Cara Menghitung Persediaan Melalui Economic Order Quantity

 

Dalam pengaturan persediaan stok usaha atau yang dikenal dengan manejemen persediaan, kita mengenal istilah model economic order quantity (EOQ). EOQ dalam pengaturan persediaan bertujuan untuk meminimalkan total biaya, serta menyimpan persediaan dan biaya pemesanan. Kerangka kerja yang digunakan untuk menentukan kuantitas pesanan ini juga dikenal sebagai Wilson EOQ Model atau Wilson Formula.

 

Kategori Biaya dalam Model Economic Order Quantity (EOQ)

Dalam manajemen persediaan model EOQ, terdapat beberapa kategori biaya yang ikut memengaruhi perhitungannya antara lain:

a. Biaya pemesanan

Dikenal juga sebagai biaya pembelian atau biaya set up. Merupakan jumlah biaya tetap yang terjadi setiap kali item dipesan. Biaya tersebut berhubungan dengan aktivitas fisik yang dibutuhkan untuk memproses pesanan. Sifat biaya pemesanan ini konstan, tidak tergantung pada jumlah barang yang dipesan. Adapun yang termasuk dalam biaya pemesanan ini adalah:

– Biaya persiapan pemesanan

– Biaya mengirim atau menugaskan karyawan untuk melakukan pemesanan.

– Biaya saat penerimaan bahan yang dipesan

– Biaya penyelesaian pembayaran pemesanan.

b. Biaya tercatat

Disebut juga biaya penyimpanan, biaya tercatat adalah biaya yang terkait dengan persediaan yang dimiliki di gudang. Hal ini terdiri dari biaya yang berkaitan dengan investasi persediaan dan biaya penyimpanan. Adapun beberapa item yang berpengaruh dan masuk dalam biaya tercatat ini adalah bunga, asuransi, pajak, dan biaya penyimpanan seperti biaya sewa gudang, biaya listrik, biaya kerusakan, dan sebagainya.

 

Rumus Menghitung EOQ

 

Contoh Soal Economical Order Quantity (EOQ)

PT Maju Jaya pada tahun yang akan datang membutuhkan bahan baku sebanyak 240.000 unit. Harga bahan baku per unit Rp2.000. Biaya pesan untuk setiap kali melakukan pemesanan sebesar Rp150.000, sedangkan biaya penyimpanan sebesar 25% dari nilai rata-rata persediaan.

Diminta:

a. berapa jumlah pemesanan yang paling ekonomis (EOQ)?

b. berapa kali pemesanan yang harus dilakukan dalam setahun?

c. berapa hari sekali perusahaan melakukan pemesanan (1 tahun =360 hari)?

 

Jawab :

a.

 

 

 

b. Pemesanan yang dilakukan dalam setahun :

240.000 : 12.000 = 20 x pemesanan.

 

c. Jika 1 tahun = 360 hari, maka pemesanan dilakukan = 360 : 20 = 18 hari sekali.

 

Jika Anda menggunakan software akuntansi Jurnal, penghitungan economic order quantity untuk membantu bagian manajemen persediaan ini akan terasa lebih cepat dan mudah. Fitur biaya dan fitur stock yang dimiliki Jurnal, akan membantu Anda terintegrasi secara langsung dan mengetahui sekaligus berapa biaya dan ketersedian stok yang dibutuhkan. Selain itu fitur biaya juga dapat menjadwalkan pembayaran secara berulang sesuai kebutuhan pemesanan persediaan yang sudah dihitung dan disepakati. Dapatkan semua informasi tentang fitur biaya dan fitur stok dalam Jurnal di sini, dan nikmati kemudahan mengatur persedian serta menghitung pemesanan berdasarkan economic  order quantity bagi perusahaan Anda.


PUBLISHED27 Apr 2018
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: