Tips dan Strategi Menentukan Biaya Pengiriman

Era bisnis sekarang unggul dengan e-commerce sehingga sistem jual beli dilakukan secara online tanpa tatap muka. Hal itu menyebabkan pengiriman barang menjadi sesuatu yang penting dalam rantai jual beli di e-commerce. Untuk membuat bisnis Anda semakin berkembang maka perlu dilakukan strategi dalam menentukan biaya pengiriman. Mengapa demikian? Pembeli mempertimbangkan besarnya biaya pengiriman dalam menentukan akan membeli sebuah barang atau tidak. Dengan begitu, Anda tidak bisa sembarangan menentukan biaya pengiriman. 

Biaya pengiriman yang telalu tinggi akan membuat pembeli Anda membandingkan dengan pesaing produk yang bisa memberikan harga lebih murah untuk biaya pengiriman. Sedangkan memberikan biaya pengiriman yang terlalu murah bisa mengakibatkan pemotongan keuntungan yang terlalu banyak sehingga menyebabkan kerugian. Hal ini membuktikan bahwa strategi untuk menentukan biaya pengiriman sangat diperlukan karena berpengaruh besar dalam margin keuntungan bisnis Anda. Berikut ini akan diulas tips dan strategi dalam menentukan biaya pengiriman sehingga menguntungkan bagi pembeli dan juga bagi Anda selaku penjual. 

Faktor penentu biaya pengiriman 

Dalam menentukan biaya pengiriman dalam usahmu, tentunya terdapat beberapa faktor yang menjadi penentunya. Tiga hal yang menjadi faktor penentu biaya pengiriman tersebut yaitu berat barang, biaya tambahan, serta metode pengiriman. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, diharapkan penentuan biaya pengiriman menjadi lebih solid dan stabil. 

  • Tentukan berat barang 

Berat barang merupakan faktor penentu pertama yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan biaya pengiriman. Berat barang ini bisa diukur dengan dua cara yaitu berat aktual dan berat dimensi. Berat aktual adalah berat paket yang dibulatkan ke kilogram berikutnya. Misalnya barang Anda ketika ditimbang memiliki berat 2,8 kg maka akan dihitung 3 kg. Berat dimensi adalah ukuran kepadatan pengiriman. Cara menghitungnya yaitu mengalikan panjang, lebar, dan tinggi ukuran paket kemudian dibulatkan hingga cm terdekat. Anda bisa menentukan biaya pengiriman dengan mempertimbangkan berat aktual serta berat dimensi paket barang yang akan dikirim. Pastikan pengukuran berat ini aktual dan akurat sehingga pembeli tidak merasa dicurangi.

  • Perhitungkan biaya tambahan 

Biaya tambahan yang diperlukan selama proses pengemasan barang juga menjadi faktor yang mempengaruhi penentuan biaya pengiriman. Apa yang dimaksud biaya tambahan? Biasanya, jenis bahan yang digunakan untuk pengemasan barang turut berpengaruh menambahkan biaya tambahan. Misalnya,  Anda menjual lukisan dan pengirimannya harus menggunakan kayu, tentunya hal tersebut membutuhkan biaya tambahan. Berikan penjelasan tentang biaya tambahan ini sehingga pembeli tidak bingung serta dapat memahami biaya pengiriman yang bertambah daripada biasanya. Selain itu, dengan menghitung biaya tambahan ini, Anda telah meminimalisir kerugiaan karena biaya kirim yang terlalu kecil. 

  • Pilihan metode pengiriman 

Faktor lain yang menjadi penentu biaya pengiriman adalah metode yang digunakan. Terdapat empat metode yang bisa dipilih yaitu melalui darat, laut, udara, dan atarmoda. Pengiriman melalui darat biasanya merupakan bentuk yang paling murah. Pengiriman via laut biayanya lebih mahal dibandingkan darat dan biasanya digunakan untuk pengiriman internasional serta ke daerah pedalaman. Pengiriman lewat udara merupakan yang paling mahal karena secara waktu tempuh juga paling cepat dibandingkan yang lainnya. Pengiriman via udara ini menggunakan pesawat kargo dan pesawat penumpang bagian kompartemen bagasi. Yang terakhir yaitu pengiriman antarmoda. Pengiriman ini menggabungkan beberapa metode pengiriman dan mengacu pada kontainer khusus yang bisa ditransfer secara efisien antara kapal, kereta api, dan truk. 

Strategi untuk menentukan biaya pengiriman 

Setelah mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi penentuan biaya pengiriman, kini saatnya Anda melakukan perhitungan dengan tepat. Terdapat beberapa strategi yang bisa diterapkan dalam menentukan biaya pengiriman. Tiga hal yang sebaiknya dilakukan yaitu membandingkan dengan pesaing bisnis Anda, memetakan lokasi pelanggan, serta mempertimbangkan biaya kirim gratis pada pembeli. Jika diterapkan dengan sesuai dan tepat, strategi ini tentu akan menguntungkan bagi bisnis Anda.

  • Lakukan perbandingan dengan pesaing bisnis 

Anda perlu melakukan semacam survei terhadap pesaing bisnis Anda sehingga bisa menentukan biaya pengiriman yang tidak berbeda jauh. Jika biaya pengiriman barang milik Anda terlalu tinggi maka pembeli pun akan memilih produk pesaing. Oleh karena itu, sebelum menentukan biaya pengiriman, pastikan Anda sudah membandingkan dengan biaya pengiriman  yang lain. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena meski barang Anda lebih murah namun jika biaya pengiriman berbeda jauh dari pesaing maka pembeli akan berpikir dua kali untuk menjadi loyal. 

  • Petakan lokasi pelanggan 

Strategi lain yang bisa dilakukan yaitu petakanlah lokasi pelanggan Anda. Buatlah presentase, berapa banyak pelanggan domestik dan berapa banyak yang internasional. Hal ini akan membuat Anda memilih lebih cermat layanan pengiriman yang mana untuk digunakan secara reguler. Pelanggan tertentu juga mau membayar biaya pengiriman yang lebih tinggi asal barang lebih cepat sampai, namun terkadang lokasi pengantaran tidak memungkinkan seperti lokasi terpencil. Untuk itu, Anda harus cermat memetakan lokasi pelanggan sehingga tidak salah pilih layanan pengiriman. 

  • Pertimbangkan memberi biaya kirim gratis 

Jika bisnis Anda terdapat pada sektor persaingan yang sangat ketat, Anda bisa mempertimbangkan memberikan layanan gratis biaya pengiriman. Hal ini sangat efektif jika produk yang Anda jual memiliki margin keuntungan yang tinggi seperti perhiasan emas, atau gadget. Dengan begitu Anda bisa memotong keuntungan untuk menutup biaya pengiriman barang. Namun, jika margin keuntungan Anda rendah seperti hanya menjual kaos eceran, maka strateginya yaitu membuat gratis biaya pengiriman sesekali saja. Anda bisa melakukannya sebulan sekali atau ketika ada event tertentu.

[adrotate banner=5″]


PUBLISHED20 Dec 2019
Ucig
Ucig

SHARE THIS ARTICLE: