Menjadi seorang pebisnis yang sukses di usia muda adalah dambaan banyak orang. Namun pada kenyataannya, proses untuk mencapai level tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak faktor yang harus diperhatikan untuk memulai sebuah bisnis, dimulai dari bagaimana cara mendapatkan modal, mengelola dan mengembangkan bisnis, dan lain sebagainya. Melihat kesuksesan para pebisnis muda, mendorong orang-orang untuk ikut mencoba menggeluti dunia bisnis. Simak rahasia para pebisnis yang telah sukses di usia muda berikut ini.

Tips Memulai Sebuah BisnisSimak Tips dan Rahasia Sukses di Usia Muda dari Para Pebisnis Indonesia

  1. Tidak tergesa-gesa dalam menjalankan sebuah bisnis. Karena untuk mencapai kesuksesan dalam sebuah bisnis membutuhkan proses yang panjang dan tidak dapat diraih secara instan.
  2. Menikmati setiap proses dalam menjalankan bisnis. Para pebisnis muda sebaiknya tidak mengeluhkan proses yang harus dilalui. Menjalankan sebuah bisnis tidak akan selalu berjalan mulus, maka dari itu Anda tidak boleh mudah menyerah dan tidak mudah putus asa.
  3. Harus disiplin dan tidak mudah terlena. Kedisiplinan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap pebisnis. Karena tanpa adanya disiplin yang baik, seseorang akan cenderung bersikap seenaknya dalam menjalankan usahanya.
  4. Bertahan pada bisnis hingga lima tahun pertama. Hal ini penting karena menurut beberapa pebisnis yang sukses, sebuah kesuksesan dalam berbisnis akan dicapai apabila mampu melewati lima tahun pertama dalam bisnisnya.
  5. Miliki mentor yang tepat. Mentor adalah seseorang yang akan membimbing Anda dalam mencapai kesuksesan dalam bisnis. Mentor juga bisa menjadi penasihat saat Anda merasa jatuh atau terpuruk. Selain itu, dengan adanya mentor, Anda bisa meminta saran-saran untuk menghindari kegagalan dama berbisnis.
  6. Selalu update dengan informasi yang berkembang. Setiap informasi terbaru dapat digunakan sebagai dasar untuk menyusun strategi untuk memperkuat kedudukan bisnis. Perbanyak wawasan, informasi, dan belajar, agar Anda tidak ketinggalan informasi.
  7. Membangun kedekatan dengan Tuhan. Kedekatan pada Tuhan bisa membuat Anda memiliki kekuatan untuk bangkit lagi jika suatu saat Anda mengalami kegagalan dalam berbisnis.
  8. Memperbanyak relasi dan jaringan. Semakin banyak relasi yang Anda bangun, maka akan menjadi pembuka jalan rezeki dan kemungkinan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Kisah Sukses Para Pebisnis Muda di Indonesia

Simak Tips dan Rahasia Sukses di Usia Muda dari Para Pebisnis Indonesia

Ada banyak kisah sukses para pebisnis muda di Indonesia yang dapat dijadikan sebagai inspirasi. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Nadiem Makarim (GoJek)

Nadiem Makarim berusia 34 tahun dan sudah menjadi sukses berkat usaha ojek online yang diberi nama GoJek. Sebelum sukses mendirikan GoJek, lelaki kelahiran 4 Juli 1984 ini, sempat bekerja terlebih dahulu di sebuah perusahaan konsultan McKinsey & Company, menjadi Managing Editor di Zalora Indonesia, dan terakhir sebagai Chief Innovation officer di Kartuku. Merasa ingin lebih sukses, pada tahun 2010 Nadiem mendirikan PT GoJek Indonesia yang merupakan penyedia jasa transportasi ojek berbasis online. Pendirian usaha ini dilatarbelakangi oleh permasalahan para penyedia jasa ojek di Indonesia yang kurang produktif karena kesulitan mendapatkan penumpang. Meski sempat dianggap remeh karena ide usahanya tidak masuk akal dan mendapat cibiran dari banyak pihak, namun Nadiem tetap gigih untuk mempertahankan bisnisnya sehingga dirinya bisa meraih kesuksesan seperti sekarang ini.

2.Ahmad Zaky (BukaLapak)

BukaLapak merupakan salah satu situs jual-beli online terbesar di Indonesia yang didirikan oleh Ahmad Zaky. Berkat ketertarikannya pada dunia informatika sejak duduk di bangku SD, kegigihannya kini telah membuahkan hasil yang mengantarnya menjadi pebisnis sukses di usia muda yaitu 32 tahun. Pada awalnya, situs jual-beli online ini hanyalah sebuah divisi agensi digital bernama Suitmedia yang kemudian berubah status menjadi PT (Perseroan Terbatas). Meski sudah didirikan pada tahun 2011, tetapi perjalanan BukaLapak tidak semulus yang dibayangkan. Di awal kemunculannya, masyarakat masih awam tentang jual-beli online sehingga tingkat kepercayaan masyarakat masih sangat minim. Lambat laun, berkat ketekunan sang pemilik yang lahir di tanggal 24 Agustus 1986, BukaLapak mulai dikenal dan menerima banyak investasi dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

3.William Tanuwijaya (Tokopedia)

William Tanuwijaya merupakan pendiri e-commerce Tokopedia. Pria kelahiran 11 November 1981 (37 tahun) ini adalah seorang anak daerah yang merantau ke ibukota setelah lulus SMA, kemudian meneruskan pendidikan sarjana di Jakarta. Langkah William menjadi seorang pebisnis sukses ini tidaklah mudah. William pernah menjadi penjaga warnet untuk bisa mendapatkan uang tambahan. Dari menjaga warnet inilah, William mengenal dunia internet secara lebih dalam. Kemudian setelah menjadi penjaga warnet, William bekerja di beberapa perusahaan software dan game developer. Dari berbagai macam pengalaman tersebut, William kemudian merintis Tokopedia.com di  tahun 2009.

4.Ferry Unardi (Traveloka)

Ferry Unardi, pria kelahiran 16 Januari 1988 yang telah berhasil mendirikan Traveloka, situs mesin pencari tiket pesawat, kereta, dan hotel. Ketika berada di bangku kuliah, Ferry memiliki ide untuk membangun perusahaan rintisan (startup) yang fokus pada pencarian tiket pesawat. Berhubung ide startup yang Ferry miliki sangat unik, maka tidak heran kalau ada banyak sekali investor yang tertarik untuk menanamkan sahamnya. Sejak didirikan pada tahun 2012, Traveloka menjadi salah satu situs pencari tiket pesawat yang paling banyak diminati.

5.Reza Nurhilman (Maicih)

Nama Reza Nurhilman memang tidak terlalu ramai terdengar, tapi bisnis yang dijalankan ini sering menjadi bahan pembicaraan masyarakat. Anda pasti tahu keripik pedas yang dibandrol dengan nama Maicih, bukan?  Reza Nurhilman adalah pria dibalik kesuksesan keripik pedas tersebut. Pria yang lahir pada tanggal 29 September 1987 ini, memulai bisnis keripik pedasnya di tahun 2010, yaitu saat usianya masih 23 tahun. Awalnya, Reza hanya memasarkan keripik lokal Bandung di sosial media Twitter. Tetapi secara perlahan, Reza menerapkan sistem keagenan agar produknya bisa lebih menjangkau masyarakat secara luas. Meski bisnisnya sudah lama berdiri, tetapi nama Maicih masih menjadi keripik pedas kesukaan masyarakat.

Beberapa tips dan rahasia sukses di usia muda para pebisnis di Indonesia dapat Anda jadikan sebagai bahan acuan agar dapat menjalankan sebuah bisnis dengan baik. Konsepkan bisnis yang telah Anda rencanakan, karena apabila telah terkonsep secara rapi, maka Anda tidak akan kesulitan dalam menjalankannya. Untuk menjadi sukses, memang diperlukan semangat dan tekad yang kuat. Karena tanpa semua itu, mustahil Anda dapat meraih sukses di usia muda dalam berbisnis.

Setelah memiliki rencana dan persiapan yang matang untuk menjalankan sebuah bisnis, tentu saja Anda dapat segera memulainya. Agar proses Anda dalam menjalankan bisnis dapat berjalan lancar, manfaatkan penggunaan aplikasi atau layanan akuntansi untuk mengelola keuangan bisnis Anda. Pengelolaan keuangan yang baik tentu saja akan membuat bisnis Anda dapat berkembang secara lebih mudah. Jurnal hadir dilengkapi dengan fitur terbaiknya yang sangat cocok untuk para UKM di Indonesia. Jurnal memiliki fitur mobile yang dapat menampilkan ringkasan bisnis Anda secara periodik. Mulai dari data penjualan, pembelian, biaya, dan laba-rugi. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam memantau bisnis kapan dan dari mana saja. Coba Jurnal sekarang, dan dapatkan free trial selama 14 hari.