaat yang didapatkan oleh brand sebagai pemilik akun, pihak yang mengambil alih akun pun akan lebih dikenal melalui akun brand dan tentu saja akan mendapatkan followers baru. Ini merupakan kesempatan untuk memberikan kesan yang baik agar mereka pun mempunyai alasan mengapa harus mengikuti sang pemegang akun juga.
  2. Mengembangkan Kredibilitas
    Apapun konsen dari pemegang akun di Instagram, apabila bekerja sama dengan brand yang sesuai tentu akan meningkatkan kredibilitas mereka.
  3. Menghasilkan Konten untuk Akun Pribadi
    Apapun yang dibagikan di akun brand biasanya bisa juga dibagikan di akun pribadi pihak yang mengisi konten. Konten tersebut ustru bisa menjadi posting-an yang bergengsi.

 

Mengambil Alih Akun Lain

Bekerja sama dengan meminta pihak lain seperti influencer untuk memegang akun brand pada saat tertentu memang cukup efekftif. Namun bagaimana jika hal tersebut dibalik? Alih-alih meminta seseorang untuk mengambil alih akun Instagram brand, pertimbangkan menjadi tamu dan  mengambil alih akun Instagram pihak lain seperti influencer, komunitas, atau bahkan brand lain.

Ini adalah salah satu cara yang bagus untuk menjangkau audiens baru yang telah dibangun oleh pihak lain. Karena antara satu akun dengan akun lainnya tidak mungkin mempunyai audiens yang sama persis. Sehingga mengambil alih akun lain akan membantu memaparkan brand Anda kepada orang-orang baru.

 

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai Instagram takeovers. Sebuah terobosan strategi di Instagram yang dapat digunakan untuk mengembangkan brand. Selain berfokus pada strategi pemasaran seperti ini, ada baiknya juga jika Anda memperhatikan pengelolaan keuangan bisnis. Karena sehebat apapun pemasaran dan penjualan, jika pada akhirnya tidak dapat dikelola dengan baik tetap akan menimbulkan kerugian pada bisnis.

Jurnal software akuntansi adalah solusi terbaik untuk pengelolaan keuangan bisnis Anda. Sebagai software akuntansi online #1 di Indonesia, Jurnal dilengkapi dengan fitur lengkap yang membantu mempermudah pengelolaan bisnis. Mulai dari stok barang, manajemen aset, membuat invoice otomatis, dan masih banyak lagi. Jadi tunggu apalagi? Daftar Jurnal sekarang dan dapatkan free trial selama 14 hari!

 

Author