Siapa yang tidak tahu Bandung? Hampir semua orang di Indonesia pasti mengetahui Bandung. Bandung merupakan ibu kota Provinsi Jawa Barat, yang dikenal juga dengan sebutan kota kembang. Menjadi salah satu kota besar di Indonesia, Bandung memiliki peluang usaha yang sangat menjanjikan. Sebab, kota ini merupakan menawarkan banyak sekali tempat tujuan seperti untuk wisata kuliner, wisata alam, rekreasi, wisata belanja, bisnis, tempat tinggal yang nyaman dan masih banyak lagi lainnya.

Selain memiliki banyak tujuan, akses menuju kota ini juga mudah. Ada banyak sekali pilihan untuk kesana baik melalui jalur darat maupun udara. Sehingga tidak heran jika Bandung masuk dalam 5 besar kategori tempat tujuan yang dingin dikunjungi orang – orang Indonesia. Dengan banyaknya peminat dan pengunjung yang datang ke Bandung maka semakin berkembang pula berbagai macam peluang usaha yang dapat dimanfaatkan. Bagaimana, apakah Anda berminat?

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa untuk membuka sebuah usaha dibutuhkan modal yang besar. Padahal tidaklah demikian, dengan menggunakan modal kecil pun Anda dapat menjadi seorang pengusaha yang sukses jika Anda mampu menangkap dan memanfaatkan peluang usaha. Bukti nya, ada banyak pengusaha sukses yang awalnya menggunakan modal kecil. Berikut ini merupakan peluang usaha atau bisnis dengan modal kecil di Bandung.

Baca juga: 4 Jenis Peluang Bisnis Online Tanpa Modal yang Sangat Menguntungkan

Usaha Fashion atau Menjual Pakaian

Peluang Usaha dengan Modal Kecil & Menguntungkan di Bandung Bandung merupakan kota yang sangat populer dengan bisnis fashion atau pakaian. Hal ini karena di sana ada banyak sekali tempat belanja pakaian yang murah dan berkualitas. Selain banyaknya tempat belanja, Bandung juga dikenal melahirkan tren fashion dengan inovasi dan kreativitas yang tidak terbatas. Sehingga tidak heran, ada banyak orang yang datang ke Bandung untuk membeli pakaian baik dipakai sendiri maupun untuk dijual kembali.

Pesatnya bisnis ini membuat peluang usaha di bidang pakaian terbuka lebar. Bisnis fashion merupakan salah satu bisnis yang dapat disesuaikan dengan modal yang dimiliki. Jika Anda memiliki modal kecil, Anda dapat membuka usaha atau toko pakaian di daerah yang banyak dikunjungi wisatawan, contohnya seperti Ciampelas dan Dago. Selain membuka usaha di tempat tersebut, untuk menambahkan keuntungan, Anda pun dapat membuka bisnis online. Mengingat bisnis online kini juga sangat menguntungkan.

Usaha Kuliner

Peluang Usaha dengan Modal Kecil & Menguntungkan di BandungSelain fashion, Bandung juga terkenal dengan wisata kulinernya. Sebut saja seblak, cilok, surabi, nasi tutug oncom dan masih banyak lagi yang lainnya jika disebutkan satu per satu. Perkembangan yang sangat pesat membuat peluang usaha kuliner Bandung sangat besar. Rasa yang lezat dan enak yang ditambahkan dengan kreativitas menjadikan makanan asal Bandung diburu banyak wisatawan. Jika Anda sedang mencari peluang usaha dengan modal kecil tidak ada salahnya mencoba bisnis kuliner. Apalagi jika Anda memiliki hobi memasak. Selain menyalurkan hobi, Anda juga bisa mendapatkan pendapatan.

Usaha Kerajinan Tangan (Produk Handmade)

Peluang Usaha dengan Modal Kecil & Menguntungkan di BandungUsaha kerajinan tangan atau produk handmade memiliki prospek atau peluang usaha yang bagus. Terlebih jika Anda memiliki minat dalam seni dan kreativitas maka untuk memulai usaha ini sangatlah mudah. Selain itu, usaha kerajinan tangan juga sangat cocok untuk usaha dengan modal kecil. Anda dapat memulai nya dengan memanfaatkan limbah bekas yang sudah tidak terpakai. Olahlah limbah tersebut menjadi produk yang unik dan bermanfaat. Contohnya seperti tas, dompet, kalung, gelang, anting, dan sebagainya. Buatlah produk kerajinan yang menjadi buruan wisatawan-wisatawan yang datang ke Bandung. Akan lebih baik lagi jika Anda dapat membuat produk handmade yang dapat menjadi ciri khas oleh-oleh kota kembang tersebut.

Usaha Oleh-Oleh Bandung

Peluang Usaha dengan Modal Kecil & Menguntungkan di BandungBanyaknya orang yang datang ke Bandung juga membuat peluang usaha oleh-oleh khas Bandung terbuka lebar. Para wisatawan yang datang ke Bandung tentu pulangnya akan membawa oleh-oleh atau buah tangan untuk dibagikan kepada orang-orang kesayangan seperti keluarga, teman, tetangga, dan lainnya. Oleh karena itu, usaha atau bisnis menjual oleh-oleh khas Bandung dapat menjadi pilihan yang bagus. Selain membuat produknya sendiri, Anda juga dapat menjadi agen atau reseller sehingga modal yang dibutuhkan tidak perlu besar. Anda cukup membuat strategi marketing / pemasaran yang jitu dan keuntungan dapat Anda raup dengan mudah.

Usaha Bimbingan Belajar

Peluang Usaha dengan Modal Kecil & Menguntungkan di BandungPeluang usaha dengan modal yang kecil lainnya adalah usaha jasa bimbingan belajar atau les privat. Bandung merupakan kota yang memiliki banyak tempat pendidikan atau sekolah. Selain itu, pendapatan warga Bandung juga cukup besar sehingga orang-orang Bandung tidak akan ragu untuk memberikan pendidikan tambahan atau les privat untuk anak-anaknya. Untuk membuat usaha ini, Anda hanya perlu memiliki pengetahuan yang cukup dan melakukan promosi atau pun branding agar dikenal banyak orang. Di awal-awal Anda tidak perlu membuat tempat bimbingan belajar, Anda dapat menjadi guru les panggilan. Atau jika Anda tidak mau menjadi panggilan maka Anda dapat melakukannya di rumah Anda.

Jasa Penitipan Anak

Peluang Usaha dengan Modal Kecil & Menguntungkan di BandungSelain jasa bimbingan belajar, Anda juga dapat membuka jasa penitipan anak. Jenis usaha jasa ini juga tidak perlu membutuhkan modal besar. Anda hanya perlu jujur dan amanah untuk menjalankan tugas Anda. Jasa penitipan anak adalah salah satu peluang usaha yang cukup baik di Bandung. Hal ini karena ada banyak orang tua di Bandung yang memiliki tingkat kesibukan yang tinggi. Sehingga, mereka sangat membutuhkan jasa penitipan anak untuk menitipkan anak-anaknya saat mereka bekerja.

Usaha Laundry

Peluang Usaha dengan Modal Kecil & Menguntungkan di BandungUsaha laundry atau jasa cuci pakaian di Bandung juga sangat menjanjikan. Seperti yang kita tahu, ada banyak target pasar usaha ini di Bandung seperti mahasiswa, karyawan, dan lainnya. Usaha laundry merupakan solusi bagi mereka yang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian nya sendiri. Untuk  mendirikan usaha cuci pakaian ini juga cukup mudah. Karena peralatan yang wajib Anda miliki hanya setrika dan masin cuci. Selain menguntungkan, usaha ini pun dapat dilakukan oleh siapa saja, ibu rumah tangga, sarjana, anak muda, orang tua, orang yang tidak mengenyam pendidikan tinggi dan ingin mendapatkan penghasilan sendiri juga memiliki peluang yang sama.

Peluang usaha di kota Bandung sangatlah besar. Anda hanya perlu menangkap kesempatan dan keberanian untuk mencoba. Jangan pernah takut untuk memulai dan menjalankan usaha. Apalagi jika Anda memiliki sistem pembukuan yang baik. Salah satu software akuntansi yang menyediakan fitur pembukuan terbaik adalah Jurnal. Dengan menggunakan Jurnal, Anda dapat membuat pembukuan dengan cepat dan mudah.

Selain fitur pembukuan, Jurnal juga menyediakan menu dan fitur lain seperti pembuatan laporan keuangan, pembuatan faktur, pencatatan persediaan, cash link, penjualan, pembelian dan masih banyak lagi yang lain. Selain itu, Jurnal juga memiliki sistem cloud yang membuat Anda dapat mengakses nya dimana saja dan kapan saja. Anda juga dapat menikmati free trial selama 14 hari. Nikmati kesempatannya, info lengkap tentang Jurnal, klik di sini.