Jurnal Enterpreneur

Cara Menghitung Persediaan Melalui Economic Order Quantity

Dalam pengaturan persediaan stok usaha atau yang dikenal dengan manejemen persediaan, kita mengenal istilah model economic order quantity (EOQ). Bagaimana cara menghitung persediaan dengan rumus EOQ atau yang dikenal juga sebagai frekuensi pemesanan, pahami contoh soal berikut.

EOQ dalam pengaturan persediaan bertujuan untuk meminimalkan total biaya, serta menyimpan persediaan dan biaya pemesanan.

Kerangka kerja yang digunakan untuk menentukan kuantitas pesanan ini juga dikenal sebagai Wilson EOQ Model atau Wilson Formula.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal pada banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

 

Apa itu Economic Order Quantity (EOQ)?

EOQ atau frekuensi pemesanan mengacu pada jumlah optimal barang yang harus dipesan pada suatu titik waktu tertentu, sehingga total biaya tahunan membawa dan memesan barang tersebut diminimalkan.

Sederhananya – berapa banyak produk yang harus Anda beli untuk mempertahankan rantai pasokan agar menghemat biaya.

EOQ membantu perusahaan meminimalkan biaya pemesanan dan penyimpanan persediaan.

Sebagaimana dijelaskan oleh konsep ekonomi, semakin biaya per unit pemesanan produk turun, semakin besar jumlah total pesanan.

Namun, semakin besar jumlah total pesanan, semakin tinggi biaya untuk menyimpan dan mengelola inventaris Anda.

Tujuan Menghitung Economic Order Quantity (EOQ)

Tujuan dari menghitung EOQ dengan cara seperti rumus frekuensi pesanan adalah untuk mengidentifikasi jumlah unit produk yang optimal untuk dipesan.

Jika tercapai, perusahaan dapat meminimalkan biaya untuk membeli, mengirim, dan menyimpan unit.

Rumus EOQ dapat dimodifikasi untuk menentukan tingkat produksi atau interval pemesanan yang berbeda, dan perusahaan dengan rantai pasokan besar dan biaya variabel tinggi menggunakan algoritme software tertentu  untuk menentukan EOQ.

Cara menghitung EOQ adalah alat arus kas yang penting. Rumus tersebut dapat membantu perusahaan mengontrol jumlah kas yang terikat dalam saldo persediaan.

Bagi banyak perusahaan, persediaan adalah aset terbesarnya selain sumber daya manusianya, dan bisnis ini harus membawa persediaan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Jika EOQ dapat membantu meminimalkan tingkat persediaan, tabungan tunai dapat digunakan untuk beberapa tujuan bisnis atau investasi lainnya.

Rumus EOQ menentukan titik pemesanan ulang persediaan perusahaan. Ketika persediaan turun ke tingkat tertentu, rumus EOQ, jika diterapkan pada proses bisnis, memicu kebutuhan untuk memesan lebih banyak unit.

Dengan menentukan titik pemesanan ulang, bisnis menghindari kehabisan persediaan dan dapat terus memenuhi pesanan pelanggan.

Jika perusahaan kehabisan persediaan, maka terjadilah biaya kekurangan, yaitu pendapatan yang hilang karena persediaan perusahaan tidak mencukupi untuk memenuhi pesanan.

Kekurangan persediaan juga dapat berarti perusahaan kehilangan pelanggan atau klien akan memesan lebih sedikit di masa depan.

Permudah Pengelolaan Inventori dan Stok Barang dengan Jurnal. Baca Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Kategori Biaya dalam Model Economic Order Quantity (EOQ)

Dalam manajemen persediaan model EOQ, terdapat beberapa kategori biaya yang ikut memengaruhi perhitungannya antara lain:

Biaya pemesanan

Dikenal juga sebagai biaya pembelian atau biaya set up. Merupakan jumlah biaya tetap yang terjadi setiap kali item dipesan. Biaya tersebut berhubungan dengan aktivitas fisik yang dibutuhkan untuk memproses pesanan. Sifat biaya pemesanan ini konstan, tidak tergantung pada jumlah barang yang dipesan. Adapun yang termasuk dalam biaya pemesanan ini adalah:

– Biaya persiapan pemesanan

– Biaya mengirim atau menugaskan karyawan untuk melakukan pemesanan.

– Biaya saat penerimaan bahan yang dipesan

– Biaya penyelesaian pembayaran pemesanan.

Biaya tercatat

Disebut juga biaya penyimpanan, biaya tercatat adalah jenis biaya yang terkait dengan persediaan yang dimiliki di gudang. Hal ini terdiri dari biaya yang berkaitan dengan investasi persediaan dan biaya penyimpanan.

Adapun beberapa item yang berpengaruh dan masuk dalam biaya tercatat ini adalah bunga, asuransi, pajak, dan biaya penyimpanan seperti biaya sewa gudang, biaya listrik, biaya kerusakan, dan sebagainya.

Baca juga: 5 Metode Pengendalian Biaya Bahan Baku yang Perlu Anda ketahui

Cara Menghitung EOQ Menggunakan Rums

Berikut adalah cara menghitungg EOQ atau frekuensi pemesanan dengan menggunakan rumus:

EOQ = akar kuadrat dari: [2SD] / H

S = Biaya penyiapan (per pesanan, umumnya termasuk pengiriman dan penanganan)
D = Tingkat permintaan (jumlah yang terjual per tahun)
H = Biaya penyimpanan (per tahun, per unit)

Contoh Soal Economical Order Quantity (EOQ)

Berikut adalah contoh soal tentang EOQ, bagaimana cara menghitung dengan menggunakan rumus frekuensi pemesanan?

PT Maju Jaya pada tahun yang akan datang membutuhkan bahan baku sebanyak 240.000 unit. Harga bahan baku per unit Rp2.000.

Biaya pesan untuk setiap kali melakukan pemesanan sebesar Rp150.000, sedangkan biaya penyimpanan sebesar 25% dari nilai rata-rata persediaan.

Diminta:

a. Berapa jumlah pemesanan yang paling ekonomis (EOQ)?

b. Berapa kali pemesanan yang harus dilakukan dalam setahun?

c. Berapa hari sekali perusahaan melakukan pemesanan (1 tahun =360 hari)?

Jawab :

a. 𝐸𝑂𝑄  = 2 𝑥 240.000 𝑥 𝑅𝑝.150.000 / 𝑅𝑝.2000 𝑥 25% = 144.000.000 = 12.000 Unit

rumus eoq cara menghitung contoh soal frekuensi pemesanan

b. Pemesanan yang dilakukan dalam setahun :

240.000 : 12.000 = 20 x pemesanan.

c. Jika 1 tahun = 360 hari, maka pemesanan dilakukan = 360 : 20 = 18 hari sekali.

Kelola Bisnis Trading dan Distribusi Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Faktor Yang Harus Diperhatikan Saat Menghitung EOQ

Rumus frekuensi pesanan atau EOQ adalah cara yang relatif sederhana untuk menghitung poin pemesanan ulang Anda, namun ada beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan saat menggunakannya:

  • Seberapa konsisten permintaan Anda? Jika sangat bervariasi, pemesanan hanya berdasarkan efektivitas biaya dapat menyebabkan kehabisan stok saat permintaan meningkat, dan kelebihan stok saat permintaan turun.
  • Bisakah tim pembelian dan staf gudang mengelola frekuensi pesanan yang direkomendasikan oleh perhitungan EOQ?
  • Apakah item inventaris Anda bervariasi dalam nilai dan pentingnya bagi bisnis? Jika jawabannya ya, mungkin parameter reordering-nya tidak harus sama semua?
  • Jika Anda memiliki jumlah pesanan minimum untuk dicapai dengan pemasok tertentu, pemesanan berdasarkan EOQ mungkin tidak dapat dilakukan.
  • Apakah lead time pemasok Anda selalu sesuai jadwal? Jika tidak, Anda mungkin perlu menyesuaikan tingkat stok pengaman secara teratur untuk mencegah kehabisan stok saat pengiriman terlambat.

Baca juga: Ketahui Pentingnya Manajemen Persediaan untuk Kesuksesan Bisnis

Menghitung EOQ dengan Software Akuntansi Jurnal

Jika Anda menggunakan software akuntansi Jurnal, penghitungan economic order quantity untuk membantu bagian manajemen persediaan ini akan terasa lebih cepat dan mudah.

Fitur biaya dan fitur stock yang dimiliki Jurnal, akan membantu Anda terintegrasi secara langsung dan mengetahui sekaligus berapa biaya dan ketersedian stok yang dibutuhkan.

Selain itu fitur biaya juga dapat menjadwalkan pembayaran secara berulang sesuai kebutuhan pemesanan persediaan yang sudah dihitung dan disepakati.

Dapatkan semua informasi tentang fitur biaya dan fitur stok dalam software stok barang Jurnal hingga fitur aplikasi gudang di sini, dan nikmati kemudahan mengatur persedian serta menghitung pemesanan hingga invoicing berdasarkan economic order quantity bagi perusahaan Anda.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Nah itulah penjelasan tentang EOQ atau juga dikenal sebagai frekuensi pemesanan, cara menghitung, rumus, dan contoh soal.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Accounting

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo