Dengan lebih dari 800 juta akun aktif di Instagram, Instagram menjadi platform atau media pemasaran yang tepat bagi bisnis. Namun, memiliki akun bisnis Instagram tidak selalu berarti Anda menggunakannya secara maksimal. Sekitar 75% pengguna Instagram melakukan aktivitas seperti berbelanja, mencari, atau memberi tahu kerabat ketika mereka melihat suatu posting-an yang menarik.

Namun, tingkat keterlibatan pengguna Instagram tersebut tidak selalu meningkatkan konversi yang lebih tinggi dan berujung peningkatan penjualan bisnis Anda. Padahal, di situ terdapat potensi yang besar untuk peningkatan penjualan bisnis Anda. Sebenarnya, yang Anda butuhkan hanyalah cara atau pendekatan yang tepat untuk mewujudkan potensi itu. Berikut tujuh cara atau pendekatan bagi bisnis Anda untuk meningkatkan penjualan e-commerce dengan menyempurnakan upaya pemasaran Instagram Anda.

Buat Guidelines Profil Instagram Anda

7 Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Instagram

Guidelines merupakan kerangka acuan yang akan digunakan dalam setiap proses aktivitas. Bagaimana Anda akan membangun profil instagram agar dapat menarik perhatian? Bahasa Apa yang akan Anda gunakan? dan Bagaimana Anda memanggil audiens Anda? Salah satu guidelines terpenting dalam membangun instagram adalah feeds Instagram.

Berikut tips untuk membangun feed guidelines Instagram Anda agar feeds Anda terlihat estetis,

  1. Menyelaraskan warna pada tiap feeds Instagram. Baik warna produk maupun tone warna foto.
  2. Menyelaraskan jenis produk yang dijual pada tiap feeds.
  3. Menggunakan tamplate pada tiap feeds Instagram.
  4. Menggunakan latar belakang yang sama di tiap foto.
  5. Menggunakan grid yaitu Anda mendesain sebuah gambat besar yang kemudian dipotong-potong menjadi beberapa feeds.

Selain feeds, Anda juga harus membuat guidelines tulisan. Dengan gaya bahasa apa Anda berinteraksi dengan audiens. Bagaimana tamplate instastory Anda, berapa hari dalam seminggu Anda akan melakukan promosi, dan lain sebagainya.

Follow Calon Konsumen dari Pasar yang Sama

7 Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Instagram

Pernahkah Anda tiba-tiba di-follow oleh akun bisnis yang sangat sesuai dengan keinginan Anda? Ya, mereka menerapkan strategi ini.  Karena masyarakat di Instagram yang luas dan beragam, hal ini menjadi strategi yang memiliki peluang besar keberhasilannya.

Lalu caranya bagaimana? Anda dapat membuka hashtag yang berkaitan dengan produk Anda atau membuka akun pesaing bisnis Anda, lalu follow audiens dari hashtag dan Akun pesaing bisnis Anda. Lakukan hal ini tiap hari namun dengan batasan, Misalnya, sehari Anda mem-follow 30 orang. kemudian di hari berikutnya 30 orang lagi.

Selain itu, Anda juga dapat berinteraksi dengan calon audiens dengan berkomentar di akun-akun bisnis pesaing atau influencer. Hal ini sah-sah saja dilakukan karena tidak melanggar hukum privasi.

Terus Berinteraksi dengan Audiens

7 Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Instagram

Berinteraksi dengan audiens adalah elemen penting dalam Instagram Marketing. Hal ini bertujuan untuk terus memberikan kesadaran tentang eksistensi bisnis Anda kepada konsumen. Selain itu, dengan terus memberikan kesempatan interaksi dengan audiens, Anda dapat menciptakan crowd yang mungkin akan berdampak pada jumlah followers, pembeli atau cakupan lainnya. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di antaranya,

  1. Membuat  mini quiz melalui instagram story. Anda dapat mengajukan beberapa pertanyaan yang terkait dengan produk yang dijual. Anda tidak perlu memberikan hadiah.
  2. Mengadakan giveaway pada momen tertentu. Misalnya sebulan sekali, atau saat perayaan tertentu. giveaway juga tidak selamanya memberikan produk. Anda dapat memberikan kupon potongan harga.
  3. Menjawab setiap komentar. Hal ini memang sangar sepele, namun memiliki dampak besar. Dengan merespon cepat komentar konsumen, Anda akan mendapat perspektif positif dari konsumen Anda.

Jangan Remehkan Kekuatan Instagram Content

Konten Instagram adalah elemen paling penting saat melakukan Instagram Marketing. Jika di awal tahun 2010-an, Para penjual Instagram hanya mengandalkan foto produk saja, kini para pebisnis di Instagram juga mengandalkan konten. Anda dapat membuat dua akun bisnis; akun katalog dan akun utama.

Berikut tips yang dapat Anda gunakan untuk membuat konten Instagram:

  1. Menggunakan foto produk namun Anda dapat menggunakan storytelling atau artikel dalam caption. Buatlah tulisan di akhir konten dengan menggiring konsumen untuk menggunakan produk Anda.
  2. Membuat konten di dalam feed instagram. Konten dapat berupa infografis, slideshow yang berisi pengetahuan yang berhubungan dengan produk Anda. Misalnya, tutorial membersihkan sepatu.
  3. Ingat hari-hari penting. Hal ini berpengaruh dalam membuat konten yang akan dibuat. Misal Anda penjual pakaian basket, Anda dapat membuat konten biografi tentang tokoh pebasket di hari ulang tahun tokoh tersebut.
  4. Buat kampanye. Konten Kampanye bermacam-macam, Anda dapat membuat content gimmick atau video teaser. Misalnya, Anda dapat membuat film pendek yang berisi soft-selling produk Anda.

Menfaatkan Fitur-fitur Instagram

Instagram saat ini memiliki fitur yang beragam salah satunya Instagram for business. Buat akun Anda secara profesional menggunakan Instagram for business. Salah satu kelebihan menggunakan akun profesional Anda dapat melihat kinerja akun Anda dengan fitur insight. Fitur ini dapat melihat jumlah akun yang melihat profil Anda, jumlah yang menyukai postingan Anda hingga berapa konsumen yang berinteraksi dengan Anda.

Fitur lain Instagram yang dapat Anda manfaatkan sebagai bisnis antara lain:

  1. Instastory. Anda dapat melakukan interaksi seperti pollingmini quiz, dan juga mini content.
  2. Highlight. Fitur ini memudahkan Audiens dalam melihat informasi yang lebih detail. Misal Anda dapat membuat highlight untuk testimoni, daftar harga, dan juga promo pada hari tertentu.
  3. Instagram Ads. Fitur ini memungkinkan Anda meluncurkan iklan di Instagram. Dengan fitur ini juga Anda dapat memilih apa yang ingin Anda luncurlkan. Seperti feeds, story, atau seluruh akun Anda.
  4. Direct purchase, Konsumen dapat langsung membeli produk melalui feeds. Tiap feeds dapat terhubung dengan platform lain seperti facebook atau website.

Kirim Direct Messages (DM) ke Followers

Terkadang, Anda harus melakukan hal-hal yang tidak terhubung secara langsung untuk mengembangkan bisnis Anda. Walaupun mengirim DM kepada lusinan atau bahkan ratusan orang bisa menghabiskan banyak waktu dan melelahkan, tetapi hal tersebut dapat menghasilkan beberapa hasil yang memuaskan bagi perkembangan bisnis Anda.

Lalu muncul pertanyaan apa yang harus Anda katakan?

Keterbukaan dan kejujuran adalah kunci penting untuk mendapatkan hasil terbaik. Misalnya, jika Anda menghubungi followers untuk meminta mereka membagikan foto produk Anda, Anda bisa mengatakan sesuatu seperti ini:

Hei, Ani!

Saya ingin mengatakan bahwa saya sangat menghargai Anda mengikuti bisnis kami di Instagram. Kami senang melihat gambar Anda di feed kami. Dan saya hanya ingin meminta pertolongan, karena Anda memiliki begitu banyak followers dan sahabat yang baik di akun Anda, maukah Anda membagikan posting-an kami untuk membantu bisnis kami mendapatkan lebih banyak perhatian? Terima kasih banyak! 🙂

Salam Hangat,

Andi

Gunakan Lebih Banyak Tagar (Hashtag)

Tidak seperti Twitter dan Facebook , di mana menggunakan lebih dari dua tagar akan mengurangi engagement, pengguna Instagram tidak akan merasa cukup hanya dengan menyematkan dua tagar. Bahkan, semakin banyak tagar yang Anda gunakan, semakin banyak engagement atau ketertarikan yang Anda dapatkan dari followers Anda!

Setidaknya, gunakan 30 tagar yang tersedia untuk posting-an Anda!

Jika Anda tidak yakin tagar apa yang digunakan, Anda dapat mencari tagar yang biasa dipakai kompetitor bisnis Anda di Instagram atau memeriksa 100 tagar terpopuler di internet. Anda juga dapat memeriksa tagar apa yang biasa disukai followers Anda untuk melihat apa yang populer di area pasar Anda.

Baca juga: Peluang Bisnis Thrift Store yang Menggiurkan

Berkolaborasi dengan Influencer dan Pihak Lain

Anda dapat berkolaborasi dengan influencer  yang memang dapat memengaruhi penjualan produk. Misal jika Anda ingin berjualan sneakers, Anda dapat melakukan endorsement dengan artis yang mengoleksi sneakers.

Anda juga dapat melakukan kerjasama dengan pihak lain. Misalnya, Komunitas amal dengan membagikan sebagian penjualan untuk amal, atau dengan menerapkan pembelian produk tertentu akan mendapatkan voucher gratis kopi.

Strategi Lainnya

Salah satu strategi namun belum terbukti efektifitasnya adalah jadwal unggah. Beberapa orang meyakini dengan mengunggah foto pada jam-jam tertentu akan memengaruhi crowd. Beberapa praktisi menyarankan untuk mengunggah postingan pada jam 7 malam hingga 9 malam pada hari rabu dan kamis. karena pada jam-jam tersebut orang cenderung membuka media sosialnya. Para praktisi juga mempercayai jam-jam makan siang juga dapat memengaruhi crowd Instagram.

Percaya atau tidak, instagram merupakan platform atau media sosial yang sampai saat ini masih efektif digunakan oleh para pebisnis komersial untuk meningkatkan penjualan produk mereka. Manfaatkan berbagai fitur ter-update di Instagram untuk mengembangkan bisnis Anda. Terkait pengembangan bisnis, Anda juga tidak boleh melupakan permasalahan terkait pencatatan dan pelaporan keuangan Anda.

Permasalahan tersebut bisa diatasi dengan penggunaan Software Akuntansi, salah satunya adalah Jurnal. Jurnal merupakan Software Akuntansi yang mampu menangani pencatatan transaksi bisnis dan pelaporan keuangan. Salah satunya, Anda bisa melakukan invoice reminder untuk menagih piutang penjualan Anda dan mengirimkan faktur berulang kepada pelanggan secara otomatis. Silahkan lihat guidebook cara mengatur invoice reminder di Jurnal. Anda juga bisa melihat informasi lebih lengkap mengenai produk Jurnal di sini.

Author