Sebagai platform media sosial yang paling populer, Instagram kini banyak sekali dimanfaatkan untuk melakukan promosi bisnis. Di platform ini, followers sangat dibutuhkan untuk membuat akun bisnis Anda lebih eksis dan dikenal oleh orang banyak. Oleh karenanya banyak sekali akun yang mencoba berbagai cara untuk meningkatkan followers.

Banyak yang berusaha meningkatkan followers dengan mengeluarkan biaya yang cukup besar dan mengunduh berbagai aplikasi, namun followers yang diberikan ternyata tidak aktif. Padahal ada banyak cara meningkatkan followers yang lebih mudah dan aman yang bisa diaplikasikan. Cara ini pun tidak memerlukan biaya yang tinggi. Apa saja cara tersebut? berikut penjelasannya.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Instagram

 

Berikan Konten Berkualitas

Konten visual merupakan daya tarik dan modal utama Anda untuk menambah followers di Instagram. Followers yang telah ada sebelumnya pun tidak akan segan-segan melakukan unfollow jika konten dianggap tidak berkualitas. Oleh sebab itu bagikan konten yang menarik, informatif, dan menghibur dengan kualitas gambar yang baik.

Jangan asal membagikan tanpa tahu apa yang dimaksud serta tidak relevan dengan produk dan layanan yang Anda sediakan. Selain itu, hindari juga meng-posting foto milik orang lain tanpa mencantumkan credit. Ini akan menimbulkan permasalahan hak cipta dan berdampak pada kredibilitas akun bisnis Anda.

 

Perbaiki Feed

Selain kualitas konten, perbaiki pula feed untuk menambah daya tarik akun Instagram Anda. Feed adalah keseluruhan foto yang ada dalam akun Instagram Anda. Atur feed sedemikian rupa agar terlihat rapi dan enak dipandang. Contohnya dengan menggunakan tone warna yang sama untuk tiap foto, menyeragamkan konten video di baris tengah, dan lain sebagainya.

 

Gunakan Hashtag

Gunakan hashtag di tiap posting-an agar konten Anda bisa ditemukan oleh orang lain yang memang tertarik dan membutuhkan produk tersebut. Berikan hashtag yang beragam yang masih relevan serta melambangkan dan merepresentasikan merek Anda. Anda dapat menggunakan maksimal 30 hashtag untuk tiap posting-an. Cari referensi tags pada kolom search di Instagram atau memanfaatkan aplikasi seperti In Tags, Tagify dan lainnya.

 

Pertimbangkan Waktu Mengunggah

Posting konten di waktu-waktu di mana kebanyakan orang mengakses Instagram. Hal ini agar konten Anda langsung mendapatkan like atau komentar yang akan meningkatkan engagement agar tidak tenggelam. Anda bisa melakukan percobaan dengan melakukan posting di beberapa waktu dan bandingkan waktu mana yang terbaik. Cara lainnya adalah dengan memanfaatkan fitur insights dan identifikasi followers pada akun Instagram for business. Dari sini Anda bisa melihat waktu rata-rata followers bermain Instagram setiap hari.

 

Tinggalkan Jejak di Berbagai Akun

Orang-orang akan mudah menemukan Anda apabila Anda bisa berada dimana-mana. Oleh karena itu cobalah untuk aktif memberikan like dan komentar di posting-an milik orang lain. Dengan kegiatan ini akun Anda akan lebih sering terlihat dan orang-orang akan penasaran. Namun tentu saja hindari spam, komentar yang kurang relevan dan sangat terlihat sedang beriklan yang justru akan mengganggu.

 

Promosikan di Platform Lain

Anda juga bisa berkolaborasi dengan platform lain untuk meningkatkan followers Anda. Gunakan platform lain seperti Facebook, Twitter atau Youtube untuk mempromosikan akun Instagram Anda. Anda juga dapat meberikan promosi ataupun diskon bagi pengguna yang mengikuti akun Instagram Anda.

 

Hubungkan dengan Akun yang Lebih Besar

Tandai akun-akun yang mempunyai followers tinggi pada konten Anda. Apabila konten Anda di-repost oleh akun tersebut maka akun Anda berkesempatan mendapatkan followers yang tinggi. Contohnya apabila akun Anda bertemakan humor, Anda bisa memberikan post dan menandai akun berbasis humor dengan followers yang tinggi dengan harapan konten Anda akan di-repost.

 

Gunakan Teknik “Follow-Unfollow

Tips ini masih jarang dilakukan padahal efektif untuk menambah followers. Anda bisa melakukannya dengan mencari akun ber-follower tinggi seperti selebgram atau artis. Setelah akun tersebut ditemukan, selanjutnya masuk ke tab followernya, lalu follow orang-orang di daftar teratas. Follower baru seperti ini biasanya adalah akun baru yang juga mencari follower.

Dengan mengikuti akun tersebut, kesempatan untuk di-followback cukup tinggi. Setelah itu Anda dapat meng-unfollow akun tersebut jika tidak ingin memenuhi daftar following di akun Instagram Anda. Namun Anda tidak disarankan mengikuti banyak akun langsungdalam satu waktu. Berilah jeda sekitar setengah jam atau satu jam setelah mengikuti 20 akun. Jika tidak, Instagram akan men-suspend akun Anda karena pertambahan following dan follower yang tidak natural.

Baca juga: Lebih Mengenal Instagram Takeovers, Strategi Penting dalam Pemasaran

 

Jika Anda konsisten mengaplikasikan cara di atas, jumlah follower Anda bisa terus bertambah dan berdampak pada pengembangan bisnis. Setelah itu jangan lupa juga memastikan pengelolaan bisnis Anda berjalan dengan tepat. Jurnal software akuntansi menyediakan berbagai macam fitur untuk melakukan pengelolaan keuangan seperti meng-input penjualan serta pembelian, mencetak faktur, pencatatan persediaan dan laporan keuangan secara mudah, cepat, aman dan terotomatis. Karena itu segara daftarkan bisnis Anda di Jurnal. Nikmati juga kesempatan free trial selama 14 hari. Dapatkan informasi lengkapnya di sini.

 

Author