Hashtag atau tanda pagar (#) pasti tidak asing bagi Anda bukan? Hashtag atau pagar (#) kini semakin banyak digunakan dalam social media Instagram dan Twitter. Hashtag memiliki fungsi seperti halnya hyperlink di mana ia dapat digunakan untuk mempermudah orang lain mencari topik yang berhubungan. Selain itu, hashtag juga dapat menggolongkan topik atau tema dalam social media. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Simply Measured, postingan yang menggunakan hashtag dapat meningkatkan engagement sebesar 12,6% lebih tinggi dibandingkan dengan postingan yang tidak menggunakan hashtag. Sehingga dalam dunia bisnis, hashtag dapat digunakan dalam strategi marketing.

Untuk menggunakan hashtag ini sangatlah mudah, Anda tidak perlu mengeluarkan modal apapun. Caranya Anda hanya perlu mengetik tanda pagar (#) dan topik atau tema konten yang di-posting. Karenanya, pada tahun 2015 saja sudah tercatat 97% brand di seluruh dunia menggunakan hashtag dalam strategi marketingnya. Lalu bagaimana dengan bisnis Anda apakah sudah menggunakan hashtag? Agar bisnis Anda maju dan tidak kalah dengan kompetitor, Anda juga harus memaksimalkannya.

4 Tips Memaksimalkan Hashtag dalam Strategi Marketing

Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba untuk memaksimalkan hashtag dalam strategi marketing.

  1. Buatlah Tantangan atau Challenge

Tantangan atau challenge merupakan salah satu cara membuat konten menjadi viral. Lihat saja contohnya seperti yang kemarin viral yakni kiki challenge, falling star challenge, ice bucket challenge dan lainnya. Anda juga dapat membuat tantangan kepada konsumen. Buatlah tantangan yang menarik di mana tantangan tersebut juga harus menyertakan hashtag .

Agar tantangan dapat diterima oleh masyarakat, Anda juga harus memberikan reward atau penghargaan jika mereka berhasil menyelesaikan challenge tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk meminta informasi akun email atau nomor handphone orang-orang yang akan mengikuti challenge. Fungsinya adalah untuk memberikan informasi lanjutan terkait tantangan yang diberikan sekaligus menjadi media promosi brand Anda.

  1. Buatlah Rencana dan Riset Hashtag

Tips kedua untuk membuat hashtag sebagai strategi marketing yakni buatlah rencana dan riset konten dan hashtag yang dapat meningkatkan brand awareness dan traffic ke media sosial perusahaan. Setelah melakukan riset kemudian masukkan dalam rencana yang komprehensif. Sesuaikan juga masing-masing konten dan hashtag dengan karakteristik setiap media sosial. Misalnya, video untuk media sosial facebook, foto untuk instagram, artikel untuk blog atau pun yang lainnya.

  1. Gunakan Hashtag untuk Menciptakan Kisah

Hampir semua orang suka untuk menceritakan kisahnya. Maka buatlah mereka menciptakan kisah yang menyangkut brand Anda. Dengan menggunakan kisah akan membuat brand Anda lebih menarik dan hashtag yang ada akan membuat orang mempostingnya merasa menjadi bagiannya. Dengan begitu secara tidak langsung, melalui hashtag orang lain juga membantu Anda melakukan kegiatan marketing.

  1. Gunakan Teknik Mengekor

Hashtag dapat Anda gunakan sebagai personal branding perusahaan Anda. Sehingga Anda dapat memanfaatkan hashtag untuk memperkenalkan bisnis dengan lebih luas lagi. Caranya, Anda dapat menggunakan teknik mengekor. Maksudnya Anda bisa memasukkan hashtag yang mencantumkan brand usaha yang dirancang dengan topik yang sedang populer. Sebagai contohnya seperti fenomena model Jibab Aisyah atau Kaftan Syahrini. Ingat dengan fenomena tersebut? jilbab Aisyah muncul di film Ayat-Ayat Cinta karena jilbab tersebut dipakai oleh pemeran utamanya Aisyah. Sementara Kaftan Syahrini uncul karena syahrini pada saat itu sering memakai baju kaftan sehingga saat menjelang lebaran muncul kaftan syahrini. Seperti itulah teknik mengekor yang dimaksudkan.

2 Hal Yang Harus Diperhatikan dalam Penggunaan Hashtag

Hashtag mudah untuk digunakan namun dalam penggunaannya Anda juga tidak dapat sembarangan terlebih jika digunakan untuk strategi marketing. Sehingga sebaiknya Anda juga harus memperhatikan penggunaannya. 2 hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan hashtag ini seperti:

  • Relevan

Salah satu fungsi hashtag dalam strategi pemasaran yakni untuk memberikan pesan tambahan kepada customer akan lebih mengenal brand Anda. Maka dalam penggunaannya sebaiknya pilihlah hashtag dengan kata-kata yang tidak alay dan lebay. Tidak salah jika Anda menggunakan kata yang alay dan lebay namun itu tidak relevan bukan? Jadi usahakan info hashtag yang Anda masukan relevan satu dengan yang lainnya.

  • Kuantitas

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan adalah kuantitas hashtag. Jangan sampai Anda memasukkan banyak hashtag dalam postingan Anda. Namun, bukan berarti juga harus sedikit ya. Sesuaikan saja hashtag dengan topik konten. Hal ini karena fungsi dari hashtag sendiri adalah sebagai pembatas, pengelompokkan, atau pemisah antar satu bahasan atau topik yang sedang dibicarakan.

Manfaat Penggunaan Hashtag dalam Strategi Marketing

Bagi Anda yang masih ragu untuk menggunakan hashtag dalam strategi marketingnya. Berikut manfaat penggunaan hashtag yang perlu Anda tahu:

  1. Memudahkan Audience Menemukan Brand

Ketika Anda membuat suatu postingan maka yang dapat melihat postingan Anda adalah orang-orang yang telah menjadi teman Anda. Jika Anda menggunakan hashtag dalam postingan brand, maka semua orang yang mencari informasi topik yang sama di media sosial akan dapat membaca postingan yang Anda buat. Jadi Anda dapat menghemat biaya pemasaran dan tenaga bukan? karena konten yang Anda buat secara otomatis akan ditemukan oleh orang-orang yang mencarinya.

  1. Mempermudah Mencari Target Konsumen

Manfaat kedua dari hashtag yakni membantu Anda dalam mencari target konsumen. Seperti yang kita tahu, salah satu tujuan strategi pemasaran yaitu mencari target konsumen sebanyak-banyaknya. Melalui hashtag ini, Anda dapat dengan mudah mendapatkan konsumen. Misalnya saja, jika Anda menjual barang seperti makeup, maka Anda dapat memberikan hashtag #makeup #eyeliner #lipstik #parfume #micelarwater, dan lain sebagainya. Sehingga saat orang mencari makeup, postingan toko Anda akan muncul dan mereka pun dapat membeli produk Anda meskipun mereka bukan followers media sosial Anda.

  1. Memudahkan Mencari Lokasi

Hashtag ini akan sangat membantu strategi marketing Anda untuk bisnis bidang perjalanan atau traveling karena hashtag dapat memudahkan Anda menemukan lokasi. Sematkan saja #traveling #exploreindonesia maka bisnis Anda akan menjadi dikenal banyak orang. Bahkan jika konten yang Anda bagikan seperti foto atau video sangat menarik dapat viral dengan cepat.

Demikian pembahasan mengenai hashtag dalam strategi marketing. Selain memanfaatkan hashtag, Anda juga perlu mengelola keuangan dengan baik dan benar agar bisnis Anda semakin maju dan berkembang.

Untuk memudahkan dalam pengelolaan keuangan perusahaan, Anda dapat menggunakan bantuan Jurnal. Jurnal adalah salah satu software akuntansi online yang mudah dan dapat membantu Anda mengelola keuangan dan melakukan proses akuntansi.

Jurnal menyediakan berbagai macam fitur untuk melakukan pengelolaan keuangan seperti menginput penjualan, pembelian, mencetak faktur, pencatatan persediaan dan laporan keuangan secara mudah, cepat, aman dan terotomatis. Selain itu, Jurnal juga dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Menarik bukan? Nikmati juga kesempatan free trial selama 14 hari. Informasi lengkapnya, silahkan klik di sini.