Peluang Bisnis Menguntungkan bagi Pemula

Bagi pemula, menemukan peluang bisnis dapat menjadi hal yang sangat sulit. Hal tersebut karena memang pengetahuan dan pengalaman yang masih minim maupun kendala modal yang terbatas. Ditambah lagi adanya kekhawatiran apakah bisnis yang dijalankan akan berhasil atau justru gagal di tengah jalan. Berdasarkan alasan-alasan tersebut seringkali orang-orang justru mundur padahal bisnis belum dimulai. Bagi Anda yang mempunyai niat untuk membuka usaha, peluang bisnis sebenarnya tersebar cukup banyak dan sangat luas. Apalagi peluang bisnis pemula yang hanya membutuhkan modal sedikit serta mempunyai risiko yang kecil pula. Untuk menjadi awal jalan kesuksesan Anda, peluang bisnis berikut ini dapat dicoba oleh para pemula.

Baca Juga: 7 Peluang Bisnis yang Menguntungkan di Cashless Society

1. Dropshipper

Untuk Anda yang masih baru mulai berbisnis, menjadi dropshipper adalah pilihan tepat karena memiliki risiko yang terbilang kecil. Selain itu, menjadi dropshipper juga tidak membutuhkan modal yang besar.  Dropship adalah sistem penjualan di mana penjual tidak mempunyai atau menyimpan stok produk secara langsung.

Dalam sistem ini dropshipper, sebagai pihak yang menjual, langsung meneruskan pesanan konsumen kepada supplier atau produsen. Nantinya supplier atau produsen yang menyediakan, mengemas serta mengirim produk kepada konsumen atas nama dropshipper. Dropshipper hanya bertugas untuk menjual informasi seputar produk kepada konsumen.

2. Reseller

Reseller juga mempunyai konsep yang hampir sama dengan dropshipper, yakni menjual kembali produk dari supplier atau produsen. Perbedaannya adalah seorang dropshipper tidak menyetok produk secara fisik, sementara seorang reseller biasanya diharuskan untuk menyetok beberapa produk yang akan dijual.

Untuk memulai sebagai reseller, biasanya ada kesepakatan yang dibuat dengan supplier dan itu bervariasi sesuai dengan kebijakan masing-masing supplier. Bagi Anda yang ingin memulai dengan modal kecil harus pintar-pintar memilih supplier dengan peraturan yang tidak terlalu ketat dan kewajiban menyetok produk yang tidak terlalu banyak.

3. Franchise

Jika Anda mempunyai modal yang cukup banyak bisa memilih bisnis model franchise. Bisnis model ini dilakukan dengan membeli merek dagang yang sudah ada sebelumnya untuk Anda kembangkan. Keuntungan memilih bisnis franchise adalah Anda tidak perlu repot-repot memikirkan inovasi bisnis yang akan dikembangkan. Selain itu, jika merek yang Anda beli sudah berkembang dan cukup terkenal, Anda akan mendapatkan konsumen dengan mudah.

Baca juga: 6 Tips Sukses Bisnis Franchise yang Wajib Diketahui!

4. Jasa Titip

Peluang bisnis untuk pemula lainnya yang bisa dicoba adalah jasa titip. Memulainya mudah, apalagi untuk pecinta traveling. Cukup datang ke pusat perbelanjaan di tempat tertentu yang memiliki produk lengkap serta dibutuhkan oleh orang banyak ataupun unik. Kemudian foto produk tersebut untuk dipajang di akun media sosial dan konsumen siap memesan.

Bisnis jenis ini memerlukan modal yang sedikit serta risiko yang juga kecil. Biasanya konsumen akan mengirim sejumlah uang  langsung setelah memesan sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar.

5. Warung Kelontong

Barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti sabun, tisu, minyak goreng dan lain sebagainya selalu mendapatkan permintaan setiap harinya. Itulah mengapa warung kelontong dapat menjadi ide bisnis yang cukup menguntungkan. Anda dapat memulai dengan barang-barang yang dibutuhkan oleh orang sekitar sehingga bisa menekan modal.

Keuntungan yang didapatkan bisa diputar untuk menambah produk yang tersedia di warung Anda. Warung kelontong juga biasanya diisi oleh barang-barang yang tahan lama sehingga risikonya pun lebih sedikit.

6. Bisnis Makanan

Bisnis jenis ini tidak pernah ada matinya karena setiap orang membutuhkan makanan kapanpun dan dimanapun. Anda dapat memulai dengan menyediakan makanan kecil yang tahan lama atau kue-kue. Jika Anda mempunyai kemampuan memasak yang mumpuni serta modal yang cukup, Anda dapat mencoba membuka warung nasi dan lauk pauk atau kafe. Kunci sukses dari bisnis ini adalah rasa. Lakukan inovasi dan perbaiki terus kualitas masakan Anda agar konsumen kembali lagi ke tempat Anda.

Baca juga: 5 Tips dan Cara Unik Meningkatkan Penjualan Bisnis Kafe

7. Bisnis Laundry

Pekerjaan semakin banyak dan orang-orang akan semakin sibuk sehingga tidak sempat lagi mengurus urusan rumah tangga, khususnya mencuci. Kegiatan mencuci pakaian dapat menjadi momok karena butuh tenaga yang besar dan sangat memakan waktu. Bisnis laundry biasanya sangat bekembang di masyarakat yang super sibuk seperti masyarakat di perkotaan. Lengkapi juga dengan layanan menyetrika agar bisnis laundry Anda semakin diminati.

8. Jasa Penitipan Anak

Masih sejalan dengan sibuknya orang-orang di perkotaan saat ini serta tuntutan ekonomi yang semakin tinggi membuat keluarga harus merelakan Ayah dan ibu bekerja dari pagi hingga petang. Untuk keluarga seperti ini dibutuhkan seseorang yang bisa dipercaya untuk menjaga anak yang mereka tinggalkan. Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan membuka penitipan anak di rumah sendiri.

Biasanya orang tua akan menyiapkan apa saja kebutuhan untuk si buah hati sehingga Anda tidak memerlukan peralatan yang banyak, jadi hal ini bisa menekan modal. Tawarkan terlebih dahulu jasa Anda kepada tetangga atau orang terdekat yang memang menaruh kepercayaan kepada Anda. Apabila mereka merasakan kepuasan pada layanan Anda, bukan tidak mungkin mereka akan menawarkan kepada yang lainnya.

9. Salon Pangkas Rambut

Beruntunglah Anda yang memiliki keahlian memangkas rambut. Keahlian tersebut dapat mendatangkan banyak rupiah. Bagaimana tidak, ibarat kata dengan modal gunting dan sisir Anda bisa mendapatkan uang. Jangan kawatir jika Anda tidak punya cukup modal untuk menyewa kios atau membuat bangunan salon. Anda dapat membuka jasa pangkas rambut panggilan. Cara ini membuat Anda tidak butuh tempat khusus untuk membuka salon.

10. Bisnis Pulsa

Jika Anda memiliki modal yang cukup, Anda dapat membuka beberapa konter pulsa sekaligus di beberapa tempat yang strategis. Misalnya di sekitar pasar atau di sekitar kampus. Bisnis pulsa sangat cocok bagi pemula. Tidak membutuhkan banyak ilmu yang harus dipelajari.

11. Bisnis Keahlian

Jasa fotografer, penulis, desain grafis, gambar, make-up dan bisnis keahlian lainnya kini banyak sekali diminati. Bagi Anda yang memiliki bakat dan keahlian di suatu bidang, Anda bisa menawarkan keahlian tersebut. Gunakan blog, media sosial serta media lainnya untuk memamerkan karya Anda serta melakukan promosi.

Atau bisa juga dengan memberikan hasil karya Anda secara gratis terlebih dahulu kepada orang-orang di sekitar. Mengembangkan bisnis yang sesuai keahlian Anda tentunya akan sangat menyenangkan. Anda akan lebih semangat mengerjakannya dan juga meraup keuntungan yang tidak sedikit.

Baca juga : 4 Peluang Bisnis Tanpa Modal di Media Sosial

Setelah berhasil memilih dan menjalankan peluang bisnis tersebut, masih ada pekerjaan rumah yang harus dikerjakan agar bisnis terus berkembang dan semakin besar, yakni pengelolaan keuangan. Jangan sampe keuangan bisnis Anda tercampur dengan keuangan pribadi. Terkhusus untuk pengelolaan keuangan bisnis, kini hadir Jurnal software akuntansi online #1 di Indonesia.

Jurnal mempunyai fitur pengelolaan keuangan lengkap yang membantu mempermudah pengelolaan bisnis, mulai dari stok barang, manajemen aset, membuat invoice otomatis, dan masih banyak lagi. Jadi tunggu apalagi? Daftar Jurnal sekarang dan dapatkan free trial 14 hari!

[adrotate banner=”19″]


PUBLISHED11 Jan 2020
Desra
Desra

SHARE THIS ARTICLE: