Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

5 Tips Memulai Bisnis Kos-Kosan yang Menguntungkan

Tayang 17 Mar 2018
Diperbarui 10 Oktober 2023

Bisnis kos-kosan merupakan salah satu bisnis menarik yang bisa menjadi lahan investasi jangka panjang. Tidak hanya aktivitas jual beli rumah, tetapi kos-kosan juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memulai bisnis properti.

Kos-kosan merupakan salah satu kebutuhan yang paling dibutuhkan oleh mahasiswa atau pekerja dari luar daerah.

Meski terlihat menarik dan memiliki keuntungan yang cukup besar, Anda juga harus menjalankan bisnis ini dengan baik dan memikirkan strateginya dengan matang.Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memulai bisnis kos-kosan.

Tahukah Anda kalau software akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal pada banner di bawah ini.

Pilih Lokasi Strategis

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis kos-kosan adalah memilih lokasi strategis.

Cobalah mulai bisnis ini dengan melakukan survei lokasi, carilah lokasi yang mudah ditempuh, memiliki jarak yang dekat dari kampus atau perkantoran, akses mudah, dan sebagainya.

Jika target market Anda adalah mahasiswa, carilah lokasi dekat dengan kampus, atau cari lokasi yang dekat dari perkantoran jika target Anda adalah pekerja.

Selain dekat dengan kampus atau kantor, carilah lokasi yang memudahkan target Anda mencari tempat makan, supermarket, rumah sakit, dan dekat dengan jalan raya.

Sediakan Tempat Bersih & Nyaman

Setelah menemukan lokasi yang strategis, hal kedua yang harus Anda lakukan adalah membuat kos-kosan yang memberikan jaminan atas kebersihan, keamanan, dan juga kenyamanan penghuni kos.

Dengan begitu, mereka akan lebih betah di kos-kosan dan menjadi penghuni kos yang loyal. Berikan sirkulasi udara yang baik dan sediakan pihak keamanan yang menjaga kos-kosan.

Selain itu, Anda juga harus menyeleksi calon penghuni dan membuat aturan yang bisa membuat kos lebih aman dan nyaman, misalnya pintu utama akan ditutup jam 22.00 atau teman penghuni diwajibkan melapor jika menginap, dan sebagainya.

Berikan Harga Kompetitif

Harga adalah salah satu faktor penentu apakah calon penghuni memilih kos-kosan yang Anda miliki atau tidak.

Agar kamar kos-kosan Anda penuh dan ramai, cobalah berikan harga sewa yang sesuai dengan target dan fasilitas yang dimiliki kos-kosan tersebut.

Misalnya kamar kos dengan fasilitas AC dihargai Rp1,5 juta, dan tanpa AC hanya Rp800 ribu. Sebelum menentukan harga, Anda bisa melakukan survey kecil-kecilan terhadap harga kos di sekitar lokasi.

Setelah pelanggan tertarik dengan harga yang ditawarkan, sebaiknya Anda mengirimkan invoice yang terjadwal menggunakan software atau aplikasi invoice yang memiliki fitur ini.

Sehingga Anda tidak perlu repot lagi melakukan penagihan ke setiap penghuni kosan saat waktunya pembayaran.

Berikan Fasilitas Tambahan

Selain fasilitas di kamar kos, Anda juga harus memperhatikan fasilitas lainnya, misalnya menyediakan WiFi gratis, layanan laundry, ketering, dan sebagainya.

Hal ini akan membantu Anda memenangkan persaingan pasar.

Tanpa adanya fasilitas tambahan, Anda akan sulit menarik calon penghuni kos. Apalagi saat ini hampir semua kos-kosan menyediakan layanan WiFi gratis.
Lakukan Promosi

Setelah semuanya dipersiapkan dengan baik, hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah membuat promosi bisnis Anda. Cobalah mulai dengan promosi melalui social media atau menempel brosur di tempat makan yang biasa dikunjungi target market.

Anda juga bisa memberikan promosi atau diskon untuk beberapa penghuni pertama kos-kosan. Hal ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi kos-kosan Anda.

Itulah beberapa tips yang harus Anda lakukan sebelum memulai bisnis kos-kosan.

Dengan melakukan tips-tips di atas, bisnis kos-kosanmu akan menjadi favorit penghuni kos.
Namun, setelah memiliki banyak penghuni, jangan pernah lupa untuk melayani mereka dengan baik di dalam kos-kosan.

Terima saran dan kritik mereka, karena hal itu bisa membangun Anda dan bisnis menjadi lebih baik dan berkembang.

Selain itu, cobalah mulai miliki pembukuan yang rapi untuk memudahkan Anda dalam mengatur keuangan bisnis.

Catat semua kas masuk dan keluar, dan biaya-biaya yang Anda keluarkan selama bisnis kos-kosan ini berjalan dengan menggunakan software akuntansi keuangan untuk UKM.

Jika merasa sulit dalam hal pembukuan, Anda bisa mulai menggunakan Jurnal sebagai aplikasi akuntansi yang membantu Anda mengelola keuangan bisnis dengan rapi dan akurat.

Cari tau semua tentang Jurnal dan nikmati free trial 14 hari untuk Anda yang melakukan pendaftaran sekarang!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal